Info Populer 2022

9 Langkah Jitu Agar Lolos Seleksi di PTN dan Universitas Favorite

9 Langkah Jitu Agar Lolos Seleksi di PTN dan Universitas Favorite
9 Langkah Jitu Agar Lolos Seleksi di PTN dan Universitas Favorite
Rona Febriana - Temen-temen yang saat ini sedang duduk dikelas XII SMA, yang ingin melanjutkan ke Perguruan tinggi negeri pasti sedang dilanda kegelisahan. Entah karena takut gagal, ataupun tidak masuk PTN yang di idam-idamkan. Kalian tidak perlu gelisah atau takut gagal, selagi kalian berusaha dan terus berdoa, insyaallah apa yang kalian idamkan akan terwujud.

Berikut ini beberapa tips untuk kalian agar diterima di PTN favorite :


( Baca Juga : Handphone disalahkan ketika mendapat nilai jelek? Simak penjelasannya berikut ini )

 

 1. Menentukan Pilihan


Kalian harus menentukan pilihan setelah lulus SMA/SMK kalian mau kemana? ada yang ingin kuliah, ada juga yang ingin langsung bekerja, itu tidak masalah. Tapi yang kita bahas kali ini bagi yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Silahkan kalian tentukan, ingin masuk PTN mana dan jurusan apa? Ingat jangan ambil jurusan karena terpaksa atau ikut-ikut temen, karena banyak mahasiswa yang menyesal karena salah ambil jurusan. Oleh karena itu pikirkan matang-matang PTN mana dan jurusan apa sesuai potensi, minat, dan kemauan kalian.


2. Ukur Kemampuan Diri Sendiri

Setelah kalian menentukan pilihan, coba ukur kemampuan diri sendiri dengan pilihan PTN anda. Jika dirasa kalian bisa, maka lanjutkan. Tetapi jika tidak, kalian bisa mempertimbangkan faktor lain, seperti berapa banyak peminat yang akan daftar kesana, dsb.
Jangan terlalu overconfident untuk dengan membidik target yang tinggi, tetapi jangan underestimate juga dengan diri sendiri.



3. Terapkan Alternatif (Rencana ke - 2)

Jika kita sudah menentukan pilihan secara matang-matang, alangkah baiknya kita menyiapkan alternatif. Sebagai antisipasi jikalau kita tidak lolos PTN yang kita pilih pertama. Banyak mahasiswa justru lolos dipilihan ke 2 ini. Dan pilihan ke 2 ini usahakan masih dalam minat dan kemauan anda.


4. Cari Informasi

Jauh-jauh hari silahkan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang PTN idaman anda. Dijaman sekarang tentu tidak sulit untuk mencari informasi. Bisa dari google, media elektronik, alumni PTN tersebut, dsb. Jangan sampai kalian gagal masuk PTN yang kalian idamkan hanya karena kurang informasi.








5. Perbanyak Ilmu

Sudah pasti jika kalian ingin masuk PTN yang kalian idamkan kalian harus perbanyak ilmu. Bisa dari sekolah, bimbel, buku, ataupun di internet. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekal kalian untuk masuk PTN yang kalian idamkan.

6. Jaga Kesehatan Tubuh

Saat pendaftaran kuliah maupun saat tes, pasti kalian akan dipusingkan dengan berbagai proses. Oleh karena itu kalian harus menjaga kesehatan fisik maupun mental kalian supaya kalian maksimal dalam menghadapi tes PTN yang kalian idamkan itu. Persiapkan untuk semua kemungkinan, jika gagal satu tes, coba tes yang lain.

7. Tentukan Jalur Masuk Kuliah

Jalur masuk kuliah umumnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  1. SNMPTN, Yaitu jalur masuk kuliah dengan seleksi nilai akademik kalian di SMA/sederajat sebagai acuan, dan akreditasi sekolah kalian. Jalur ini bisa dibilang sulit, karena kita akan bersaing dengan seluruh siswa se-Indonesia.
     
  2. SBMPTN, Yaitu jalur masuk kuliah dengan tes dan penilaian lainnya sebagai acuan. Tes SBMPTN dibedakan menjadi 4 kategori, yaitu :
    • TPA
    • IPA
    • IPS
    • IPC (Campuran)
  3. Mandiri / SMMPTN, Yaitu jalur masuk kuliah dengan tes yang dilakukan masing-masing PTN. Oleh karena itu, kebijakan dan persyaratan ditetukan oleh PTN itu sendiri.

8. Focus

Ya dengan focus insyaallah segala sesuatu akan tercapai. Kalian harus focus dengan tujuan utama kalian. Akan banyak hambatan dan terjangan dalam mengejar mimpi, dan banyak orang yg gagal karena tidak focus.
Jika jangan hanya bicara ingin saja, tetapi lakukan yang terbaik dan tetap focus! semangat gaiss!


9. Berdo'a

Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, maka barengi dengan berdo'a. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita yakin dan bersungguh-sungguh. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, kesuksesan datang dengan usaha, pengorbanan, dan BERDO'A.
Jangan lupa berdo'a sebelum melakukan tes dan minta do'a dari orang tua kalian. Insyaallah kalian bisa menggapai mimpi kalian masuk PTN yang kalian idamkan aamiin..


Nah itulah 9 Langkah Jitu Agar Lolos Seleksi di PTN dan Universitas Favorite , semoga kalian diterima di PTN atau Universitas idaman kalian yaa 😊😊😇😉😉


Semoga artikel ini bermanfaat yaa, share juga artikel ini ke temen-temen kalian...
Advertisement

Iklan Sidebar