Info Populer 2022

Cloud Computing Ialah Teknologi Apa? Ini Beliau Penjelasannya

Cloud Computing Ialah Teknologi Apa? Ini Beliau Penjelasannya
Cloud Computing Ialah Teknologi Apa? Ini Beliau Penjelasannya
- Bagi anda yang bergelut di dunia internet niscaya sudah sangat familiar dengan istilah cloud computing. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, istilah cloud computing ialah komputasi awan. Meski sudah sering terdengar, nyatanya masih ada beberapa orang yang belum memahami apa itu cloud computing secara lebih mendalam. Bagi anda yang juga belum atau bahkan tak mengetahui sama sekali apa itu cloud computing, ada baiknya anda simak ulasan lengkap dari Kang Arif di bawah ini.

Cloud Computing Adalah Teknologi Penting

Cloud computing disebut sebagai teknologi penting. Hal ini dikarenakan teknologi cloud computing sangat membantu siapapun yang menekuni dunia internet. Perlu diketahui, cloud computing ialah teknologi yang memanfaatkan internet sebagai sentra untuk mengelola data dan aplikasi. Dengan memakai cloud computing, para pengguna komputer nantinya akan diberikan hak kanal atau login. Cloud computing memakai teknologi komputer yang dikombinasikan dengan basis internet.

 Bagi anda yang bergelut di dunia internet niscaya sudah sangat familiar dengan istilah clou Cloud Computing Adalah Teknologi Apa? Ini Dia Penjelasannya

Dengan memanfaatkan cloud computing, semua data yang anda miliki akan disimpan di server. Hal ini tak terkecuali dengan aplikasi atau software yang anda butuhkan. Dengan begitu, apabila anda ingin menjalankan aplikasi yang ada di server internet tersebut, anda tak perlu instalasi pada server. Hanya saja, anda harus terkoneksi ke jaringan internet yang stabil.

 Artificial Intelligence Adalah Kecerdasan Buatan, Seperti Apa Penerapannya?

Keunggulan Cloud Computing

Cloud computing terbukti mengatakan bermacam-macam akomodasi dan laba kepada penggunanya. Hal ini tak lain berkat keunggulan cloud computing itu sendiri. Perlu untuk anda sadari, server konvensional nantinya dibatasi banyaknya core processor, memory, dan harddisk. Mengingat keterbatasan fisiknya, maka anda akan mengatakan beban maksimal pada server konvensional. Apabila resource habis, anda juga perlu menginstal ulang semua data dan aplikasi yang ada di server dengan daya tampung lebih besar.

Dibandingkan dengan server konvensional, cloud computing terkesan simple dan simpel alasannya ialah hanya berupa kumpulan hardware yang terhubung di dalam jaringan. Meski simple, para penggunanya bisa mendapat pengalaman menyerupai memakai komputer besar. Cloud computing juga tak mengatakan batasan perihal kapasitas harddisk, memory, dan processor. Selain itu, cloud computing juga tak mengatakan batasan wacana banyaknya hosting servernya.

Ketika anda ingin menambahkan hosting dengan cloud computing, anda juga hanya akan memakan waktu dalam hitungan menit saja. Selain itu, apabila resource habis, anda bisa mengatakan server embel-embel secara mudah. Bahkan server embel-embel tersebut bisa pribadi berintegrasi ke jaringannya. Dalam hal ini, anda hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam. Penggunaan cloud computing jelas-jelas irit ruang dan waktu.

Jenis Cloud Computing

Untuk lebih membantu anda dalam memahami cloud computing, kami juga bagikan jenis-jenisnya. Adapun salah satu jenis cloud computing ialah Platform as a Service (PaaS). Platform as a Service merupakan layanan cloud computing yang kalau anda analogikan, anda akan menyewa rumah lengkap dengan lingkungannya guna menjalankan aplikasi yang anda buat. Dengan begitu, anda tak perlu pusing untuk mempersiapkan sekaligus merawat rumah tersebut.

Pastikan aplikasi yang anda buat bisa berjalan secara baik. Dengan memakai Platform as a Service, anda bisa berperan sebagai pengembang. Dengan begitu, anda bisa fokus dengan aplikasi yang telah anda buat. Mengingat anda tak perlu memikirkan operasionalnya. Selain Platform as a Service, jenis cloud computing lainnya ialah Software as a Service (SaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS). Setelah anda mengetahui keunggulan dan jenisnya, anda bisa buktikan sendiri bahwa cloud computing ialah teknologi canggih.

Terima Kasih Sudah Membaca, Semoga bermanfaat dan Sering-sering mampir ya di blog Kang Arif :)
Advertisement

Iklan Sidebar