Info Populer 2022

Cara membuka Windows Services Manager

Cara membuka Windows Services Manager
Cara membuka Windows Services Manager
Kadang-kadang Anda mungkin perlu membuka dan mengelola Windows Services Anda. Anda mungkin ingin menghentikan beberapa layanan, memulai, menonaktifkan layanan, menunda memulai atau melanjutkan atau menghentikan Windows Services. Pada saat itu, Services Manager, yang merupakan alat bawaan pada sistem operasi Windows, akan membantu Anda. Posting ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuka Windows Services Anda, menggunakan Services Manager serta Command Prompt.

Windows Services adalah aplikasi yang biasanya dimulai ketika komputer di-boot dan berjalan dengan tenang di latar belakang hingga dimatikan. Sebenarnya, layanan tersebut adalah aplikasi Windows yang diimplementasikan dengan services API dan menangani tugas tingkat rendah yang memerlukan sedikit atau tanpa interaksi pengguna.

Cara membuka Windows Services Manager

Untuk membuka Windows Services, Jalankan services.msc untuk membuka Services Manager. Di sini Anda akan dapat start, stop, disable, delay Windows Services.

Mari kita lihat bagaimana melakukan ini dengan sedikit lebih detail.

Klik kanan pada tombol Start Anda untuk membuka Menu WinX. Pilih Run. Ini membuka kotak Run. Sekarang ketik services.msc di dalamnya dan tekan Enter untuk membuka Services Manager.

kadang Anda mungkin perlu membuka dan mengelola Windows Services Anda Cara membuka Windows Services Manager

Di sini di bawah kolom Nama, Anda akan melihat daftar Layanan yang berjalan di sistem Anda, bersama dengan deskripsinya. Anda juga akan dapat melihat Status mereka - apakah mereka berjalan atau berhenti, bersama dengan jenis Startup.

Windows Services startup

Windows 10 menawarkan empat jenis start-up:
  1. Automatic
  2. Automatic (Delayed Start)
  3. Manual
  4. Disabled.
Start, stop, disable Windows Services
Untuk start, stop, pause, resume atau restart kembali Windows Service apa pun, pilih Service dan klik kanan di atasnya. Anda akan ditawari opsi ini.

Jika Anda ingin mengelola lebih banyak opsi, klik dua kali Service untuk membuka kotak Properties.

kadang Anda mungkin perlu membuka dan mengelola Windows Services Anda Cara membuka Windows Services Manager

Di sini di bawah menu Startup type, Anda akan dapat memilih jenis startup untuk Layanan.
Di bawah Service status, Anda akan melihat tombol untuk Start, Stop, Pause, Resume the Service.
Di kotak Properties, Anda juga akan melihat tab lain seperti Log On, Recovery & Dependencies, yang menawarkan opsi dan informasi tambahan.
Setelah Anda membuat perubahan, Anda harus mengklik Apply dan nyalakan kembali komputer Anda, agar perubahan tersebut berlaku.

Cara membuka Windows Services Manager menggunakan Command Line

Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk start, stop, pause, resume service. Untuk menggunakannya, dari Menu WinX, buka Command Prompt (Admin) dan jalankan salah satu dari perintah berikut:

Untuk start service:
net startservice

Untuk stop service:
net startservice

Untuk pause service:
net pauseservice

Untuk resume service:
net continueservice

Untuk disable service:
sc config "Name Of Service" start= disabled

Anda disarankan untuk tidak mengubah pengaturan default kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan, karena ini dapat menyebabkan beberapa bagian dari sistem operasi Anda berhenti bekerja. Ketika Anda stop, start, atau restart kembali suatu service.
Advertisement

Iklan Sidebar