Info Populer 2022

Pengertian Search Engine, Manfaat dan cara kerjanya

Pengertian Search Engine, Manfaat dan cara kerjanya
Pengertian Search Engine, Manfaat dan cara kerjanya

Apa Itu Search Engine ??

Search Engine adalah mesin pencari yang paling banyak  digunakan di dunia maya. Sekian ratus juta kueri yang dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan.


Search Engine adalah mesin pencari yang paling banyak Pengertian Search Engine, Manfaat dan cara kerjanya




Urutan hasil pencarian Goggle sebagai didasarkan pada peringkat prioritas bernama ( PageRank ).

Tujuan Search Engine

Search Engine bertujuan untuk mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web dalam format HTML, PDF maupun etc. Google Search menyediakan sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata yaitu sinonim, cuaca, zona waktu, peta, gempa, jadwal bioskop dan yang lainnya.


Contoh Search Engine

Beberapa contoh Search Engine yang umum diketahui adalah Google, Yahoo, Duckduckgo, Bing, Baidu, Ask.com, dan yang lainnya. Search Engine pada umumnya dapat diakses dengan menggunakan web browser seperti Google, Mozilla, Opera mini, ataupun Internat Exploper.

Pada bulan Juni 2011 Google telah meluncurkan Google Voice Search dan  Search by Image yang memungkinkan penggunanya untuk mencari sesuatu dengan perintah suara dan  gambar. Kemudian pada bulan Mei 2012, Google memperkenalkan sebuah fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk kawasan Amerika Serikat.



Baca Juga : 


Manfaat Search Engine.

Search Engine merupakan sebuah sumber informasi yang sangat luas, terbesar dan terlengkap yang bisa kita akses untuk saat ini. Dengan adanya Search Engine kita dapat mendapatkan banayak sekali informasi dan data-data yang kita perlukan, baik untuk belajar, bekerja, berbisnis, hiburan maupun yang lainnya, Manfaat Search Engine antara lain sebagai berikut :


  1. Anda bisa dengan mudah mencari informasi
  2. Tempat Penjualan barang yang praktis.
  3. Anda ingin mencari alamat suatu tempat, tinggal ketik alamatnya di Google. Atau langsung saja buka Google Maps. Google akan memberikan arahan jalan yang harus anda tempuh.
  4. Mudahnya mendapatkan Dokumen atau artikel yang di cari.
  5. Mudahnya mencari File dalam bentuk yang spesifik

Cara Kerja Google & Search Engine

Ketika anda mencari sesuatu di Google search box, beberapa hal ini adalah yang harus dilakukan Google untuk menemukan informasi yang anda perlukan.
1. Crawling
Google selalu ingin memberikan hasil yang terbaik untuk penggunanya. Oleh karena itu Google menjelajahi trilliunan halaman dan dokumen yang ada pada world wide web. Mulai dari mana? Google selalu memulai penelusuran data-data dari website yang paling terpercaya dan berkualitas tinggi.

Biasanya website yang paling dipercaya dan dianggap berkualitas adalah website-website milik pemerintah seperti www.indonesia.go.id, www.bi.go.id dan https://id.usembassy.gov. Atau website-website yang terkenal sekarang seperti www.youtube.com dan https://id.techinasia.com/. Tentunya masih banyak lagi website yang dianggap berkualitas dan terpercaya oleh Google.


Dari website-website yang terpercaya, Google akan menemukan link-link ke website lain. Dari website-website ini ke beberapa yang lain lagi. Sehingga bentuknya menjadi seperti jaring laba-laba yang bercabang kemana-mana. Oleh karena itu disebut world wide web.

Yang menelusuri website-website untuk mencari dokumen dinamakan spider atau crawler.program atau script yang dibuat untuk menelusuri dan mencatat isi dari jutaan website yang dikunjungi untuk ditampilkan nanti. Nama lainnya adalah web bot, web crawler, web robot, dll.

Google bot / spider menjelajahi world wide web dengan menelusuri semua link dalam satu website ke page lain atau ke website lain dan datanya dimasukkan ke dalam index.Google tidak melakukan crawling hanya saat ada user yang mencari informasi namun Google melakukan crawling secara berkala.


2. Indexing

Dokumen dan halaman yang telah ditelusuri pada proses crawling akan dimasukkan ke dalam list database milik google. Dokumen yang relevan akan dipilih dari database tersebut. Dari database inilah Google mencari informasi yang anda inginkan. 

Setiap ada orang mencari sesuatu di Google, hanya data dari website yang ada di index Google-lah yang akan ditampilkan sebagai search result nanti. Tapi ternyata ada ratusan ribu, bahkan hingga jutaan dokumen & data yang dapat dibilang relevan dalam index ini. 


3. Ranking

Dari jutaan halaman dan dokumen yang relevan, Google akan memberi nilai kepada masing-masing data untuk menentukan yang mana yang paling relevan dan dianggap terpercaya dan sesuai dengan apa yang anda cari. Ranking inilah yang menentukan website mana yang akan muncul di page 1, page 2 dan seterusnya. 

Ranking juga menentukan pada page 1, website mana yang akan berada di posisi 1, 2 dan seterusnya.

Berada di page 1 dan posisi 1 adalah kemauan setiap pemilik website. Kenapa? karena berdasarkan sebuah studi, berada di posisi 1 Google berarti anda akan mendapatkan rata-rata 32.5% dari total pengunjung pada page 1, sedangkan posisi 2 hanya 17.6% pengunjung. 

Kesimpulannya, makin tinggi peringkat anda di Google makin banyak orang yang berkunjung ke website anda. Kalau anda adalah sebuah bisnis, maka ini adalah sesuatu yang menguntungkan.


4. Delivering Result

Kemudian Google memberikan anda hasil yang dianggap terbaik dan paling relevan kepada orang yang mencari informasi tersebut.

Advertisement

Iklan Sidebar