Info Populer 2022

Mengapa Pemain Bola Sering Mengunyah Permen Karet Saat Bertanding? Ternyata ini Alasannya

Mengapa Pemain Bola Sering Mengunyah Permen Karet Saat Bertanding? Ternyata ini Alasannya
Mengapa Pemain Bola Sering Mengunyah Permen Karet Saat Bertanding? Ternyata ini Alasannya
Mengapa Pemain Bola Mengunyah Permen Karet Saat Bertanding? - Salah satu olahraga yang paling banyak diminati oleh manusia adalah sepak bola. Bukan hanya disukai oleh laki-laki, sepak bola juga banyak disukai oleh perempuan.

Mengapa Pemain Bola Mengunyah Permen Karet Saat Bertanding Mengapa Pemain Bola Sering Mengunyah Permen Karet Saat Bertanding? Ternyata ini Alasannya

Tapi dalam sepak bola ada sebuah hal yang menarik perhatian kita semua, yaitu kebanyakan pemain sepak bola mengunyah permen karet saat bertanding. Tujuannya untuk apa? Apa mereka tidak takut permennya tertelan? Mari kita kupas tuntas jawabannya.

Sedikit cerita..

Saya adalah salah satu orang yang menyukai sepak bola. Saya juga ikut club sepak bola di daerah saya. Pada saat itu ada sebuah pertandingan persahabatan club saya dengan club lain. Dan sebelum bertanding, pelatih saya memberikan sebuah permen karet kepada masing-masing pemain.

Karena dulu usia saya belum begitu dewasa, ya kira-kira seumuran anak SMP, jadi saya kurang kritis terhadap sesuatu. Saya tidak menanyakan kepada pelatih, kenapa kita harus sambil mengunyah permen karet saat bertanding.

Baca juga: 6 Pemain Shopee Liga 1 2019 yang Pernah Bermain di Liga Champions Eropa

Hingga akhirnya saya mulai beranjak dewasa, saya mulai penasaran dengan hal itu. Banyak teman saya berkata bahwa mengunyah permen karet saat bertanding berguna untuk stamina kita. Katanya kita tidak akan merasa cape saat bertanding jika sambil mengunyah permen karet.

Mendengar jawaban teman saya, saya jadi sedikit bingung. Apa hubungannya permen karet dengan stamina? Karena jaman sekarang teknologi sudah canggih, saya berinisiatif bertanya kepada teman saya yang satu lagi, yaitu Google.

Dan setelah mencari tahu di google, saya menemukan beberapa alasan dan fakta menarik seputar permen karet. Berikut akan saya jelaskan, kenapa pemain sepak bola sering mengunyah permen karet saat bertanding.


Alasan pemain sepak bola mengunyah permen karet saat bertanding


Sepertinya mengunyah permen karet saat bertanding bukan hanya dilakukan oleh pemain sepak bola deh, beberapa atlet olahraga lain pun terkadang melakukan hal seperti itu. Dan berikut adalah alasan mengunyah permen karet saat berolahraga:


Meminimalisir Kelelahan

Ternyata jawaban teman saya dulu ada benarnya juga. Tidak diketahui secara pasti apakah permen karet benar-benar bisa membuat stamina lebih kuat saat berolahraga atau tidak, yang pasti pemain sepak bola mempercayai itu.

Katanya sih permen karet bisa menenangkan pikiran sehingga membuat kita bisa lebih konsentrasi pada pertandingan. Hal itu bisa saja benar dan bisa juga salah. Jika kamu seorang yang sering berolahraga, silahkan melakukan perbandingan.

Baca juga: Apa Bedanya MRT, LRT, dan KRL? Berikut Penjelasannya

Pertama, silahkan kamu berolahraga seperti biasa, entah itu sepak bola, bulu tangkis, voli, futsal, dan apapun itu yang kamu sukai. Dengan catatan, kamu tidak sambil mengunyah permen karet. Lalu pada hari berikutnya lakukan kegiatan yang sama, tapi kamu sambil mengunyah permen karet.

Bagaimana hasilnya? Apakah kamu merasa ada perbedaan ketika tidak sambil mengunyah permen karet dan sambil mengunyah permen karet? Apakah benar ketika sambil mengunyah permen karet stamina menjadi lebih kuat?

Let's try!



Meningkatkan Konsentrasi

Saat pertandingan olahraga apapun, konsentrasi tentunya sangat diperlukan. Apalagi ketika kita melawan rival abadi atau musuh bebuyutan, pasti kita akan ekstra konsentrasi. Dan katanya permen karet bisa meningkatkan konsentrasi kita loh.

Karena dengan mengunyah permen karet, kita jadi lebih tenang dan santai, sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi pada pertandingan itu. Belum bisa dipastikan juga apakah hal itu benar atau tidak, tapi kebanyakan orang sih mempercayai itu.

Kamu suka main ML? Baca nih: 3 Kejadian Mengerikan Akibat Kecanduan ML (Mobile Legends)

Tapi saya cenderung tidak percaya, karena pernah dulu ketika itu saya ada pertandingan futsal dan saya bertanding sambil mengunyah permen karet saat itu. Tapi nyatanya konsentrasi saya tetap buyar, karena ada doi menonton hahahaha

Ketika doi nonton kita dipinggir lapangan, bukannya percaya diri, justru konsentrasi kita buyar. Karena dikit-dikit kita melirik kearah dia dan terpesona karena kecantikannya. Hasilnya kita tidak bisa focus pada pertandingannya. Duh wkwk..

Maaf ya jadi curhat..



Bahaya mengunyah permen karet saat berolahraga


Jangan dikira mengunyah permen karet hanya memberikan manfaat positif saja, ternyata ada bahayanya juga loh gais. Yang namanya makan atau minum sambil berjalan saja tidak baik, apalagi ini sambil berlari ya hahaha

Gini gini..

Ada kejadian mengerikan pada pertandingan sepak bola divisi dua Liga Brazil, yang mempertemukan antara Vasco versus Brasiliense. Pada pertandingan itu, ada salah satu pemain Vasco bernama Aloisio yang mengunyah permen karet.

Saat pertandingan memasuki babak kedua, Aloisio mengalami benturan keras dengan pemain lawan, yang membuat dia kolaps dan sempat tidak sadarkan diri. Akhirnya dia dibawa ke Rumah Sakit oleh dokter tim.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dikatakan bahwa Aloisio mengalami cedera serius pada kepalanya. Dan permen karet yang ia kunyah saat pertandingan itu sempat tertelan, sehingga membuat pernafasannya terganggu. Dan bisa saja Aloisio kehilangan nyawanya pada saat itu karena mengalami gangguan pernafasan.

Aloisio mengatakan bahwa dia tidak begitu ingat apa yang terjadi pada tragedi mengerikan itu. Dan setelah mengalami kejadian buruk itu, akhirnya dia menghilangkan kebiasaannya mengunyah permen karet saat bertanding.


Lalu gimana biar stamina kuat saat berolahraga selain dengan mengunyah permen karet?


Makanan yang bisa menambah stamina saat berolahraga

Jika kamu ragu dengan mengunyah permen karet saat bertanding karena takut seperti kejadian Aloisio, tenang karena ada beberapa makanan yang bisa menambah energi kamu. Sehingga membuat stamina kamu bertambah saat berolahraga. berikut ini adalah makanan yang bisa menambah energi:


1. Buah Pisang

Siapa sangka buah pisang yang sering kita abaikan ternyata sangat berguna untuk menambah stamina kita saat berolahraga. Banyak yang mempercayai jika memakan buah pisang sebelum bertanding bisa meningkatkan stamina.

Hal itu karena pada buah pisang terdapat karbohidrat yang cukup banyak. Sehinga nantinya karbohidrat tersebut bisa menjadi sumber energi kita saat berolahraga. Nah besok-besok kalo mau tanding, bawa pisang satu yak wkwk.



2. Bayam

Tidak bisa dipungkiri bahwa bayam itu bisa membuat kita menjadi lebih kuat. Hal itu bisa kita lihat pada kartun Popeye. Tau kan kartun Popeye? Seorang yang menjadi kuat jika memakan bayam. Ternyata hal tersebut juga bisa terjadi di dunia nyata.

Ketika kita makan bayam, maka energi kita akan semakin bertambah. Hal itu karena bayam juga mengandung karbohidrat yang banyak, sehingga nantinya bisa menjadi sumber energi saat berolahraga.



3. Teh Hijau

Hampir sama seperti buah pisang dan bayam, teh hijau juga bisa membuat stamina kita menjadi kuat saat berolahraga. Walaupun rasanya sedikit pait hihihi tapi sangat berguna untuk menambah energi kita.



Cara mengatur nafas yang baik dan benar saat berolahraga


Selain dari makanan, cara agar stamina kuat saat berolahraga juga bisa dari cara kita mengatur nafas. Karena pernafasan adalah modal utama fisik seseorang, jika kita pintar mengatur nafas maka stamina yang keluar saat berolahraga pun tidak akan begitu banyak

Cara mengatur nafas yang baik dan benar adalah dengan menarik nafas dari hidung dan buang lewat hidung juga. Cara ini tentu harus dilatih terlebih dahulu, dengan cara ambil nafas dari hidung lalu buang lewat hidung. Bisa juga dengan ambil nafas dari hidung buang lewat mulut.

Jangan pernah mengambil nafas dari mulut dan buang lewat mulut (Hyperventilation). Karena hal itu bisa membuat kita pusing, bahkan yang paling parah bisa membuat kita pingsan.



PENUTUP

Sudah panjang sekali artikel ini dan harus saya tutup sampai disini. Silahkan share artikel ini ke grup olahraga kamu ya. Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga artikel ini bermanfaat buat saya, kamu, dan kita semua. Jangan lupa baca artikel menarik saya yang lain.

Good Luck!
- Infoterlengkap.com
Advertisement

Iklan Sidebar