Info Populer 2022

Kesalahan Pengguna Laptop dan Cara Mencegahnya (Software)

Kesalahan Pengguna Laptop dan Cara Mencegahnya (Software)
Kesalahan Pengguna Laptop dan Cara Mencegahnya (Software)
Hai gan. Kali ini saya akan menshare sedikit ilmu yang mungkin bisa bermanfaat bagi agan-agan (pembaca). Mimin akan menjelaskan cara merawat laptop agan dengan baik dan menjelaskan apa saja kesalahan/kekeliruan/keteledoran yang sering dilakukan pengguna laptop. Tidak lupa, saya juga akan menjelaskan cara mengatasinya.

 Kali ini saya akan menshare sedikit ilmu yang mungkin bisa bermanfaat bagi agan Kesalahan Pengguna Laptop dan Cara Mencegahnya (Software)

Berikut Penjelasan Kesalahan pengguna laptop dan cara mencegahnya (Software) :

1. Virus

Ya, yang pertama adalah masalah virus. Banyak dari kita yang terheran, kenapa laptop (saya) kena virus, padahal laptop saya memiliki 2 antivirus ataupun lebih? Kesalahanya adalah :

a. Jangan menginstal antivirus lebih dari satu, 

karena dapat menyebabkan bentrok ketika process scanning dan memberatkan sistem sehingga sering terjadi LAG. (Baca di google untuk lengkapnya), Itu adalah kesalahan yang sanga FATAL, kecuali kita menginstal antivirus tambahan (Addon) yang compatible dengan Antivirus kita seperti Smadav atau Iobit malware fighter. Dan yang harus anda tau, Antivirus sangat rakus RAM & Process. Sebaiknya instal AV Ringan seperti MSE/Windows Defender atau eset contohnya

b. Jarang mengapdate Antivirus bahkan tidak pernah, 

itu kesalahan fatal yang kedua. Menurut guru saya disekolah pun, Antivirus yang bagus adalah antivirus yang terapdate (Database nya). Ketika update, AV menambahkan database virus terbaru sehingga komputer kita lebih kebal dari virus. Update lah database AV anda secara rutin minimal 3-7 hari sekali.

c. Mematikan Antivirus

Ini kesalahan sangat2 fatal karena ini adalah celah masuknya virus. Biasanya kita mematikan AV ketika Copy files/ Crack dari Flashdisk, itu adalah salah. Saya selalu melarang keras orang yang mematikan antivirus di laptop saya karena sama saja itu bunuh diri bukan? Jika memang files yang kita copykan bukan virus, anda bisa mendaftar putihkan file tersebut di Pengaturan AV.

d. Jarang scanning 

Sebaiknya anda lakukan scanning penuh laptop anda minimal seminggu sekali.

e. Menggunakan Aktivator 

Hati hati ketika menggunakan aktivator, sebaiknya anda lihat review nya dulu di internet. Jangan sampai anda terkecoh. Karena biasanya Aktivator menipu kita dengan menyisipkan malware di programnya. Contoh yang saya temui adalah aktivator Windows 8.1. Aplikasi  tersebut dengan hebatnya mengaktivasi windows 8 milik saya dengan satu klik. Tetapi setelah saya selidiki, ternyata aplikasi tersebut mengubah registry, svhost.exe(ukuran normal 6MB jadi 10 KB) dan aplikasi apalah saya lupa lagi yang menipu seakan2 windows kita permanent padahal TIDAK!
   
f. Jangan menginstal Aplikasi sembarangan
jika tidak tau seluk beluk aplikasi dan kegunaanya.

2. Perawatan

Ya, banyak dari kita yang mengeluhkan laptopnya yang lemot, lag dan sering crash. kesalahanya adalah :

a. Jarang membersihan junk, cache atau sampah lainya.

Instal lah aplikasi pembersih seperti Clean master atau CCleaner.

b. Jarang mendefrag Hard disk

Apa itu defrag? cari di google agar kalian tau lebih rinci.Tapi yang terpenting ini sangat penting, defraglah HDD kalian minimal 2 bukan sekali menggunakan Disk Defragment atau Smart Defrag tetapi jangan terlalu sering juga karena dapat memperpendek umur HDD

c. Membiarkan aplikasi tak berguna menumpuk

Hapuslah aplikasi yang jarang digunakan, hapus dengan program tambahan agar bersih sampai akarnya seperti dengan iobit uninstaler contohnya.

d. Tidak mematikan app startup yang tak perlu

Matikan aplikasi startup agar booting menjadi cepat, anda bisa mengetikan msconfig.exe di search lalu cari startup

e. Menginstal aplikasi diatas system requirement laptop kita

Jangan memaksakan laptop untuk bekerja diatas kemampuan karena memperpendek lifetime dan merusak komponent hardware.

f. Menginstal beberapa aplikasi yang fungsinya sama.

Sebaiknya, instal aplikasi seperlunya, contohnya browser. Saya hanya menggunakan 1 browser (ba*du browser) dan menghapus Internet Explore (Caranya silahkan searching)

g. Jarang update Sistem operasi ( seperti windows update)

Itu adalah kesalahan, karena dengan update, bug dan celah keamanan akan tertutup. dan mungkin menambah fitur di OS kita. Sebaiknya set Otomatis di pengaturan.

h. Driver kudet

Ini masalah klasik hehe, update lah driver anda dan usahakan sangat lengkap.Anda bisa mengunjungi situs web laptop anda atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti driver update dan lain-lain.
Advertisement

Iklan Sidebar