Info Populer 2022

Mengenal Teknologi Augmented Reality Dan Virtual Reality

Mengenal Teknologi Augmented Reality Dan Virtual Reality
Mengenal Teknologi Augmented Reality Dan Virtual Reality
 - Sebagian dari anda mungkin masih ada yang belum tahu atau mengenal apa yang dinamakan Augmented Reality dan Virtual Reality. Kedengarannya memang asing, namun bahwasanya mungkin anda sudah pernah melihat kedua teknologi tersebut digunakan di dalam sebuah game. Baik untuk game android dan lain sebagainya.

Salah satu game populer yang menggunakan teknologi Augmented Reality ini yaitu Pokemon Go. Pokemon Go yaitu salah satu konsep bermain di dunia nyata. Sehingga anda diharuskan berkeliling ke tempat tertentu untuk menangkap monster lucu yang disebut sebagai pokemon. Game ini menggunakan teknologi Augmented Reality yang memungkinkan anda sanggup bermain di dunia nyata. Namun menggunakan objek 3D yang sanggup dilihat pada perangkat tertentu.

Pengertian Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality


Sebelum kita membahas lebih jauh wacana kedua teknologi ini, tentu saja kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality. Simak ulasan Kang Arif berikut ini.

Teknologi Augmented Reality (AR)

Augmented Reality merupakan teknologi dimana penggabungan benda maya yang dibuat komputer ke dalam lingkungan aktual tiga dimensi. Kemudian teknologi tersebut memproyeksikan benda-benda maya di dalam waktu yang nyata.

Sementara itu, objek yang digunakan merupakan objek 3D virtual. Sehingga anda gres sanggup melihat objek tersebut menggunakan tunjangan perangkat menyerupai google glass ataupun handphone. Ternyata teknologi Augmented Reality ini sudah berkembang semenjak tahun 1968. Namun gres kini saja teknologi ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Selain penggunaannya di dalam banyak sekali macam game, teknologi augmented reality ini juga sering digunakan untuk keperluan hiburan, medis, pendidikan dan juga militer. Teknologi ini telah dimanfaatkan semenjak usang oleh militer dari Amerika Serikat dalam sarana latihan bagi para militernya.

Teknologi Virtual Reality (VR)

Setelah mengetahui wacana teknologi Augmented Reality, kini saatnya kita membahas wacana virtual reality. Teknologi Virtual Reality atau  biasa disingkat dengan (VR) ini merupakan salah satu perangkat digital yang berfungsi memperlihatkan lingkungan virtual pada manusia. Agar sanggup menikmati lingkungan virtual ini, anda perlu perangkat virtual reality yang digunakan untuk menutupi mata dan juga speaker. Kaprikornus anda sanggup mencicipi lingkungan virtual menyerupai pada lingkungan nyata.

Di dalam kehidupan sehari-hari, teknologi Virtual Reality sudah banyak digunakan. Namun yang paling banyak digunakan yaitu sebagai media hiburan. Bagi anda semua pecinta games pastinya akan tertarik dengan perangkat Virtual Reality. Sebab kalau anda memainkan game dengan teknologi ini, tentu akan sangat terasa menyerupai berada di dalam games tersebut. Misalnya saja ketika anda bermain game perang, maka anda juga akan terasa ikut berada di dalam perang tersebut. sebagai pola lagi anda bermain game roaler coaster dengan teknologi VR, maka disini anda juga akan mencicipi euforia dan adrenalin menyerupai menaiki roaler coaster sungguhan. Hal ini dikarenakan visualisasi dan suaranya yang tampak nyata.

Perbedaan AR dan VR

Sebagian dari anda mungkin masih ada yang belum tahu atau mengenal apa yang dinamakan  Mengenal Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality

Setelah mengenal kedua teknologi tersebut, tentu saja kita sanggup menyimpulkan apa yang menjadi perbedaan antara Virtual Reality dan juga Augmented Reality. Perbedaan tersebut terdapat pada konsep lingkungan yang digunakan. Untuk teknologi Augmented Reality menggunakan lingkungan dunia aktual namun objeknya virtual. Sementara itu, teknologi Virtual Reality menggunakan lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer.

Lantas bahwasanya apa yang menciptakan dua teknologi ini menjadi booming dan banyak dikembangkan oleh banyak sekali perusahaan besar? Sebenarnya tujuan dari pengembangan teknologi tersebut tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk mendapat laba yang besar. Augmented reality dan juga virtual reality sanggup menjadi cara yang paling ampuh bagi perusahaan untuk mendapat iklan digital serta pembukaan toko virtual baru.

Dari sini sanggup disimpulkan bahwa minat masyarakat terhadap teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality kian hari kian meluas. Hal ini seiring dengan kebutuhan teknologi tersebut yang dirasa sanggup memperlihatkan manfaat lebih untuk kehidupan sehari-hari :)
Advertisement

Iklan Sidebar