Info Populer 2022

Tips Untuk Mahasiswa Baru Agar Tidak Kena Omel Senior Saat Ospek Kuliah

Tips Untuk Mahasiswa Baru Agar Tidak Kena Omel Senior Saat Ospek Kuliah
Tips Untuk Mahasiswa Baru Agar Tidak Kena Omel Senior Saat Ospek Kuliah
Tips Untuk Mahasiswa Baru Saat Menghadapi Ospek Kuliah - Kegiatan Ospek memang selalu ada disetiap sekolah ataupun kuliah. Dimana kita akan diperkenalkan dikehidupan baru kita. Namun, ospek kuliah tentu berbeda dengan ospek SMA. Apa bedanya? Jika saya kasih tau sekarang gak seru dong hahaha.




Baca juga : 9 Langkah Jitu Agar Lolos Seleksi di PTN dan Universitas Favorite

Tujuan dari ospek sendiri sudah jelas yaitu untuk beradaptasi dengan kehidupan baru kita, bagaimana keadaan ketika di kampus tentu berbeda dengan disekolah.

Namun ketika ospek berlangsung ada saja mahasiswa baru yang akan kena marah, entah karena dia memang salah atau ada hal lain. Nah dibawah ini ada beberapa tips nih supaya kamu gak kena marah saat ospek kuliah berlangsung.

1. Jangan Banyak Tingkah
sumber gambar pulsk.com

Yang pertama coba sebisa mungkin kamu bersikap santai, tidak grusa grusu apalagi bercanda kesana kemari dan tertawa (lirik Akad). Senior tidak suka dengan mahasiswa baru yang banyak tingkah, siap siap aja kena marah kalo kamu banyak tingkah.

Banyak tingkah kaya gimana si? contohnya kamu gak mau diem, banyak omong, sering becanda, dsb. Hal tersebut akan memancing senior untuk memarahimu. Untuk itu bersikap santai, cool, dan jangan terlalu agresif.

Baca juga : Apa Saja Yang Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika


2. Ikuti Aturan Yang Ada!

sumber gambar blogpen123.blogspot.com

Kayanya kalo kita ngelanggar aturan pasti akan kena sanksi yaa, begitupun saat ospek kuliah berlangsung. Ospek kuliah juga memiliki aturannya masing-masing, dan sudah kewajiban kamu untuk menaati peraturan tersebut.

Ketika kamu melanggar aturan yang berlaku, siap siap ajaa kena sanksi sama kakak tingkat hahaha. Contoh aturannya adalah datang tepat waktu, berpakaian sesuai aturan, membawa peralatan sesuai peraturan, dsb.


3. Jangan So Akrab Dengan Kakak Tingkat (Senior)

sumber gambar genmuda.com

Yang satu ini menurut saya bisa bikin kakak tingkat rada ilfeel sama kita deh. Bayangin aja kalo ada orang yang gak kamu kenal tiba-tiba SKSD sama kamu, pasti kamu dalem hati "ih apaan si ni orang" Begitupun sama dengan senior saat Ospek kuliah.

Mungkin kamu menganggap saat kita so akrab dengan senior, maka kita akan terhindar dari hukuman-hukuman saat ospek, dan itu salah besar. Justru kamu akan dicap sebagai mahasiswa yang so akrab dan kakak tingkat akan ilfeel sama lo wkwk.


4. Melawan Saat Salah

sumber gambar inovasee.com

Nah yang satu ini sangat tidak pantas sih menurut saya. Ketika kamu salah dan diberi sanksi, tetapi kamu malah melawan dan menghindar. Siap siap aja kamu bakal dapet sanksi tambahan. Jika kamu memang melakukan kesalahan alangkah baiknya bertanggung jawab dengan kesalahan kamu, kecuali jika kamu benar tapi kamu disalahkan nah boleh deh kamu memberi argumen, bukan melawan yaa.

Banyak sekali mahasiswa baru yang membawa kebiasaannya dari SMA, ketika salah justru tidak mau diberi sanksi. Tolong buang jauh-jauh kebiasaan yang ada di SMA, karena diperkuliahan sangatttt jauh berbeda.

Mungkin itu saja tips dari saya untuk menghindari omelan dari senior saat ospek. Apakah kamu punya tips lain? boleh dong komen dibawah. Dan buat kamu yang akan menghadapi masa ospek kuliah. Semangat, dan ikuti prosesnya sampai selesai. Karena itu bisa menjadi pengalaman buat kamu.

Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga bermanfaat yaaa. Jangan lupa baca artikel saya yang lain.
Advertisement

Iklan Sidebar