Info Populer 2022

5 Tips Atasi Dilema Yang Kerap Muncul Di Android

5 Tips Atasi Dilema Yang Kerap Muncul Di Android
5 Tips Atasi Dilema Yang Kerap Muncul Di Android
Berikut ini 5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android

 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android 5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android

Saat ini, smartphone yaitu salah satu perangkat yang hampir tidak sanggup dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi, tapi juga bertransaksi, melaksanakan pekerjaan hingga hingga dengan bermain gim.

Namun, terkadang smartphone tersebut tak sanggup menjalankan fungsinya dengan maksimal. Masalah itu sanggup muncul dalam beberapa cara, semisal aplikasi yang tak sanggup diakses hingga koneksi yang kunjung tersambung.

Untungnya, smartphone berbasis Android mempunyai cara untuk mengatasi semua hal tersebut dengan cara mudah, sehingga tak diharapkan seseorang dengan keahlian khusus.

Berikut lima cara mengatasi duduk kasus yang kerap ditemui pada smartphone Android.

1. Bersihkan cache aplikasi

Salah satu yang sering pengguna Android alami yaitu aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Salah satunya yaitu sering tertutup tiba-tiba (force close), ataupun tak sanggup diakses.

Untuk itu, menutup aplikasi secara pribadi melalui sajian recent apps menjadi salah satu cara yang sanggup dipakai untuk mengatasi duduk kasus tersebut.

Caranya cukup mudah, pengguna cukup melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan dari fitur recent apps, dan menyapu aplikasi yang dianggap bermasalah.

Jika cara tersebut belum berhasil menuntaskan masalah, pengguna sanggup menghapus data cache dari aplikasi yang dimaksud. Pengguna cukup masuk ke sajian 'Settings', kemudian 'Apps', dan buka aplikasi yang dirasa bermasalah.

Setelah dibuka, pengguna cukup menentukan 'Clear Cache' untuk menghapus data yang tak terpakai. Selain 'Clear Cache', pengguna juga sanggup menentukan 'Clear Data' untuk menciptakan aplikasi berada dalam kondisi ketika pertama kali dipasang.

Masalah koneksi

2. Masalah koneksi

Smartphone Android biasanya sudah mempunyai beberapa fitur yang mendukung banyak koneksi, mulai dari Wi-Fi, Bluetooth, termasuk data seluler. Namun, tak jarang muncul duduk kasus sehingga masing-masing fitur tak sanggup digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara sederhana yaitu menyalakan mode aeroplane selama beberapa detik kemudian mematikannya kembali. Pada dasarnya, tak berbeda jauh dari menentukan mematikan ponsel kemudian menyalakannya kembali.

Lewat cara ini, semua fitur tersebut akan di- reboot dan disetel ulang ke posisi awal. Dengan demikian, semua fitur diharapkan sanggup kembali berjalan menyerupai biasa.

Cara lain untuk mengatasi koneksi pada Wi-Fi dan Bluetooth yaitu dengan menciptakan ponsel 'melupakan' jaringan yang sudah terhubung sebelumnya. Dengan demikian, ponsel membutuhkan aba-aba untuk dimasukkan supaya sanggup terhubung kembali.

3. Setel ulang ponsel

Ketika beberapa cara di atas tak menemui hasil, tak ada salahnya untuk me-restart ponsel yang digunakan. Cara ini dilakukan untuk menyetel ulang semua koneksi data, aplikasi, termasuk ponsel itu sendiri dan menyala dalam keadaan bersih.

Namun, jikalau masih kesulitan untuk melaksanakan proses restart menyerupai biasanya, ada cara lain untuk menciptakan ponsel me-reboot sistemnya.

Caranya, tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, ponsel otomatis akan melaksanakan reboot sistem.

Cek penggunaan baterai

4. Cek penggunaan baterai

Tak jarang pengguna Android mengeluhkan baterai yang cepat habis. Namun, bersama-sama ada cara untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menghabiskan banyak daya baterai. Dengan demikian, pengguna sanggup menonaktifkan aplikasi tersebut.

Caranya, pengguna sanggup membuka sajian 'Settings', kemudian pilih 'Battery'. Setelah itu, lihat aplikasi yang paling banyak menghabiskan daya baterai.

Namun, perlu diingat bahwa tak semuanya daftar di sajian baterai itu yaitu aplikasi unduhan, ada pula sistem yang terus dipakai untuk menjalankan Android.

5. Lakukan factory reset

Langkah ini merupakan tahap final apabila memang beberapa cara sebelumnya tak berhasil. Cara ini memastikan ponsel pengguna kembali menyerupai gres lagi, dan dimungkinkan untuk memasang aplikasi apapun juga.

Menu 'Factory Reset' sanggup ditemukan di bawah pilihan 'Backup & reset' di sajian 'Settings'. Dengan melaksanakan penyetelan ulang, diharapkan seluruh duduk kasus tadi sanggup diselesaikan.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data, gim, aplikasi, foto, termasuk apapun yang sudah pernah diunduh sebelumnya. Untuk itu, sebelum menentukan cara ini, sebaiknya pengguna menciptakan data cadangan.


Advertisement

Iklan Sidebar