Info Populer 2022

Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh Pada Ginjal

Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh Pada Ginjal
Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh Pada Ginjal
- Es teh memang menjadi salah satu minuman favorit disaat udara terasa panas. Apalagi negara kita menjadi salah satu negara tropis yang memang berudara cukup panas. Minuman yang bagus dan menyegarkan akan menjadi salah satu incaran dari beberapa orang untuk menghilangkan rasa dahaga terutama pada siang hari disaat terik matahari terasa sangat menyengat.

 Es teh memang menjadi  salah satu minuman favorit disaat udara terasa panas Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh Pada Ginjal
Berbagai  macam variasi dari minuman teh pun bermunculan dengan sangat cepat. Bermacam-macam merek produk populer bahkan yang gres muncul, berlomba-lomba untuk mendapat peminat  es teh sejati. Dari rasa yang masbodoh dan bagus akan menggugah pengecap dan tenggorkan, namun bagaimana imbas dari seringnya minum es teh untuk kesehatan kita? Terutama pada penggalan ginjal. Berikut Kang Arif paparkan bagaimana bahaya terlalu sering minum es teh bagi ginjal anda.

Bahaya Sering Minum Es Teh

Penyebab Resiko Batu Ginjal

Mengkonsumsi es teh dengan berlebihan akan meningkatkan ancaman resiko watu ginjal. Abaikan rasa nikmat yang hanya mengalir pada lisan dan tenggorokan saja, lantaran resiko yang diakibatkan dari kandungan es teh berupa konsetrasi tinggi oksalat menjadi salah satu materi kimia penyebab utama pembentukan watu dalam ginjal atau kanal kencing. Dan untuk penderita watu ginjal, minuman yang wajib dihindari yakni es teh lantaran 10% dari penderita watu ginjal memilki kegemaran mengkonsumsi secara rutin es teh.

Menyendat Air Seni

Air seni atau urin yakni cairan yang dihasilkan dari minuman yang masuk kedalam tubuh, air tersebut diekskreasikan oleh ginjal  kemudian dikeluarkan dengan proses urinasi. Apabila watu yang mengendap pada ginjal yang disebabkan oleh minuman es teh yang berlebihan dan terjebak dalam kanal kemih, maka air seni akan tersendat dan mengakibatkan sakit yang luar biasa.


Penyebab Inflamasi Ginjal

Sesungguhnya es teh memilki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat bagi kesehatan, salah satu nya yakni nutrisi oksalat yang juga ditemukan pada makanan sehat ibarat bayam dan makanan lain ibarat coklat. Oksalat dalam dosis normal sanggup menyerap konsentrasi kalsium yang sangat tinggi dan sanggup mengikat kalsium dalam tubuh. Namun konsimsi es teh secara berlebih meningkatkan kadar oksalat yang juga akan mengakibatkan inflamasi pada ginjal yang mengakibatkan buang air kecil menjadi tersendat, warna air seni menjadi keruh dan rasa sakit yang sanggup menciptakan penderitanya tidak sanggup melaksanakan aktifitas apapun. Gejala yang terus menerus tanpa pengobatan yang maksimal menciptakan penyakit ini bermetamorfosis gagal ginjal.

Jika anda memang salah satu penggemar es teh, bijaklah dalam mengkonsumsi minuman ini, dari rasa dan kesejukan yang dihasilkan mengandung ancaman yang tidak kecil untuk ginjal anda. Saat anda memang tertarik untuk meminum es teh cobalah untuk menambahkan jeruk nipis dan mengurangi dosis gula dalam penyajiannya. Sayangi ginjal anda dengan memperhatikan minuman yang ingin dikonsumsi, atau sajikan teh dengan air hangat. Takaran meminum teh dengan air hangat lebih sedikit dibandingkan dengan penyajian masbodoh dan dari situ resiko pada ginjal sanggup di minimalisir. 

Terima Kasih telah membaca artikel Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh Pada Ginjal. Semoga bermanfaat dan sehat slalu :)
Advertisement

Iklan Sidebar