Info Populer 2022

Wordpress Dan Blogger, Bedanya Paling Mencolok Dari Keduanya

Wordpress Dan Blogger, Bedanya Paling Mencolok Dari Keduanya
Wordpress Dan Blogger, Bedanya Paling Mencolok Dari Keduanya
 Perbedaan Paling Mencolok Dari Keduanya Wordpress Dan Blogger, Perbedaan Paling Mencolok Dari Keduanya

Halo sobat semua dimanapun kalian berada.

Sampai dikala ini, 2 CMS yang paling tenar di Indonesia sanggup dibilang yaitu Wordpress dan Blogger. Meski masih ada beberapa CMS kenamaan yang juga digunakan oleh banyak blogger, khususnya di Indonesia, namun Wordpress dan bloggerlah yang paling menyita perhatian para blogger di negeri kita hingga dikala ini.

Ketenaran 2 CMS ini sering berdampak bagi para blogger pemula yang dilema galau harus menentukan CMS apa yang sebaiknya ia gunakan untuk memulai dunia bloggingnya. Oleh alasannya yaitu itulah, disini kita akan sedikit memperlihatkan komparasi antara Wordpress dan Blogger, sehingga nantinya, sahabat - sahabat yang galau harus menentukan CMS apa, lebih punya citra untuk menentukan antara kedua Platform yang paling fenomenal ini. Dan untuk mempersingkat waktu, pribadi saja simak ulasan kita dibawah ini.


catatan: yang kita maksud Wordpress disini yaitu Wordpress Self-hosted. Bukan Wordpress.com

Wordpress Dan Blogger, Perbedaan Paling Mencolok Dari Keduanya


1. Ekonomis

Sisi pertama yang kita tinjau yaitu segi ekonomis. Hal ini penting diperhatikan, alasannya yaitu sebagaimana yang kita ketahui bersama, orang orang indonesia sangat doyan dengan yang namanya gratisan. Oke! ditinjau dari segi ini, Wordpress kalah telak dari blogger. Sebab, untuk membangun sebuah blog dengan menggunakan Wordpress self-hosted, selain kita harus mengeluarkan dana untuk membeli sebuah domain, kita juga harus siap menggelontorkan dana untuk pembelian hosting. Dimana harga hosting ini sendiri sangat bervariasi, namun rata rata harga hosting pertahunnya sekitar 120rb-an (harga ini sanggup berubah ubah). Sedangkan bagi para pengguna CMS Blogger, tidak akan dipusingkan dengan dilema persediaan dana untuk membayar atau membeli hosting, sebagaimana Wordpress membutuhkan hosting pribadi untuk menjalankan websitenya. Jadi, jikalau kau menggunakan CMS Blogger. kau merdeka tanpa harus takut tidak mempunyai uang untuk menyewa hosting. Disini Blogger Menang!


2. Fleksibel

Jika kita berbicara mengenai fleksibel, itu berarti kita sedang berbicara mengenai otoritas yang dimiliki seorang admin blog dalam mengelola website yang dimilikinya, terlebih khusus dalam hal mengoprek tampilan blog atau website. Dalam posisi ini, Wordpress dan Blogger sama sama mempunyai kuasa penuh dalam mengubah atau mendesain ulang website yang dimilikinya. Namun, jikalau kau masih pemula yang belum mengerti wacana HTML, CSS dan Javascript, sebaiknya jangan coba coba nekad untuk mengoprek tema atau template jikalau tidak ingin terjadi error pada website atau blog yang kau kelola. Dalam aspek fleksibel, pertarungan Wordpress dan Blogger dianggap, Seimbang!


3. Fitur

Yang dimaksud fitur disini yaitu bermacam-macam kemudahan yang disediakan sebuah CMS, untuk mendukung kinerja seorang blogger dalam mengelola websitenya menjadi lebih ciamik dan interaktif. Dalam hal ini, Wordpress tampaknya lebih unggul. Sebab CMS yang diusung Wordpress mempunyai kemudahan plugin. Dimana plugin ini sendiri berfungsi layaknya aplikasi dalam sebuah smartphone, dimana kita cukup menginstalnya di CMS Wordpress yang kita miliki, dan mengaktifkannya. Hal inilah yang tidak dimiliki CMS Blogger. Dalam pertarungan ini, Wordpress Menang!


4. Pengaturan

Secara umum, kita sanggup melihat tampilan dashboard blogger jauh lebih sederhana dan gampang difahami dibandingkan halaman dashboard yang dimiliki Wordpress. Hal inilah salah satu alasan, mengapa lebih banyak pemula yang lebih menentukan untuk menggunakan Blogger daripada Wordpress. Bahkan, jikalau kita ingin mengubah tampilan pada blog yang kita miliki, kita cukup masuk ke satu halaman saja, dimana dengan mengganti susunan script pada halaman tersebut, kita sudah sanggup mengubah tampilan blog menjadi lebih interaktif. Berbeda dengan CMS Wordpress, jikalau kita ingin mengubah tampilannya, maka kita harus masuk ke file masing masing dari script tersebut, misal, jikalau kita ingin mengubah tampilan dibagian footer, maka kita harus masuk ke serpihan footer.php, atau jikalau kita ingin mengubah tampilan pada serpihan header, maka kita harus masuk ke serpihan header.php, begitulah seterusnya. Kesimpulannya, dalam hal pengaturan CMS Blogger masih lebih unggul. Blogger Menang!


5. Error!

Siapa sih yang mau? Blog yang telah di urus ibarat mengurus anak sendiri datang tiba mengalami error. Tentunya tidak satu pun diantara kita menginginkan hal tersebut. Nah, jikalau kita tergolong sebagai blogger pemula yang masih sangat minim akan pengalaman, dan tidak punya banyak waktu untuk mengelola website, namun masih tetap ingin ngeblog, sebaiknya jangan pilih CMS Wordpress. Saya bukan ingin memberi evaluasi yang tidak berimbang, tapi inilah faktanya. Kesalahan kecil yang kita lakukan dalam pengubahan struktur arahan didalam CMS Wordpress akan pribadi menyebabkan error pada website yang kita miliki. Berbeda keadaan apabila kita menggunakan CMS Blogger, selain kita sanggup notif bahwa arahan script tidak sanggup diuraikan, kalau pun terjadi kesalahan kecil, halaman blog yang kita miliki tetap sanggup diakses ibarat biasanya. Maka jelas, dalam hal trial error Blogger jauh lebih aman. Blogger Menang!


6. Word Counter

Jika kita pernah menggunakan kedua CMS ini, yaitu Wordpress dan Blogger, tentu tahu bahwa didalam halaman entri CMS Blogger tidak tersedia word counter (penghitung jumlah kata). Sedangkan bagi para pengguna CMS Wordpress, dibagian bawah halaman entri terdapat word counter yang secara otomatis akan menghitung jumlah kata didalam postingan kita. Sehingga kita sanggup memantau, apakah artikel kita telah memenuhi standart minimal jumlah kata yang dianjurkan dalam menciptakan postingan ataukah belum? Dalam hal ini Wordpress Menang!


7. SEO

Ini yaitu salah satu poin yang paling penting dalam berbagi sebuah blog atau website di kala yang penuh persaingan ibarat dikala ini. Dan banyak rumor yang beredar bahwa katanya CMS Wordpress jauh lebih SEO friendly dibandingkan CMS Blogger, atau sebaliknya. Perlu diketahui, Pihak Google selaku mesin pencari paling terkenal dikala ini tidak pernah memperlihatkan pernyataan mengenai CMS tertentu lebih SEO friendly atau tidak. Penggunaan CMS tertentu tidak mempunyai efek sama sekali dengan meningkatkan secara optimal mesin pencari. Sekalipun Blogger berada dibawah naungan Google, tidak ada jaminan bahwa Blogger akan jauh lebih optimal dalam SEO atau sebaliknya. Kesimpulannya, CMS Wordpress dan Blogger masing masing mempunyai peluang yang sama untuk sanggup masuk kedalam page on Google. Sehingga, pertarungan Wordpress dan Blogger dalam kategori SEO dinyatakan Seri atau Seimbang!


Kaprikornus itulah, sekilas ulasan dari kami mengenai 2 CMS paling terkenal dikala ini, yang kami beri judul Wordpress Dan Blogger, Perbedaan Paling Mencolok Dari Keduanya. Semoga sahabat sahabat yang sudah membaca goresan pena ini tidak lagi galau menentukan CMS mana yang harus ia gunakan.

Advertisement

Iklan Sidebar