Info Populer 2022

Perbedaan Linux Dan Windows Sebagai Sistem Operasi Komputer

Perbedaan Linux Dan Windows Sebagai Sistem Operasi Komputer
Perbedaan Linux Dan Windows Sebagai Sistem Operasi Komputer
Infoterlengkap.com Sebagai sebuah sistem operasi, tentu banyak fitur dan juga kemudahan yang akan dicari oleh para pengguna. Terutama dikala kita mencari yang terbaik. Sampai dikala ini menyerupai yang kita ketahui bahwa sistem operasi komputer cukup bersaing yakni linux dan windows. Memilih yang terbaik tentu perlu kita lakukan supaya kegiatan atau acara memakai komputer bisa lebih maksimal menyerupai ngegame atau menonton video dan lain sebagainya. perbedaan linux dan windows terletak pada beberapa sisi.

 tentu banyak fitur dan juga kemudahan yang akan dicari oleh para pengguna Perbedaan Linux dan Windows Sebagai Sistem Operasi Komputer

Perbedaan ini nantinya bisa menjadi materi pertimbangan anda untuk menemukan apa saja fitur dan kemudahan yang bisa berfungsi dengan maksimal. Jika keperluan anda yakni mengakibatkan komputer sebagai komputer server maka bisa jadi Linux dirasa lebih tepat. Mengapa? Berikut beberapa alasannya.

Perbedaan Linux dan Windows

1. Dari Segi Harga

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang terkenal dan ternyata banyak versi bajakan di Indonesia. Fenomena ini menunjukkan bahwa windows tentu merupakan sistem yang berbayar. Sementara untuk linux merupakan sistem operasi yang gratis dan bisa dipakai untuk siapa saja. Linux sendiri memang sistem operasi yang berbasis open source dan tidak perlu membayar apapun semenjak pertama kali penggunaan.

2. Dari Segi Penampilan

Dari segi penampilan atau antarmuka untuk para penggunanya, windows memang dirasa mempunyai penampilan lebih baik jikalau kita bandingkan dengan linux. Terutama semenjak adanya windows 98 yang sudah bisa dalam menghadirkan tampian antarmuka yang ramah dengan para pengguna. Berbeda dengan linux yang menjadi sistem operasi relatif lebih tertinggal. Meski kini keduanya memang sama – sama sedang bersaing untuk menjadi yang terbaik. Terutama bisa menghadirkan tampilan yang nyaman bagi para pengguna.

3. Dari Segi Keamanan

Kali ini, perbedaan linux dan windows terletak pada segi keamanan. Kepopulerannya dan prosedur yang menjalankan sebuah aplikasi terutama yang dimiliki oleh windows memang menciptakan virus banyak tercipta. Tujuannya yakni untuk menginfeksi sistem tersebut. Hal ini malah menjadi kelebihan dari linux alasannya yakni mereka dirasa jauh lebih kondusif untuk digunakan. Apalagi pengguna juga bisa mengoperasikan linux lebih berbeda jikalau dibandingkan dengan windows.

4. Ketersediaan Software

Perbedaan berikutnya daalah terletak pada hadirnya software yang mendukung sistem tersebut. Windows relatif mempunyai banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan. baik untuk aplikasi multimedia, aplikasi perkantoran sampai aplikasi permainan. Banyaknya aplikasi ini yang menciptakan developer semakin tertarik untuk membuatkan aplikasi di sistem operasi tersebut. Berbeda pada linux yang mana aplikasi yang dipakai pada sistem ini memang jarang. Meski sifatnya open source dan gratis tetapi bukan mustahil kalau ke depannya akan banyak permainan yang bisa dibentuk serta dijalankan pada sistem linux.

5. Penggunaan Sistem Operasi

Windows memang lebih banyak dipakai untuk komputer rumah atau kantor. Misalnya dipakai untuk mengetik, mengerjakan pekerjaan yang berbasis kantor sampai untuk menciptakan presentasi. Juga bagi mereka yang membutuhkan dan memakai aplikasi multimedia alasannya yakni tampilan menariknya. Sementara untuk linux sendiri, sistem operasi ini mempunyai keamanan yang lebih baik dan cenderung dipakai pada domain-domain yang membutuhkan keamanan tinggi. Misalnya saja menyerupai server, layanan web proxy, LAN kantor dan lain sebagainya.

Mengetahui apa saja perbedaan linux dan windows ini membawa kita pada pertimbangan penting dalam menentukan sebuah sistem operasi. Untuk kepentingan keamanan memang akan lebih baik menentukan Linux. Tetapi untuk sebuah pekerjaan, pengguna banyak yang menentukan windows. Apapun pilihan anda untuk sistem operasi komputer ini, pilih dengan pertimbangan yang matang dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Terima Kasih Telah Membaca. Semoga Bermanfaat :)

Advertisement

Iklan Sidebar