Info Populer 2022

5 Cara Tes Kecepatan Internet Di Pc Secara Akurat

5 Cara Tes Kecepatan Internet Di Pc Secara Akurat
5 Cara Tes Kecepatan Internet Di Pc Secara Akurat
Berikut ini 5 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat

 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat 5 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat

Pengguna internet tentu pernah bertanya-tanya seberapa cepat koneksi internetnya. Untuk mengetahuinya, ada sejumlah cara yang sanggup ditempuh, antara lain dengan melaksanakan pengetesan.

Mengapa kecepatan internet harus dites? Alasan yang paling sederhana yakni untuk memastikan apakah bandwidth dari penyedia jasa internet sesuai dengan tarif berlangganan yang dibayar.

Adapun alasan lainnya yakni untuk memastikan apakah kecepatan internet yang ada memungkinkan untuk layanan video streaming. Sebab kalau kecepatan internetnya lambat, akan terjadi buffering.

Berikut ini 5 langkah yang harus diperhatikan untuk mengusut kecepatan internet di komputer secara akurat.

Restart modem dan route

 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat 5 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat
Wi-Fi Router TP Link. Foto: Freepik

1. Restart modem dan router

Restart merupakan langkah standar pertama untuk hampir setiap persoalan teknis. Tapi, restart juga yakni langkah proaktif yang anggun untuk ditempuh, terutama pada router dan modem digital berkecepatan tinggi. Modem dan router bekerja sama untuk memperlihatkan komputer Anda dan perangkat lainnya jalan masuk internet.

Keduanya bertanggung jawab atas sejumlah pekerjaan besar, ibarat mengarahkan dengan baik segala macam kemudian lintas internet di sekitar rumah Anda yang terhubung ke internet.

Modem dan router terkadang menjadi penyebab lambatnya berselancar di web dan streaming film. Karena kita sedang mencari tahu tes kecepatan internet yang benar-benar akurat, maka restart modem dan router sering membantu menciptakan keduanya berfungsi dengan baik.

Penting: Meskipun tidak penting perangkat mana yang Anda cabut pertama kali, silahkan pasang kembali modem fiber, modem kabel, atau modem DSL Anda terlebih dahulu. Lalu tunggu tiga menit, kemudian gres Anda cabut dan nyalakan router.

2. Jangan gunakan internet untuk apa pun!

Meskipun Anda mungkin sudah memikirkannya, ini merupakan hukum yang paling penting untuk diingat dikala menguji kecepatan internet. Jelas ini berarti bahwa Anda dilarang membiarkan banyak jendela jadwal terbuka pada komputer Anda, tetapi pastikan untuk mengusut hal-hal lain yang mungkin diperbolehkan untuk memakai internet.

Jangan lupakan juga perangkat mobile. Sebagian smartphone terhubung secara otomatis ke jaringan nirkabel, dikala sedang dalam jangkauan jaringan nirkabel. Karena itu, menyalakan flight mode di smartphone mungkin merupakan wangsit anggun selama tes ini, dengan perkiraan Anda tidak mengujinya dari ponsel Anda.

Selalu restart komputer

 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat 5 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat
ilustrasi gadget terhubung ke internet. ilustrasi: freepik

3. Selalu restart komputer sebelum pengujian

Sekali lagi, restart menjadi langkah standar dalam perbaikan hal-hal teknis. Sama ibarat router dan modem, restart komputer (atau smartphone dan sebagainya) yang Anda gunakan untuk menguji koneksi internet yakni hal yang sangat gampang dilakukan. Restart boleh jadi berdampak nyata pada tingkat keakuratan tes internet Anda.

4. Jangan lupa menghapus tembolok peramban

Hal cerdas lainnya yang harus dilakukan sebelum menguji kecepatan internet yakni untuk menghapus tembolok (clear cache) peramban (browser) Anda. Anda harus melaksanakan hal ini sebelum setiap tes berikutnya, dengan perkiraan Anda berencana untuk mengujinya beberapa kali secara berturut-turut.

Kebanyakan tes kecepatan internet bekerja dengan cara mengunduh dan mengunggah satu atau lebih file berukuran tertentu, dan kemudian memakai waktu yang file itu butuhkan untuk melakukannya guna menghitung kecepatan internet Anda.

Catatan: Anda sanggup melewatkan langkah ini kalau memakai aplikasi untuk menguji koneksi internet atau beberapa metode lainnya yang tidak memakai browser.

Lakukan uji HTML5

 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat 5 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat
kabel ethernet. foto: freepik

5. Lakukan uji HTML5

Terakhir, sangat disarankan untuk mengetes bandwidth Anda dengan tes berbasis HTML5, bukan berbasis Flash. SpeedOf.Me, TestMy.net, dan Bandwidth Place merupakan tes kecepatan internet berbasis HTML5 yang direkomendasikan.

Diperkirakan bahwa tes berbasis Flash, ibarat Speedtest.net dan Speakeasy yang sangat terkenal serta kebanyakan tes yang digawangi ISP, harus melaksanakan pembiasaan sebanyak 40 persen untuk mengimbangi kenyataan bahwa tes mereka memakai Flash.

Kesimpulan

Ingatlah, tidak ada tes kecepatan yang sempurna. Kelima langkah di atas ditujukan untuk meminimalkan 'gangguan' selama tes kecepatan internet. Itu memperlihatkan bantuan eksklusif terhadap hasil tes kecepatan yang lebih akurat.

Perlu diingat, bagaimanapun juga, apa yang Anda uji dengan tes kecepatan internet yakni seberapa baik koneksi teraktual yang bekerja antara komputer atau perangkat Anda dan server pengujian itu sendiri.

Advertisement

Iklan Sidebar