Info Populer 2022

4 Tips Gampang Bikin Film Dengan Smartphone

4 Tips Gampang Bikin Film Dengan Smartphone
4 Tips Gampang Bikin Film Dengan Smartphone
Berikut ini 4 Cara Praktis Bikin Film dengan Smartphone.

 Cara Praktis Bikin Film dengan Smartphone 4 Cara Praktis Bikin Film dengan Smartphone

Perkembangan kamera smartphone kini ini ternyata tidak hanya mendukung pengambilan gambar yang lebih baik, tetapi juga video. Bahkan tak jarang beberapa pabrikan menghadirkan kemampuan perekaman video yang tidak kalah dengan kamera profesional.

Kehadiran kamera smartphone dengan kualitas HD ternyata mendorong sebagian orang untuk mulai menggunakannya untuk kebutuhan khusus, salah satunya menciptakan film.

Dengan memakai smartphone, biaya produksi diharapkan sanggup lebih terjangkau. Selain itu, dengan smartphone pengguna sanggup melaksanakan semua proses pembuatan film, mulai dari perekaman hingga editing.

Oleh alasannya yaitu itu, berikut kami berikan empat langkah gampang bagi Anda yang tertarik untuk menciptakan film dengan smartphone :

1. Pilih Smartphone

Untuk merekam sebuah video dengan kualitas elok tentu yang pertama kali diperhatikan yaitu smartphone yang digunakan. Oleh alasannya yaitu itu, diharapkan smartphone yang mempunyai kualitas video kamera yang baik.

Sebagai langkah awal, Anda bisa pakai smartphone dengan kamera yang mempunyai kemampuan merekam video HD. Beberapa teladan smartphone yang sanggup dipakai yaitu iPhone 6 atau iPhone 6 Plus, Samsung Galaxy S6 atau LG G4.

Sebagai citra Samsung Galaxy S6 sanggup merekam video 1080p dengan 60fps atau video 2160p dengan 30fps. Smartphone yang disebutkan sebelumnya hanya merupakan contoh. Sehingga, tidak tertutup kemungkinan bagi Anda yang mempunyai kamera smartphone dengan kemampuan tersebut sanggup mulai menciptakan film sendiri.

2. Aksesori Tambahan

Layaknya menciptakan film dengan kamera profesional, menciptakan film dengan kamera smartphone juga perlu didukung oleh beberapa suplemen tambahan. Beberapa aksesoris yang biasanya diharapkan untuk mendukung pembuat film di antaranya yaitu lensa, tripod, serta mikrofon.

Semuanya dipakai untuk mendukung hasil film yang lebih elok dan mendapat kualitas video lebih baik. Beberapa rekemendasi untuk aksesoris perekam suara, salah satunya iRig PRE. Aksesoris ini mempunyai kegunaan untuk menghubungkan mikrofon pribadi ke smartphone Anda. Sehingga, Anda tidak khawatir mengenai sinkronisasi dengan audio hasil rekaman eksternal.

3. Edit Film Langsung dari Smartphone

Setelah semua proses perekaman selesai, hal terakhir yang biasanya dilakukan yaitu mengedit video hasil perekaman. Kebanyakan proses video editing memakai software yang ada di PC atau laptop.

Namun, bagi Anda yang tidak mau repot-repot memindahkan video hasil perekaman ke laptop atau PC sanggup pribadi mengeditnya melalui smartphone. Sebab dikala ini, sudah banyak aplikasi video editing yang mempunyai fitur lengkap layaknya software di PC atau laptop.

Sebagai contoh, pengguna iOS sanggup memakai aplikasi Pinnacle Studio untuk melaksanakan penggabungan video, menambahkan efek, termasuk menambahkan soundtrack.

Sementara itu pengguna Android sanggup memakai aplikasi VidTrim Pro dengan fitur- fitur yang serupa. VidTrim juga mempunyai versi unduhan gratis, sehingga memudahkan Anda untuk mencoba aplikasi ini terlebih dahulu.

4. Terus Berlatih

Meskipun terdengar klise, istilah practice makes perfect juga berlaku untuk menciptakan film dengan smartphone. Sebab, sangat mustahil untuk menjadi spesialis dalam satu kali percobaan. Oleh alasannya yaitu itu, bagi Anda yang tertarik untuk menciptakan film dengan smartphone harus terus berlatih dan membiasakan diri.

Salah satu saran penting untuk menciptakan film dengan smartphone yaitu sesuaikan dongeng dengan perlengkapan dan peralatan yang dimiliki. Mulailah dengan menulis storyboard singkat dan daftar adegan yang harus dilakukan serta elemen produksi yang minimal.

:)
Advertisement

Iklan Sidebar