Info Populer 2022

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
 atau kembang sepatu yaitu flora bunga dengan ukuran besar Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan dan Kecantikan
Bunga sepatu atau kembang sepatu yaitu flora bunga dengan ukuran besar, warna kelopak merah hingga keungu-unguan dan tidak beraroma. Kembang sepatu berjulukan Latin Hibiscus rosa-sinensis yaitu flora semak yang kedatangannya diperkirakan para ilmuwan dari daerah tropis dan subtropis ibarat negara-negara Asia Timur.

Di beberapa daerah ibarat Malaysia, kembang sepatu diberi julukan bunga raya dan diklaim sebagai bunga nasional Malaysia sempurna tanggal 28 Juli 1980. Orang jawa pedalaman menamakan bunga sepatu dengan kembang worowari.

Di daerah tropis, flora bunga sepatu dilestarikan dengan menenam dalam pot lalu dijejerkan ke samping dalam sebuah rumah beling (agar terkena sinar matahari) hingga benar-benar menghasilkan bunga. Kalau di daerah subtropis berbunga semenjak awal animo panas hingga animo gugur.

Karena pesona keindahan fisik dari bunga kembang sepatu menciptakan flora ini lebih sering dijadikan flora hias. Jika Anda ingin menghias halaman rumah atau pintu masuk dengan bunga-bunga, beli saja bunga kembang sepatu di toko bunga terdekat.

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan


Di Indonesia potongan bunga dan daun dipakai sebagai obat tradisional. Bisa juga dijadikan teh dengan cara menyeduh kembang sepatu yang telah dijemur atau dikeringkan.

Beberapa penyakit yang obatnya bisa dibentuk sendiri dari flora kembang sepatu dan beberapa materi lain misalnya sebagai berikut.

Gondongan (gondok)

Bahan: 40 gram kembang sepatu yang masih muda dan terlihat segar.
Pembuatan: Cuci kembang sepatu hingga bersih, lalu rebus dalam air sebanyak 450 ml (3 gelas) hingga air tersisa 150 ml (1 gelas). Sebelum diminum, saring airnya dan tunggu agak dingin. Jika sudah, gres Anda minum obat ini sehari tiga kali dengan takaran yang sama.

Obat Keputihan

Bahan: 3 kuntum kembang sepatu yang segar.
Pembuatan: Bersihkan dengan air, lumatkan kembang sepatu dengan cara digiling atau ditumbuk. Masukkan dalam segelas air matang, lalu tuangkan cuka beras putih secukupnya. Aduk beberapa saat. Saring dan minum airnya tiga kali sehari masing-masing 1 gelas.

Obat Sariawan

Bahan: 30 gram kembang sepatu.
Pembuatan: Aliri dengan air higienis sambil digosok perlahan, lalu biarkan air tiris. Seduh dalam segelas air panas, diamkan selama 15 menit. Dinginkan, lalu saring dan air obat sariawan diminum sehari dengan takaran yang sama.

Batuk Berdahak dan Berlendir

Bahan: 2 kuntum bunga sepatu yang muda dan segar.
Pembuatan: Lumatkan dengan cara meremas memakai kedua atau satu tangan. Seduh dalam segelas gelas air panas, lalu tutup gelas tersebut. Saring dan diamkan semalaman. Keesokan harinya masukkan madu secukupnya dan minum ramuan tersebut pagi hari sebelum makan.

Selain berguna sebagai flora obat, bunga sepatu juga mempunyai beraneka ragam manfaat kesehatan dan kecantikan.

Kaya Antioksidan

Di potongan kelopak bunga sepatu terdapat antioksidan kuat yang bisa mengeluarkan racun dari tubuh serta menangkal radikal bebas. Untuk mendapat khasiat tersebut, Anda bisa menciptakan teh dari kelopak bunga sepatu yang sudah dikeringkan.

Meredakan Demam

Ketika sakit demam biasa, seharusnya Anda tidak perlu khawatir betul. Para dokter di Belanda menyarankan penderita demam untuk minum air putih yang cukup dan lebih baik minum teh herbal. Anda bisa menciptakan teh herbal dari kelopak bunga sepatu hingga demam mereda.

Manfaat Kembang Sepatu untuk Kecantikan


Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan dan pengobatan tradisional. Kembang sepatu juga bisa dipakai sebagai materi untuk perawatan kecantikan. Terutama untuk kulit wajah dan rambut.

Perawatan Kulit Wajah

Bunga sepatu juga berkontribusi dalam merawat kulit, sama kiprahnya dengan bunga mawar untuk melembabkan kulit. Cara termudahnya yaitu dengan menggosok kelopak bunga sepatu yang telah dibersihkan pada kulit wajah, leher, hingga tangan. Untuk kaki Anda bisa merendam kaki dalam air bunga sepatu.

Perawatan Rambut

Kembang sepatu kerap dipakai oleh nenek moyang kita sebagai herbal untuk perawatan rambut. Caranya, ambil 10-15 lembar daun kembang sepatu, lalu remas-remas hingga keluar lendirnya. Oleskan pada rambut ibarat memakai gel. Lakukan secara rutin maka Anda akan mendapat rambut yang hitam alami. Cara tersebut juga efektif untuk menghilangkan uban.

Manfaat bunga sepatu yang lainnya yaitu mengatasi tumit pecah-pecah, mengencangkan kulit, menghilangkan selulit, memberantas ketombe, mengurangi rasa cemas dan menurunkan berat badan.
Advertisement

Iklan Sidebar