Info Populer 2022

Mahasiswa Baru Wajib Baca! Inilah 9 Tips Agar Ospek Berjalan Lancar

Mahasiswa Baru Wajib Baca! Inilah 9 Tips Agar Ospek Berjalan Lancar
Mahasiswa Baru Wajib Baca! Inilah 9 Tips Agar Ospek Berjalan Lancar
Tips Untuk Maba Agar Ospek Lancar - Maba merupakan kependekan dari Mahasiswa Baru. Dimana orang-orang yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, pasti akan menjalani ospek atau masa pengenalan kampus.

Banyak orang yang memandang ospek sebagai kegiatan yang menyeramkan, padahal dari kegiatan itu kamu bisa mengambil banyak sekali manfaat dan ilmu dari kakak-kakak tingkat kamu. Mereka yang takut dengan kegiatan ospek beralasan takut jika nanti dimarahi senior.

Saya sudah membahas pada artikel sebelumnya tentang Cara Agar Tidak Kena Marah Senior Saat Ospek, Silahkan kamu baca artikel tersebut sebagai pengetahuan juga. Lalu apa saja tips sebelum menghadapi ospek? Berikut adalah beberapa tipsnya:


Tips Untuk Mahasiswa Baru Agar Ospek Berjalan Lancar

1. Jangan terlambat!

Ini sih sudah jelas ya, jangan sampai kamu terlambat ketika mengikuti ospek, karena itu akan menjadi sebuah malapetaka untuk kamu sendiri nantinya. Jika dikampusmu diharuskan datang jam 5, ya sebelum jam 5 kamu sudah dikampus. Taati peraturan yang ada ya.

Dengan menaati peraturan yang ada, maka ospek kamu pasti akan berjalan dengan lancar. Apalagi jika jarak kamu ke kampus cukup jauh, sebaiknya perhitungkan waktu perjalanan supaya ontime sampai di kampus.


2. Tidak terlalu aktif dan tidak terlalu pendiam

Ketika kamu menjalani ospek, sebaiknya jangan terlalu aktif dan jangan juga terlalu pendiam karena kakak tingkat tidak suka mahasiswa baru yang seperti itu. Jika kamu terlalu aktif, maka kamu bisa dicap sebagai mahasiswa yang cari perhatian. Tapi jika kamu pendiam juga, kamu bisa dicap sebagai mahasiswa yang sombong.

Cukup normal saja, seimbangkan antara aktif dan diam. Ada saatnya kamu aktif dan ada saatnya juga kamu diam. Silahkan kamu seimbangkan keduanya.


3. Ramah kepada senior

Bagaimana rasanya jika kamu bertemu dengan orang yang songong? Tentu jengkel dan kesal bukan? Begitulah perasaan senior jika bertemu maba yang songong. Untuk itu sebaiknya kamu ramah kepada seniormu.

Tapi sebenarnya sikap ramah harus kita tunjukkan kepada siapapun, bukan hanya senior, tapi juga dosen, teman, dan lainnya. Pokoknya jangan sampai kamu bersikap songong, karena bisa jadi kamu akan berhadapan dengan senior-senior galak!


4. Jadilah mahasiswa yang update

Sebelum kamu menjalani ospek, alangkah baiknya kamu cari tahu informasi tentang kampusmu, entah itu yang berhubungan dengan akademik maupun tidak. Dengan begitu kamu sudah siap ketika sewaktu-waktu ditanya oleh senior.

Jangan sampai kamu tidak membaca informasi tentang kampusmu sama sekali. Lagipula tidak begitu susah untuk mencari informasi kampusmu, sudah ada Google sekarang. Kamu bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya disana.

Baca juga: Inilah Fakultas yang Ada di UNSIKA Beserta Akreditasi Tiap Program Studi Tahun 2019


5. Akrab dengan teman baru

Saat ospek tentunya kamu akan bertemu dengan orang-orang baru, dan mereka adalah calon temanmu. Bersikaplah ramah seperti yang tadi sudah saya bilang, supaya kamu cepat akrab dengan teman baru.

Selain itu juga, akrab dengan teman baru akan membuat kita semakin kompak. Ospek terkadang melatih kekompakan didalamnya, untuk itu jangan malu untuk berkenalan dengan orang baru.


6. Fokus saat kegiatan ospek

Penting sekali kamu fokus saat kegiatan ospek berlangsung. Karena saat ospek kamu akan mendapat banyak sekali materi dan ilmu, oleh karena itu fokus kamu harus dijaga. Jangan sampai kamu lalai, seperti tidak memperhatikan orang yang sedang berbicara didepan. Jika seperti itu, siap-siap saja..

Dengarkan dan fokus apa yang dikatakan kakak senior kamu, simak baik-baik barang apa saja yang harus dibawa. Karena jika sampai kamu lupa tidak membawa salah satu benda yang diperintahkan, maka kamu harus siap menerima sanksinya.


7. Kerjakan tugas dengan baik

Saat ospek biasanya kamu juga akan diberikan tugas, tergantung dari kakak seniormu. Kerjakan tugas tersebut sebaik mungkin. Dan bangun komunikasi juga dengan temanmu, karena tugas bukan hanya untuk individu, tetapi ada juga yang berkelompok.

Jangan mengerjakan tugas dengan asal-asalan! Selain hasilnya tidak akan maksimal, kamu juga akan kena marah senior. Wajar senior marah jika tugas yang kamu kerjakan tidak maksimal, apalagi jika tidak dikerjakan, hmmm siap-siap saja.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Terbaik IPA dan IPS yang Katanya Bisa Meluluhkan Hati Mertua


8. Jaga kesehatanmu

Kegiatan ospek akan menguras habis tenagamu, untuk itu jaga kesehatanmu supaya kondisi tubuhmu tetap fit. Ospek tidak hanya duduk dan mendengarkan seniormu berbicara, tetapi lebih dari itu. Jauh-jauh hari sebelum ospek, atur pola makanmu dan sedikit berolahraga ringan.


9. Berdo'a

Setelah kita berusaha, silahkan barengi dengan berdo'a supaya acara ospek ini berjalan lancar dan kamu bisa mendapat ilmu yang bermanfaat. Salim dan pamit kepada orang tuamu, minta doa darinya untuk kelancaran kegiatan tersebut.

 Maba merupakan kependekan dari Mahasiswa Baru Mahasiswa Baru Wajib Baca! Inilah 9 Tips Agar Ospek Berjalan Lancar



Penutup


Itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan saat ospek. Silahkan ikuti kegiatan ospek dengan baik, jangan takut, percaya deh jika kamu menaati peraturan, mengerjakan semua tugas dengan baik, maka kegiatan ospekmu akan baik-baik saja.

Terima kasih sudah mampir di blog saya, semoga bermanfaat yaa. Jangan lupa baca artikel menarik saya yang lain.

Good Luck!
- Infoterlengkap.com
Advertisement

Iklan Sidebar