Info Populer 2022

7 Berikut Ini Cara Mengatasi Sistem Ui Telah Berhenti Di Android Dijamin Berhasil

7 Berikut Ini Cara Mengatasi Sistem Ui Telah Berhenti Di Android Dijamin Berhasil
7 Berikut Ini Cara Mengatasi Sistem Ui Telah Berhenti Di Android Dijamin Berhasil
Cara mengatasi sayangnya sistem ui telah berhenti. Pada dasarnya smartphone kita mempunyai systemUI yang dimana aktivitas ini sudah otomatis terpasang di android pada dikala produksi. Sistem ui dikenal sebagai notification kafe atau anda sanggup menemukan kafe semacan ini di atas yang memuat sinyal, baterai, kecepatan internet dan sebagainya.
 Cara mengatasi sayangnya sistem ui telah berhenti 7 Cara Mengatasi Sistem UI Telah Berhenti di Android Dijamin Berhasil

Semestinya kau akan menjumpai proses.com.android.systemui sudah berhenti lantaran RAM sudah kemakan banyak kemudian progres dari mesin hp android kau bakal crash yang mengakibatkan lemot pada ponsel.

Merasa jengkel, kau belum menemukan cara memperbaiki problem ini soalnya sudah banyak yang dimuat untuk menggali isu mengenai permasalahan ini. Namun ketika kau menemukan artikel ini, beruntunglah kau dikarenakan telah dilakukan uji coba dalam kasus telah terhenti.

Kadang kasus ini akan muncul pesan singkat berisi sayangnya proses sistem ui telah berhenti, tidak menanggapi, system ui has stopped dan sering terjadi unfortunately, process com.systemui has stopped. Apa sih penyebabnya?

Baca : Boomerang Patah Patah? Ini Cara Memperbaiki Agar Segera Pulih

Penyebabnya tidak lain tidak bukan yakni ada beberapa aplikasi yang sudah memakan RAM kau sehingga proses semua yang berada di latarbelakang akan terganggu hasilnya semua progres nya eksklusif terhenti secara mendadak (tiba - tiba).

Namun tidak usah khawatir, alasannya tutorial langkah ini sudah diterapkan pada hp asus zenfone, redmi xiaomi, smartfren andromax, oppo, lenovo, meizu, huawei, vivo, samsung galaxy dan sebagainya.

Perihal tersebut sanggup juga disebabkan oleh kondisi hp kau yang sudah di root menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sudah pernah di bilang kalau smartphone status root bakal kena hak cipta pelanggaran nanti nya service center tidak mau lagi membenahi android yang sudah berstatus root.

Ini memang merugikan semua pihak, oleh alasannya itu apabila kau melaksanakan root ini sudah terlanjur, ya sudah itu harus segera diatasi dengan cara ini.

Memperbaiki Sayangnya System UI Tidak Menanggapi

Tidak ada jawaban ini akan muncul apabila kau sedang menggunakan android dalam keadaan terbebani oleh beban yang sangat berat. Pasalnya peforma hp kau masih kelas bawah eh malah di paksa buat melaksanakan progres berat hasilnya menyerupai itulah. Dalam kasus ini berikut pemaparan mengenai tutorial memperbaiki problem ini.

1. Hapus Cache Aplikasi Sistem UI Di Pengaturan Ponsel

a. Buka Pengaturan pada hp kamu
b. Kemudian scroll kebawah untuk mencari sajian berjulukan Aplikasi (Beda hp beda letak pengaturan aplikasi)
c. Pilih aplikasi sistem
d. Usap kebawah hingga menemukan System UI
e. Lalu pilih saja
f. Pada opsi Hapus Cache, tap saja kemudian tekan OK
g. Kelar deh, selanjutnya restart hp kamu

Apabila kau sudah melaksanakan langkah diatas namun masih tetap saja belum terobati dengan sempurna, maka perlu mengikuti tahapan dibawah ini.

2. Copot Pemasangan Pada Salah Satu Aplikasi Terinstal yang Memakan Banyak RAM

Pasti kalian akan berkeluh kesah dalam menangi problem ini lantaran belum sanggup menemukan solusi mengatasi memori telepon penuh. Sejatinya ram dipakai untuk proses penyimpanan sementara yang kemudian akan disimpan pada cache aplikasi. Nah untuk menindaklanjuti problem ini anda perlu satu langkah untuk memutuskan bahwa harus ada satu atau dua aplikasi yang perlu di uninstal biar RAM semakin lega dan ringan.

Bagi kau yang belum sanggup mengetahui aplikasi mana yang memakan banyak ram sanggup melaksanakan pengecekan melalui tahapan ini, buka saja Pengaturan kemudian cari sajian Aplikasi, geser ke kanan untuk menemukan Aplikasi Berjalan (Menjalankan), disitu kau sanggup mengetahui banyak sekali macam aplikasi pemakan lebih ram android.

3. Perbarui Sistem Android Kamu yang Sudah Usang

Apabila kau sedang menggunakan versi android lama maka itulah yang mengakibatkan sistem ui telah berhenti datang tiba. Jika android aja tidak terawat maka hasilnya kau mendapat problem serius ini. Memang benar kalau mau update sistem android ini memerlukan data internet banyak namun kau perlu ingat kalau manfaat dari update ini yakni memperbaiki BUG pada versi sebelumnya (Versi yang sedang kau pakai).

Baca : Inilah Tips Buat Memperkuat Kecepatan WIFI dengan Mudah

Ini menjadi tolak ukur kau jikalau kau mau memperbarui. Backup terlebih dahulu semua file yang tersimpan di penyimpanan android (kosongkan) atau sanggup memindahkan semua data aplikasi, foto, cadangan chat (lebih baik disimpan pada google drive), video, lagu dan dokumen penting lainnya.

Bagaimana caranya?
a. Buka terlebih dahulu Pengaturan
b. Selanjutnya usap kebawah untuk menemukan sajian About Phone atau Tentang Perangkat atau Tentang Ponsel [Untuk hp oppo hanya buka Pengaturan kemudian scroll kebawha hingga menemukan Pembaruan Sistem]
c. Pilih saja sajian tersebut
d. Langkah terakhir pilih Update system (perbarui sistem)

4. Cara Ini Khusus User ROOT Saja

Mohon perhatikan cara ini buat pengguna android root, bagi hp kau tidak root silakan lanjut ke langkah berikutnya saja atau sanggup juga mengikuti cara ini untuk menambah pengetahuan biar kelak sanggup membantu sobat user root.

Apabila kau sebelumnya sedang kepingin memasang sebuah sistemui MOD, ini sanggup jadi problem bagi kau loh. Saya dulu pernah memasang ini soalnya di ss orang lain sangat menarik tapi ternyata hp saya jadi ngeblank hitam saja.

Buat tambahan, jikalau kau sedang edit aplikasi atau mau membongkar aplikasi systemui menggunakan APKTOOl maka ikuti langkahnya dengan benar supaya tidak mengalami problem serupa.

Baca : Kini Kirim Pesan Tanpa Save Nomor Dahulu Sudah Bisa Memulai Percakapan Whatsapp

Kamu pun harus cendekia bahasa pemrograman android juga, jangan asal bongkar kalau kau belum menguasai bahasa ini alasannya hal ini diperuntukan untuk pengguna profesional saja bukan untuk pemula.

Bagaimana cara memperbaiki nya?
Perlu diingat jikalau kau sudah mau membongkar aplikasi ini, jangan hingga lupa untuk selalu menggunakan cara pencadangan biar dikala mengedit mengalami kerusakan atau error maka sanggup dikembalikan lagi dengan cadangan tersebut.

Jika kau sudah mempunyai cadangannya, sanggup menggunakan cara pemindahan saja ke folder sistem. Akan saya kuak pada kesempatan berikutnya...

Sebenarnya sangat gampang, anda perlu mengunduh aplikasi Root Explorer kemudian masuk kemudian pilih sistemUI cadangan kau kemudian copy dan pastekan di folder System -> App -> Paste Disini. Lalu ubahlah permissionnya menjadi r-w-r-r

5. Melakukan Reset Pabrik Namun Data Akan Hilang

a. Buka pengaturan di smartphone kamu
b. Kemudian pilih sajian buat cadangan dan setel ulang
c. Sebelum lanjut ke reset, cadangkan dulu biar dikala pemulihan sanggup muncul kembali semua data yang telah dihapus otomatis
d. Berikutnya kembalikan ke setelan pabrik
e. And terakhir pilih sesudah pabrik
f. HP akan merestart dengan sendirinya, tidak perlu khawatir
g. Tunggu hingga prosesnya muncul logo android tidur bewarna hijau dilengkapi dengan gerigi dan kunci. Hal ini membuktikan bahwa sedang diproses pengembalian setelan pabrik.

Reset pabrik ini berdasarkan saya kurang ampuh alasannya hanya menghapus data yang telah tersimpan pada memori ponsel. Bagaimana yang ampuh?

5. Wipe Data, Wipe Cache dan Wipe Dalvik

Teknik ini sering saya sebut sebagai teknik 3W, kenapa sanggup disebut begitu? Sebab ada banyak penyebutan wipe disana dan untuk mempersingkat pengejaan disebut saja 3W atau 3 Wipe. Ini hanya sanggup dilakukan oleh orang berpengalaman menggunakan recovery saja yaa jangan asal menggunakan cara ini buat pemula. Teknik ini juga sering disebut dengan cara hard reset di android.

a. Matikan dulu ponsel kamu
b. Tunggu hingga ponsel getar atau benar benar sudah mati total
c. Copot baterai terlebih dahulu supaya tidak ada pedoman listrik kedalam mesin
d. Beda hp beda cara, untuk samsung sanggup menggunakan cara tekan tombol secara bersamaan Power + Volume Up + Tombol Home. Buat semua hp sanggup menekan tombol Power + Volume Up atau Power = Volume Down secara bebarengan.
e. Cari wipe data, klik yes
f. Cari wipe cache partition, klik yes
g. Cari wipe dalvik, klik yes
h. Pilih sajian restart atau shutdown
i. Kemudian tunggu hingga masuk ke homescreen kamu

6. Flash Ulang HP Anda Menggunakan Software Laptop atau Komputer

Flash ulang ini hampir sama dengan factory reset namun langkah ini paling top dan workit banget buat mengatasi sistem ui telah berhenti. Sebelum melaksanakan ini, alangkah baiknya jikalau kau mencadangkan dulu semua data yang tersimpan yaa.

Cara ini bakal mengembalikan hingga berhasil semula. Nanti hp kau akan terlihat menyerupai hp gres lagi lantaran semua data aplikasi belum menjalankan cache.

Saya tidak akan menjabarkannya disini, namun jikalau kalian kepingin dibuatkan tutorial flash hp yang anda miliki sanggup saya buatkan...permintaan anda sanggup segera kami respon melalui kolom komentar dibawah.

7. Pergi Ke Tukang Service Terdekat

Apabila semua cara sudah kalian lakukan namun belum menemukan solusi terbainya maka langkah terakhir ini sanggup kau lakukan biar kondisi android kau pulih menyerupai semula lagi. Pergi ke konter hp terdekat untuk memperbaiki problem ini.

Mengenai biaya nya tidak mahal kok, mungkin disana hanya perlu diflash juga dan ngeflash hanya membutuhkan biayar 50 ribu hingga 100 ribu tergantung outlet jasa servis nya lantaran disetiap kawasan berbeda harganya.

Penutup...

Bagaimana sudah merasa lega dengan problem mengatasi sistem ui telah berhenti mendadak di android dan disemua hp. Dengan begitu kau akan mendapat tutorial memperbaiki itu semua pada artikel ini. Apabila ada yang perlu ditanyakan, silakan masukkan pertanyaan anda ke kolom komentar biar segara admin respon. Terima kasih sudah mengikuti cara memperbaiki system ui has stopped serta tidak menanggapi. 
Advertisement

Iklan Sidebar