Info Populer 2022

Bagaimana sih, Sistem Pendidikan di Jepang?? Mari Simak Artikel Nya

Bagaimana sih, Sistem Pendidikan di Jepang?? Mari Simak Artikel Nya
Bagaimana sih, Sistem Pendidikan di Jepang?? Mari Simak Artikel Nya
Sistem pendidikan Jepang saat ini didirikan segera setelah Perang Dunia Kedua antara tahun 1947 dan 1950, menggunakan sistem Amerika sebagai model. Ini mencakup 9 tahun pendidikan wajib (6 tahun sekolah dasar dan 3 tahun sekolah menengah pertama), diikuti oleh 3 tahun sekolah menengah opsional dan 4 tahun perguruan tinggi.

Dengan kebijakan "Jangan biarkan anak dalam keluarga dan keluarga dalam komunitas tidak dididik", Jepang bertujuan untuk memastikan perkembangan anak-anak yang harmonis dalam semua aspek, dari hati dan pikiran Kebijaksanaan, emosi, semangat, sikap, sistem nilai, kemanusiaan. Ini menjadi filosofi pendidikan dasar Jepang.

Sistem Pendidikan di Jepang

Pendidikan wajib di Jepang adalah dari sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama, sehingga setiap anak berusia antara 6 dan 15 tahun harus bersekolah. Tingkat kelulusan sekolah menengah atas di Jepang adalah 90%. Setelah itu, 53,4% dari rasio ini terus belajar di sekolah profesional, perguruan tinggi atau universitas. Jepang adalah salah satu negara dengan tingkat intelektual tertinggi di dunia, persentase orang yang tidak dapat membaca dan menulis hampir 0%.

Oleh karena itu, Jepang adalah salah satu negara paling maju di dunia dengan tingkat buta huruf nyata nol dan 72,5% siswa terdaftar di tingkat universitas, perguruan tinggi dan menengah. Jumlahnya setara dengan AS dan lebih unggul dari beberapa negara Eropa. Ini menciptakan dasar bagi perkembangan ekonomi dan industri Jepang di era modern.

Sistem Pendidikan di Jepang

Pendidikan Dasar dan Menengah

Sistem Pendidikan di Jepang

Pendidikan dasar dan menengah adalah pendidikan wajib sehingga keluarga dengan anak-anak berkebangsaan Jepang, yang berusia sekolah, akan menerima pemberitahuan dari lembaga negara yang bertanggung jawab atas tempat tinggal dan kemajuan mereka. Administrasi prosedur seperti pemeriksaan kesehatan untuk mempersiapkan diri untuk masuk sekolah.

Namun, bagi orang asing karena itu bukan pendidikan wajib, bentuk pemberitahuan penerimaan tidak sama dengan orang Jepang. Tetapi jika Anda ingin menghadiri sekolah internasional, Anda memerlukan aplikasi untuk masuk. Aplikasi untuk masuk setelah pengajuan akan diberitahukan kembali segera sebelum pendaftaran, dan pelamar harus melakukan prosedur pendaftaran, seperti sertifikat pendaftaran orang asing (anak-anak mereka), pemberitahuan penerimaan dan membawanya ke kantor pusat administrasi kota, dan distrik. 

Dalam hal mendaftar di sekolah yang didirikan oleh provinsi (prefektur), tidak memerlukan biaya sekolah tetapi membutuhkan uang untuk makan. Jika warga negara di atas 16 tahun tidak memiliki kewarganegaraan Jepang, atau pekerja yang mengambil pendidikan menengah di malam hari, mereka juga dapat pergi ke universitas.

Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Profesional dan Universitas 

Sistem Pendidikan di Jepang

Setelah lulus dari sekolah menengah pertama, Anda dapat melanjutkan ke sekolah menengah atas (SMA), atau sekolah menengah profesional (sekolah menengah kejuruan - sekolah profesional). Namun, karena itu bukan pendidikan wajib, jika Anda ingin melanjutkan belajar, Anda harus mendaftar.

Pendidikan Jepang sangat kompetitif, terutama dalam ujian masuk universitas, biasanya ujian masuk universitas bergengsi.

Sistem Pendidikan di Jepang

Organisasi Penilaian Pendidikan Internasional telah melakukan dua survei yang membandingkan kualitas akademik siswa di seluruh dunia. Akibatnya, di Jepang, perbedaan dalam kemampuan siswa dan prestasi akademik di antara sekolah sangat minim, mungkin yang terkecil di dunia. Sebagian besar siswa dan siswi Jepang menguasai kurikulum. Program Penilaian Siswa dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) saat ini peringkat pendidikan Jepang di posisi keenam di dunia dalam hal keterampilan dan pengetahuan siswa 16 tahun.

Untuk memenuhi meningkatnya permintaan akan pendidikan tinggi, sejak 1950-an, universitas swasta telah dibentuk. Namun, sejak tahun 1970 dan seterusnya, Jepang memiliki kebijakan khusus untuk membatasi persaingan yang kacau dari orang-orang seperti ini, memastikan kualitas mahasiswa ketika mereka lulus.

Tahun ajaran dimulai dari bulan April hingga Maret tahun depan. Liburan musim panas berlangsung sekitar 6 minggu, liburan musim dingin dan musim semi sekitar 2 minggu. Hari sekolah biasanya dimulai dari jam 8:30 pagi hingga 15:00 sore. Satu minggu sekolah 6 hari, dari Senin hingga Sabtu. Sekolah pada hari sabtu biasanya hanya setengah hari saja, namun akibat dari reformasi sistem pendidikan di jepang, jumlah hari sabtu untuk belajar menurun. Sepulang sekolah, sebagian besar siswa tinggal di klub olahraga atau kegiatan lainnya.

Pendidikan di Jepang

Sistem Pendidikan di Jepang

Saat ini, Jepang menerapkan kebijakan untuk menarik siswa asing untuk belajar. Banyak sekolah persiapan dibuka untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa asing. Foto diatas adalah salah satu contoh youtuber Indonesia yang menimba ilmu di Jepang dengan nama channel "Nihongo Mantappu"

Pemerintah Jepang juga mendukung siswa luar negeri melalui program beasiswa, pembebasan biaya kuliah, bantuan sewa, akomodasi, dll. Selain itu, untuk mendukung pengeluaran seperti biaya kuliah, biaya tambahan, dan biaya lainnya. Kegiatan kemahasiswaan, siswa diperbolehkan bekerja paruh waktu dan meminjam dari Organisasi Beasiswa Pemerintah, selain banyak organisasi lain dari pemerintah daerah, lembaga nirlaba juga berkontribusi untuk mendukung keuangan untuk siswa.

Demikian artikel mengenai sistem pendidikan di Jepang. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.
Advertisement

Iklan Sidebar