Info Populer 2022

Jaringan 5G Siap Gantikan Jaringan 4G, Benarkah?

Jaringan 5G Siap Gantikan Jaringan 4G, Benarkah?
Jaringan 5G Siap Gantikan Jaringan 4G, Benarkah?

Jaringan 5G ialah jaringan seluler terbaru namun sampai kini masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis. Nantinya jaringan 5G ini pada hasilnya akan menggantikan teknologi 4G yang ketika ini sudah dipakai dengan menyediakan sejumlah peningkatan dalam kecepatan, cakupan, dan keandalan

Fokus utama dan alasan untuk memerlukan jaringan yang ditingkatkan ialah untuk mendukung semakin banyaknya perangkat yang menuntut saluran internet. Jaringan 5G akan memakai aneka macam jenis antena, beroperasi pada frekuensi spektrum radio yang berbeda, menghubungkan lebih banyak perangkat ke internet, meminimalkan penundaan, dan menawarkan kecepatan ultra-cepat.

Jaringan 5G bekerja berbeda dari jaringan 4G

Jenis jaringan seluler gres 5G akan berbeda dalam beberapa hal. Salah Satu perbedaan fundamental ialah penggunaan frekuensi radio unik untuk mencapai apa jaringan 4G tidak bisa gunakan. Nantinya spektrum radio akan dibagi menjadi beberapa band, masing-masing dengan fitur unik ketika Anda naik ke frekuensi yang lebih tinggi.

Jika di jaringan 4G memakai frekuensi di bawah 6 GHz, di jaringan 5G kemungkinan akan memakai frekuensi 5 kali lebih tinggi yaitu dalam kisaran 30 GHz sampai 300 GHz. Tentunya dengan frekuensi tinggi ini, akan sangat anggun untuk sejumlah alasan, salah satu yang paling penting ialah bahwa mereka mendukung kapasitas besar untuk data yang cepat juga depan meningkatkan usul bandwidth.

Di jaringan 5G juga sangat terarah dan sanggup dipakai sempurna di samping sinyal nirkabel lainnya tanpa menyebabkan gangguan. 5G juga memakai panjang gelombang yang lebih pendek, yang berarti antena sanggup jauh lebih kecil daripada yang ada ketika masih menyediakan kontrol arah yang tepat.

Itu juga berarti bahwa jaringan 5G akan mendukung lebih dari 1.000 perangkat per-meter lebih banyak daripada apa yang didukung oleh 4G. Ini artinya bahwa jaringan 5G akan bisa memancarkan data ultra-cepat ke lebih banyak pengguna dengan presisi tinggi dan sedikit latensi.

Tapi meski begitu, sebagian besar frekuensi ultra-high ini hanya berfungsi kalau ada garis pandang pribadi yang terperinci antara antena dan perangkat yang mendapatkan sinyal. Terlebih lagi, beberapa frekuensi tinggi ini gampang diserap oleh kelembaban, hujan, dan objek lainnya.

Karena alasan inilah kita sanggup mengharapkan akan banyak antena yang ditempatkan secara strategis untuk mendukung 5G, baik yang sangat kecil di setiap ruangan atau bangunan yang membutuhkannya atau yang besar yang ditempatkan di seluruh kota. Mungkin juga akan ada banyak repeating stations untuk mendorong gelombang radio sejauh mungkin untuk menawarkan pemberian 5G jangka panjang.

Perbedaan lain antara 5G dan 4G ialah bahwa di jaringan 5G akan lebih gampang memahami jenis data yang diminta, dan akan sanggup beralih ke mode daya yang lebih rendah ketika tidak dipakai atau ketika memasok tarif rendah ke perangkat tertentu, tetapi kemudian beralih ke mode bertenaga lebih tinggi untuk hal-hal menyerupai streaming video HD.

Jaringan 5G Lebih Cepat Dari 4G

Bandwidth mengacu pada jumlah data yang sanggup dipindahkan (diunggah atau diunduh) melalui jaringan selama waktu tertentu. Ini berarti bahwa dalam kondisi yang ideal, ketika ada sangat sedikit kalau ada perangkat lain atau gangguan mensugesti kecepatan, perangkat secara teoritis sanggup mengalami apa yang dikenal sebagai top speed.

Dari perspektif kecepatan puncak, jaringan 5G mempunyai 20 kali lebih cepat daripada jarinfan 4G. Ini berarti bahwa selama waktu yang diharapkan untuk mengunduh hanya satu serpihan data dengan 4G (seperti film), hal yang sama sanggup diunduh 20 kali melalui jaringan 5G. Sebagai gambaran; Anda sanggup mengunduh hampir 10 film sebelum 4G sanggup menawarkan bahkan setengah serpihan pertama.

5G mempunyai kecepatan unduh tertinggi 20 Gb/s sementara di 4G ketika ini hanya berjarak 1 Gb/s. Angka-angka ini merujuk ke perangkat yang tidak bergerak, menyerupai dalam pengaturan saluran nirkabel tetap (FWA) di mana ada koneksi nirkabel pribadi antara menara dan perangkat pengguna. Kecepatan bervariasi sehabis Anda mulai bergerak, menyerupai di kendaraan beroda empat atau kereta api.

Namun, ini biasanya tidak disebut sebagai kecepatan “normal” yang dialami perangkat, alasannya ialah sering ada banyak faktor yang mensugesti bandwidth. Sebaliknya, lebih penting untuk melihat kecepatan realistis, atau bandwidth yang diukur rata-rata.

Apa yang Bisa dilakukan di jaringan 5G tidak bisa dilakukan di 4G
Mengingat perbedaan yang begitu mencolok dalam hal kinerja, terperinci bahwa 5G akan membuka jalan gres menuju masa depan untuk perangkat seluler dan komunikasi.

Pastinya 5G masih akan tetap membiarkan Anda mengirim pesan teks, melaksanakan panggilan telepon, menjelajah internet, dan streaming video. Bahkan, tidak ada yang Anda lakukan ketika ini di ponsel Anda, dalam hal internet, akan diambil ketika Anda berada di 5G mereka akan ditingkatkan.

Situs web akan memuat lebih cepat, Anda akan melihat video yang halus dan realistis ketika memakai Skype atau FaceTime, dll. 5G bahkan mungkin sangat cepat sehingga semua yang Anda lakukan di internet kini yang sepertinya relatif cepat akan tampak instan.

Jika Anda hasilnya memakai 5G di rumah untuk menggantikan jaringan yang kini Anda gunakan, Anda akan menemukan bahwa Anda sanggup menghubungkan lebih banyak perangkat Anda ke internet pada ketika bersamaan tanpa dilema bandwidth.

Karena 5G sanggup membawa data jauh lebih cepat daripada jaringan 4G, itu tidak keluar dari ranah kemungkinan untuk mengharapkan untuk melihat lebih banyak transfer data mentah dan tidak terkompresi. Apa yang akan dilakukan ini pada hasilnya memungkinkan saluran gosip yang lebih cepat alasannya ialah tidak perlu dikompresi sebelum digunakan.

Advertisement

Iklan Sidebar