Info Populer 2022

Obat Demam Tradisional Untuk Anak Dan Dewasa

Obat Demam Tradisional Untuk Anak Dan Dewasa
Obat Demam Tradisional Untuk Anak Dan Dewasa
 Demam atau meriang ialah suatu keadaan dimana suhu tubuh melebihi angka  Obat Demam Tradisional untuk Anak dan Dewasa
Demam atau meriang ialah suatu keadaan dimana suhu tubuh melebihi angka 37 derajat Celcius, dalam beberapa perkara (lebih sering orang dewasa) disertai hirau taacuh yang dikatakan dengan panas dingin. Demam atau meriang terjadi tanggapan sel antibodi tubuh (sel darah putih) sedang berperang melawan suatu virus penyakit yang hendak menyelinap masuk ke dalam tubuh.

Demam ialah penyakit biasa, bisa disembuhkan dengan obat dokter ataupun tradisional. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa banyak penyakit yang ditandai dengan tanda-tanda berupa demam atau meriang, menyerupai malaria, tifus, gangguan kesehatan organ jantung, liver, herpes, dan tuberkulosis (TBC). Kesemua penyakit tersebut digejalai oleh demam, untuk itu Anda juga patut mewaspadainya.

Penyakit ini sering terjadi saat isu terkini penghujan, banyak virus yang berkeliaran. Sasaran empuk dari gerombolan virus ini ialah anak-anak yang sistem imun nya masih rendah alias lemah, alasannya itu sang bunda harus peka terhadap kondisi kesehatan anak saat cuaca sedang tidak stabil.

Jumlah virus yang menyerang tubuh saat Anda tengah sakit demam berjumlah sekitar 200 virus, sungguh banyak. Tapi jumlah segitu tidak mempan melawan tubuh yang kuat, maksudnya pada orang yang sistem antibodinya kuat. Itulah mengapa tadi dikatakan bahwa demam akan menimpa tubuh seseorang yang lemah sistem kekebalan tubuhnya.

Obat Demam (Meriang)

Suhu tinggi yang berkepanjangan sanggup menciptakan anak-anak sawan atau kejang, bahkan pada beberapa perkara bisa lebih parah. Penanganan demam yang diberlakukan oleh dokter biasanya dengan menyarankan orang bau tanah menunjukkan obat antipiretik, menyerupai golongan acetaminopen.

Bagi orang dewasa, demam ringan bisa sembuh sendiri. Meskipun dikatakan demikian, proses pemulihan atau penurunan panas demam jauh lebih lambat apabila tidak dibackup dengan beberapa hal, menyerupai minum obat demam (meriang) tradisional berikut.

Air Kelapa Muda

Ketika panas demam, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Anda bisa menggantikan keringat yang keluar tadi dengan perbanyak minum air kelapa yang tinggi kalium.

Tanaman Meniran

Meniran (Phyllanthus niruri L.) ialah tumbuhan liar dengan daun bundar tergolong beragam dengan sirip genap yang mempunyai tinggi pohon mencapai 1 meter. Semua penggalan meniran sanggup dijadikan obat ataupun fungsi lain. Terdapat kandungan antioksidan menyerupai vitamin C, flavonoid, alkaloid, lignan, tanin, triterpenoid yang bermanfaat untuk menurunkan panas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara penggunaannya cukup simpel. Rebus segenggam meniran segar dalam panci berisi dua gelas air, tunggu mendidih dan saring saat air sudah tersisa satu gelas, Pisahkan menjadi tiga gelas kecil untuk diminum tiga kali sehari.

Bawang Merah

Konsumsi rempah dapur berlebihan ini terkadang menimbulkan bacin keringat tak sedap (bau badan). Dalam dunia pengobatan herbal, bawang merah sering dijadikan obat penurun panas.

Cara meramunya dengan mengupas kulit 5 biji bawang merah, lalu parut kasar. Celupkan pada minyak kelapa secukupnya, lalu balurkan bawang parut pada ubun - ubun dan seluruh permukaan kulit tubuh (diutamakan kening dan leher).

Sambiloto

Tanaman berjulukan Latin Andrographis paniculata ini mempunyai kandungan diterpene, glucosides, dan flavonoid yang bertindak sebagai anti oksidan dengan kemampuan menurunkan panas tubuh.

Cara pengolahannya dengan menyiapkan 10 gram daun sambiloto kering, basuh higienis lalu rebus bersama 25 gram umbi kunyit kering dalam 200 cc air. Tunggu mendidih sampai air tersisa setengahnya (100 cc), tambahkan 100 cc madu bunga kapuk atau mahoni, aduk rata. Pisahkan menjadi 3 bagian, minum 3 kali sehari.

Obat demam (meriang) yang ditulis tadi ialah hasil nukilan dari laman Kompas Kesehatan. Pada penggalan tamat berita terdapat takaran kondusif untuk anak semoga tidak menimbulkan efek samping. Berikut takaran yang direkomendasikan untuk anak-anak.
  • Bayi => 1/8 takaran dewasa
  • 2 - 5 tahun => 1/4 takaran dewasa
  • 6 - 9 tahun => 1/3 takaran dewasa
  • 10 - 13 tahun => 1/2 takaran dewasa
  • 14 - 16 tahun => 3/4 takaran dewasa

Untuk anak dibawah umur 2 tahun, sebaiknya diberi minum air putih saja yang sering saat mengalami demam. Jangan dibiasakan menunjukkan antibiotik untuk anak, alasannya hanya akan mengganggu sistem kekebalan tubuhnya. Semakin sering anak diberikan antibiotik, maka akan semakin sering sakit.

Baca juga artikel perihal cara meredakan demam dengan asam jawa dan juga artikel yang membahas gejala demam berdarah. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Iklan Sidebar