Info Populer 2022

Cara Menghubungkan 1 Pc Dengan 2 Monitor Pada Windows 10

Cara Menghubungkan 1 Pc Dengan 2 Monitor Pada Windows 10
Cara Menghubungkan 1 Pc Dengan 2 Monitor Pada Windows 10
Menggunakan 2 monitor dalam 1 PC/komputer, sangat menarik bukan? Trik dan tips komputer kali ini ialah cara menggunakan dual monitor pada satu computer/PC di Windows 10. Menggunakan dua monitor sekaligus ketika melaksanakan pekerjaan komputerisasi terang akan sangat membantu pekerjaan.

Namun sebelum melaksanakan hal ini ada beberapa perangkat yang perlu diperhatikan pada personal computer (PC) Anda. Perangkat-perangkat tersebut yaitu yang bekerjasama dengan video port, contohnya VGA, HDMI atau DVI.
cara menggunakan dual monitor pada satu computer Cara Menghubungkan 1 PC dengan 2 Monitor pada Windows 10

Jika pada PC Anda terdapat kemudahan video port ibarat tersebut, maka apapun windows yang Anda gunakan, entah itu Windows 7, Windows 8 atau Windows 10, PC Anda sanggup dihubungkan dengan 2 monitor.

Cara hubungkan satu komputer dengan dua monitor

Untuk pengaturannya ibarat pada umumnya, sama caranya pada system operasi Windows apapun. Asalkan di computer Anda tersedia kemudahan video port ibarat yang telah disebutkan sebelumnya, kayak DVI, VGA dan atau HDMI. Kali ini aku akan coba :

Menghubungkan kabel menuju masing-masing port

Jika port yang dipakai untuk monitor utama (monitor 1) menggunakan DVI, maka Anda perlu menghubungkannya dari kartu grafis jenis DVI pula. Tidak boleh tertukar.

Untuk menghubungkan monitor sekunder (monitor 2), yaitu akan menggunakan port VGA yang tersisa di motherboard PC Anda. Bila jenis port tidak sama, Anda sanggup menggunakan adapter atau converter yang sejenis.

Mengatasi Wi-Fi yang tidak Bisa Konek ke PC atau Laptop

Menunggu computer mendeteksi monitor 2

Pada tahap ini, Anda perlu mengaktifkan pendeteksian monitor 2 terlebih dahulu dengan mengklik tombol Detect, kemudian biarkan PC mendeteksi monitor kedua tersebut.

Cara setup dual monitor pada Windows 10

Setelah kedua monitor terpasang dengan masing-masing portnya, langkah selanjutnya yaitu melaksanakan setup pada monitor melalu sajian proyeksi, sehingga keduanya sanggup beroperasi dengan baik.

Untuk membuka sajian proyeksi, silahkan tekan tombol ikon Windows + P. Maka akan muncul beberapa opsi mode untuk monitor Anda.
cara menggunakan dual monitor pada satu computer Cara Menghubungkan 1 PC dengan 2 Monitor pada Windows 10

Berikut penjelasanya:
  • PC Screen Only: Monitor sekunder tidak akan menampilkan apapun, monitor sekunder nonaktif.
  • Duplicate: Mode yang memungkinkan Anda memproyeksikan layar ibarat pada monitor kedua, apa yang ditampilkan/dibuka pada monitor 1, maka begitu juga yang akan ditampilkan oleh monitor 2.
  • Extend: Mode ini memungkinkan anda memperluas area kerja positif ke monitor kedua, ini yang dibutuhkan.
  • Second Screen Only: Kebalikan dari PC Screen Only.

Pada sajian proyeksi tersebut pilih Extend. Inilah yang diperlukan untuk PC yang menggunakan dual monitor. Dengan menentukan mode Extend, maka intinya dua buah monitor bekerja dalam satu sistem pada komputer Anda. Kemungkinan Anda pernah melihat seseorang yang mengkombinasi beberapa monitor untuk menciptakan layar bahkan lebih besar. Pengaturan itu tidak lain hanyalah bekerja dalam mode Extend.

Untuk konfigurasi monitor sekunder yang menggunakan mode Extend, adapun settingannya sanggup Anda atur ibarat berikut:
cara menggunakan dual monitor pada satu computer Cara Menghubungkan 1 PC dengan 2 Monitor pada Windows 10

Selian itu, pengaturan untuk kedua monitor sanggup Anda konfigurasikan secara terpisah. Baik itu untuk mengubah resolusi masing-masing monitor, skala dan tata letak dan lain sebagainya.

Juga Anda sanggup menukar monitor utama, dengan menentukan nomor monitor yang diinginkan. Caranya, pilih nomor monitor yang diinginkan, kemudian scroll ke bawah kemudian pilih Make this my main display.

Selesai. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar