Info Populer 2022

9 Kesalahan Paling Umum Freelance Pemula

9 Kesalahan Paling Umum Freelance Pemula
9 Kesalahan Paling Umum Freelance Pemula
Freelancer ialah seseorang yang bekerja dengan satu atau beberapa employer/buyer dengan media internet untuk mendapat uang. Bidang yang umum untuk freelance ialah jurnalisme, penerbitan buku, penerbitan jurnal, dan bentuk-bentuk menulis, redaktur, redaktur-cetak, pengoreksi-cetak, pengindeksan, penyalin tulisan, programer komputer dan desain grafis, konsultan dan penerjemah. Pembayaran untuk pekerjaan lepas juga bervariasi. Pekerja lepas mungkin mengenakan biaya pada klien mereka dalam hitungan per hari, per jam, per halaman, atau pada basis per-proyek. Mengambil keputusan terjun untuk memulai bisnis freelance pertama anda ialah sebuah langkah yang besar. Hal ini membutuhkan keberanian dan komitmen untuk kembali pada diri sendiri dan kemampuan anda. Meskipun ini ialah waktu yang menyenangkan untuk menjadi freelancer apapun, itu bukan kejutan bahwa banyak freelancer yang pertama kali tidak bisa membangun bisnisnya berkembang. Saya yakin anda juga percaya bahwa kegagalan ini tidak mencerminkan kemampuan freelancer melainkan sebab mereka memulai bisnisnya tanpa berpikir perihal tujuan jangka panjang karir mereka.

 ialah seseorang yang bekerja dengan satu atau beberapa employer 9 Kesalahan Paling Umum Freelance Pemula
img by Elegant Themes

Sebagai seorang freelancer, perlu bertanya pada diri sendiri pertanyaan berikut sebelum menciptakan keputusan untuk memulai;
  • Mengapa aku ingin memulai perjuangan freelancer sukses?
Freelancer tidak mengerti mengapa mereka ingin memulai, akan merasa sulit untuk mempertahankan motivasi dan tetap fokus menyebarkan usahanya. Memiliki visi citra besar untuk bisnis anda sanggup membantu anda tetap pada jalur dan memastikan perjuangan anda bergerak ke arah tujuan anda. Masalah terbesar pekerja lepas gres sebagai bisnis saat mereka mulai mendapat momentum;
  • Tidak Memberikan pelayanan yang layak
  • Terjebak dalam perang harga diskon
  • Tidak berfokus pada dasar yang sempurna atau pelanggan
  • Memiliki penawaran layanan yang terlalu luas
  • Tidak fokus pada hal yang benar atau terlalu banyak hal
Kesalahan ini sering dibentuk semata-mata sebab freelancer tidak mempunyai taktik pertumbuhan yang telah terbukti atau terstruktur yang akan membantu mereka memerangi problem ini sebagai bisnis.

Rahasia pekerja lepas sukses ialah mempunyai alat yang sempurna dan sistem untuk terobosan kendala umum

Sebagai freelancer yang bekerja sendiri, berarti anda tidak hanya melaksanakan sejumlah pekerjaan tetapi sekaligus berusaha untuk membangun fondasi bisnis. Jika anda serius perihal membangun fondasi sukses, anda harus mengikuti proses yang benar untuk mencapai tujuan bisnis anda.

9 Kesalahan Sederhana yang sanggup Dihindari Sebagai Freelancer
Berikut ialah beberapa kesalahan sederhana sebagai pekerja lepas yang sanggup dihindari untuk memaksimalkan kesuksesan bisnis anda;
  • TIDAK MEMILIKI KESABARAN
Kesabaran sangat penting untuk keberhasilan setiap bisnis baru. Sukses tidak terjadi dalam semalam. Butuh beberapa tahun untuk mencapai penghasilan besar dan butuh banyak lagi kesabaran untuk tidak mengalah saat menjumpai kendala tersebut.

Setelag anda melaksanakan penelitian dan menegaskan bahwa jasa yang anda tawarkan memenuhi kebutuhan klien anda, anda perlu memperlihatkan bisnis anda waktu untuk tumbuh. Terus mendapat umpan balik dari bisnis, memperbaiki tapi jangan berhenti sebelum anda mempunyai kesempatan untuk menciptakan bisnis freelance anda sukses sejati.

Milikilah dogma dalam perjuangan anda dan pastikan anda berada di dalamnya untuk jangka panjang untuk melihat hasil yang nyata.

  • PENGELUARAN SEMUA UANG DI TEMPAT SALAH
Hal yang banyak disukai orang perihal model bisnis freelance ialah bahwa kita sanggup memulai dengan segera dengan sedikit atau tanpa dana untuk menguji inspirasi layanan anda dan memastikan klien anda menanggapi ajuan anda sebelum berinvestasi terlalu banyak uang dalam bisnis anda. Sebagai pekerja lepas, jangan mengambil begitu banyak proyek pada satu waktu sehingga sanggup dijangkau secara pribadi dan untuk menghemat biaya pemasaran.

Banyak pertama kali pemilik perjuangan begitu bersemangat dengan mereka mereka dengan ingin meletakkannya di segala daerah contohnya mug, kaos, topi. Branding ini tidak menambah nilai bisnis anda tapi akan berakhir dengan pembuangan uang. Sebaiknya tahan godaan itu dan menghabiskannya pada sesuatu yang sanggup menghasilkan pendapatan.

  • TIDAK MEMILIKI KONTRAK
Ketika memulai sebuah bisnis, banyak pekerja lepas tidak mengerti pentingnya mempunyai kontrak kerja. Tidak punya kontrak merupakan kesalahan yang mahal dan mungkin kesalahan terbesar dalam sebuah usaha. 

Umumnya isi dari kontrak ialah biaya proyek, ruang lingkup proyek dan ditandatangi oleh kedua belah pihak. Dengan tidak punya kontrak, bisa saja si klien tidak mau membayar untuk layanan atau mengklaim layanan yang berbeda sesuai yang dibicarakan. Nah, yang rugi siapa? Hindari kesalahan ini, sehingga bisnis anda pun akan terlihat profesional.

  • TIDAK MELAKUKAN PENELITIAN 
Selain mengidentifikasi pasar yang cocok untuk layanan anda,penting untuk mengambil waktu untuk penelitian pasar dan pribadi menjangkau klien potensial. Memahami kebutuhan dan problem klien sanggup membantu anda lebih menyempurnakan ajuan untuk memastikan klien sanggup melihat nilai yang anda tambahkan ke bisnis mereka.

Riset pasar terus-menerus dan mendapat umpan balik dari klien sanggup membantu anda menyediakan layanan yang benar-benar pada klien dan terus menjadi relevan dalam sasaran pasar anda.

  • MEMBERIKAN PELAYANAN KURANG  
Masalah terbesar freelancer ialah saat mereka memulai bisnis mereka dengan pelayanan yang kurang. Nilai yang kurang benar-benar sanggup menghipnotis bisnis anda dalam jangka panjang sebab klien akan melihat anda sebagai solusi murahan tidak sesuai dengan uang yang mereka berikan. Kadang-kadang untuk mengamankan klien pertama anda (1-3 proyek), perlu melaksanakan kesepakatan yang menciptakan klien menjadi klien jangka panjang. Artinya memperlihatkan service yang memuaskan, sebab bisa saja mereka yang membawa klien-klien gres bagi anda.

  • ANALISIS TERLALU BANYAK
Pernahkan anda mendengar istilah "kelumpuhan analisis"? Hal ini terhadi sebab freelancer sedang menunggu waktu yang sempurna sebelum mereka benar-benar berbicara dengan klien atau mendapat kontrak. Meskipun penting untuk melaksanakan survey pasar, tapi terlalu banyak penelitian sanggup menghentikan untuk benar-benar mengambil tindakan apapun terhadapa tujuan anda.

Melalukan penelitian merupakan hal penting, tetapi anda perlu mengingat tidak waktu yang tepat. Waktu yang sempurna bisa menjadi alasan untuk berhenti memulai.

  • BERUSAHAT UNTUK MENGERJAKAN SESUAI TARGET 
Anda lebih baik mempunyai pasar yang lebih kecil dengan layanan tertentu dan menciptakan imbas besar di pasar itu. Untuk apa berada dipasar yang besar tetapi pekerjaan tidak sesuai sasaran yang dijanjikan dalam kontrak. Namun, walaupun dalam pasar kecil tapi punya imbas besar bisa menimbulkan anda jago sehingga pertumbuhan bisnis anda menjadi konsisten.

  • TIDAK MEMILIKI MENTOR
Anda perlu mentor. Memiliki mentor sanggup membantu anda menghindari begitu banyak kesalahan yang menciptakan bisnis anda tidak tumbuh. Seorang mentor ialah seseorang yang mempunyai keahlian yang akan membantu anda menyusun bisnis anda dan menghindari beberapa kesalahan yang jelas. 

  • TIDAK MEMULAI
Kesalahan terbesar utama setiap freelancer pemula ialah tidak memulai. Mengambil risiko untuk menciptakan cita-cita bisnis anda menjadi kenyataan. Setengah dari semua freelancer mangatakan mereka tidak akan berhenti bekerja lepas untuk sejumlah uang.
Advertisement

Iklan Sidebar