Info Populer 2022

5 Tips Ini Akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu

5 Tips Ini Akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu
5 Tips Ini Akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu
5 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu

 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu 5 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu

Merasa kinerja smartphone Android kau semakin melambat setiap harinya? Tenang, alasannya yakni kau tidak sendirian.

Hadir sebagai sistem operasi yang gampang dikustomisasi, Android niscaya akan mengalami hambatan juga dengan seiring waktu penggunaan.

Untuk membantu kau mengatasi sistem operasi Android yang makin melambat, kau bisa mencoba tips ini.

Sebelum mencoba tips yang disajikan, ada baiknya kau mengetahui kemampuan hardware smartphone yang kau miliki. Tanpa panjang lebar, berikut yakni tips yang bisa kau coba.

1. Perbarui OS Android

Pastikan kalau sistem operasi Android di smartphone kau versi terbaru, ini dikarenakan pembaruan versi berarti banyak perbaikan bugs dan optimalisasi hardware lebih baik lagi.

Dengan pembaruan ini, smartphone kau pun akan lebih stabil, lebih cepat dan perbaikan koneksi jaringan, dan administrasi RAM yang lebih baik dari versi sebelumnya.

 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu 5 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu
Perbarui OS Android. (Updato)

Sekadar informasi, Google ketika ini sudah merilis OS Android terbaru yang berjulukan Nougat (Android 7.0) dan gres tersedia hanya untuk perangkat Nexus. Bagi kau yang memakai perangkat selain Nexus, bisa update ke Android Marshmellow.

Hapus dan Nonaktifkan Aplikasi

 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu 5 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu
Hapus Aplikasi Tak Terpakai. (PCWorld)

2. Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Perlu diingat, setiap aplikasi yang kau instal niscaya akan memakan 'jatah' ruang penyimpanan memori dan RAM yang tak kecil. Hal ini akan berdampak dengan performa smartphone yang semakin melambat.

Usahakan untuk meng-instal aplikasi yang diharapkan saja. Seperti yang sudah kau ketahui, kebanyakan ponsel Android sudah terpasang aplikasi bawaan atau yang dikenal sebagai bloatware.

Bloatware tidak akan bisa kau hapus atau uninstal dengan cara biasa, aplikasi bawaan ini hanya bisa dihapus bilamana ponsel Android kau sudah di root.

3. Nonaktifkan Aplikasi yang Tak Perlu

Kebanyakan aplikasi yang kau instal di ponsel akan tetap berjalan di background untuk melaksanakan proses sinkronisasi, menentukan lokasi via GPS, dan lainnya.

Tak hanya menguras baterai, proses ini juga membebankan kinerja RAM sehingga menciptakan ponsel kau nge-lag.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kau menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan. Perlu diingat menonaktifkan aplikasi yang beroperasi berbeda dengan menghapus aplikasi.

Kamu sanggup menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan, dengan membuka sajian Settings > Application > App manager. Pilih aplikasi dan tekan tombol Disable.

Jika ponsel kau memakai OS Android Lollipop atau sebelumnya, kau bisa menonaktifkan aplikasi dengan menekan tombol navigasi Recent Apps di ponsel kau (tekan tombol home yang lama), lalu geser ke kiri atau ke kanan untuk menutup aplikasi yang masih terbuka.

Jangan Pakai Wallpaper Bergerak

 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu 5 Cara Ini akan Percepat Kinerja Smartphone Android Kamu
Pembaruan Aplikasi. (Foto: Istimewa)

4. Pembaruan Aplikasi

Seperti pembaruan versi OS Android, kau juga harus memperbarui aplikasi yang telah ter-instal di dalam ponsel secara bersiklus via Google Play Store.

Setiap update akan memperbaiki bugs, meningkatkan performa, dan menambahkan fitur baru. Dengan begini aplikasi akan terpasang di ponsel akan beroperasi dengan lebih baik dan cepat ketimbang aplikasi yang tidak di update.

5. Hindari Wallpaper Live dan Matikan Animasi

Agar terlihat lebih ciamik, banyak pengguna ponsel menentukan gambar bergerak sebagai wallpaper. Ada baiknya untuk hindari untuk memakai wallpaper yang bergerak alasannya yakni sangat mengonsumsi daya baterai lebih besar dan cepat.

Serupa dengan wallpaper yang bergerak, efek animasi juga sangat membebankan GPU dan RAM sehingga menciptakan ponsel lebih lambat.

Untuk mematikan animasi, kau bisa mengaksesnya di Settings>Developer Options (tap Build Number beberapa kali, untuk memunculkan Developer Options) > Window Animation Scale > Animation scale OFF.

Setelah melaksanakan cara di atas, kau tak akan melihat efek animasi ketika mengunci ponsel. Kamu juga akan mencicipi bagaimana performa smartphone kau akan lebih baik dan terasa ringan ketika digunakan.

Demikian beberapa cara untuk membantu mempercepat perangkat smartphone Android kamu, silakan mencobanya!

:)
Advertisement

Iklan Sidebar