Info Populer 2022

Wajib Dicoba! 8 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

Wajib Dicoba! 8 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda
Wajib Dicoba! 8 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda
- Tidak bisa dipungkiri bahwa daya ingat dan daya pikir kita akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Namun demikian, anda tidak perlu panik dulu. Anda bisa melaksanakan beberapa hal untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak anda. 

 Tidak bisa dipungkiri bahwa daya ingat dan daya pikir kita akan semakin berkurang seiring Wajib Dicoba! 8 Cara Meningkatkan Daya Ingat anda

Lalu, bagaimana cara meningkatkan daya ingat? Simak ulasan berikut ini.

8 Cara Meningkatkan Daya Ingat


Atur Pola Makan

Otak membutuhkan asupan makanan yang baik biar kemampuannya tetap terjaga. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi sanggup membuat kemampuan otak anda menurun. Oleh alasannya yaitu itu, kurangilah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dan perbanyaklah makan makanan yang sehat ibarat sayuran hijau, minyak ikan, dan kedelai, yang terbukti bisa meningkatkan fungsi otak.

Berolahraga

Salah satu cara meningkatkan daya ingat yaitu dengan rajin berolahraga. Olahraga teratur akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Ini artinya suplai darah ke otak akan lebih elok dibandingkan dengan seseorang yang tidak berolahraga sama sekali. Dengan adanya suplai darah yang lancar ke otak, jaringan-jaringan saraf akan mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Tidur yang Cukup

Untuk menjaga kemampuan otak, kita membutuhkan tidur yang berkualitas dan cukup. Saat tidur, ingatan seseorang akan mengumpulkan kembali hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu. Selain itu, istirahat yang cukup juga akan membuat badan terlihat lebih bugar sehingga bisa mengurangi dan menghindari stres.


Mengatur Kegiatan Sehari-hari

Yang dimaksudkan di sini yaitu dengan membuat acara Anda menjadi lebih terorganisir setiap harinya. Misalnya bisa Anda mulai dari hal-hal kecil ibarat menaruh barang di tempatnya, menuliskan jadwal harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Mengatur jadwal harian juga akan membuat otak lebih fokus sehingga daya ingat tetap terjaga.

Bermain

Jika fisik kita perlu olahraga, maka otak kita juga butuh olahraga. Dan, untuk melatih kemampuan otak ini bisa dilakukan dengan cara bermain. Bagaimana caranya? Lakukan beberapa permainan yang bisa melatih fungsi otak termasuk daya ingat ibarat mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, rajin membaca, bermain catur, dan permainan seni administrasi lainnya.

Bersosialisasi

Tahukah Anda bahwa berkumpul dan bercengkerama dengan teman, sahabat, dan orang-orang tercinta yaitu salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat yang sangat efektif? Ya, berkumpul dengan orang terdekat bisa meredakan stres dan mencegah depresi sehingga mencegah menurunnya daya ingat dan kemampuan otak.

Mandiri

Jika Anda bisa mengurus keperluan Anda sendiri, maka lakukanlah. Mengurus diri sendiri akan membuat otak Anda tetap bekerja untuk mengingat hal-hal yang memang Anda butuhkan.

Menulis

Studi menemukan bahwa menulis sanggup membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu. Anda bisa menuliskan apapun dalam kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya, bila Anda khawatir lupa perihal sesuatu hal yang penting maka tulislah di buku harian atau selembar kertas. Aktivitas menulis membuat fatwa oksigen ke area otak sehingga daya ingat pun akan meningkat.

Jadi, kini Anda sudah tahu ‘kan bagaimana cara meningkatkan daya ingat Anda? Semoga apa yang Kang Arif bahas diatas tadi sanggup bermanfaat bagi kita semua & Selamat mencoba :)
Advertisement

Iklan Sidebar