Info Populer 2022

Modal Perjuangan Membuka Bisnis

Modal Perjuangan Membuka Bisnis
Modal Perjuangan Membuka Bisnis
Apa itu Modal Usaha? Modal perjuangan yaitu sesuatu yang dipergunakan untuk mendirikan atau menjalankan suatu usaha/bisnis kecil maupun besar. Modal ini sanggup berupa uang dan tenaga (keahlian). Modal uang biasa digunakan untuk membiayai banyak sekali keperluan usaha, menyerupai biaya prainvestasi, pengurusan izin, biaya investasi untuk membeli aset, sampai modal kerja. Sedangkan modal keahlian yaitu kepiawaian seseorang dalam menjalankan suatu usaha. Besar atau tidaknya modal perjuangan tergantung jenis perjuangan yang akan dibangun. Bila perjuangan yang akan dimulai yaitu toko kelontong misalnya, maka modalnya akan lebih besar dari pada bila Anda membangun sebuah perjuangan jual beli pulsa.  Begitu juga modal perjuangan katering akan lebih mahal dibanding modal perjuangan menciptakan penerbitan yang ketika ini sanggup mengunakan digital. Bagi para pengusaha, hendaknya harus sanggup menggunakan / memanfaatkan modal dengan seoptimal mungkin, yang nantinya diharapkan akan sanggup menawarkan keuntungan yang lebih maksimal bagi perusahaan yang sedang di kelola. Selain modal sendiri, Modal perjuangan biasanya diperoleh melalui Kredit Modal Usaha Yang difasilitasi oleh lembaga-lembaga keuangan.

Berikut ini yaitu beberapa klarifikasi mengenai pengertian modal :
1. Menurut Prof. Bakker
pengertian modal yaitu : Modal diartikan baik berupa berupa barang-barang positif yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan perusahaan yang terdapat di neraca sebelah debit, maupun berupa berupa daya beli atau nilai tukar dari barang-barang itu yang tercatat di sebelah kredit.

2. Menurut Bambang Riyanto (1998 : 10) Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan :
“Modal yaitu hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya kemudian modal ditekankan pada nilai, daya beli atau kekuasaan menggunakan atau menggunakan yang terkandung dalam barang-barang modal”.

3. Menurut Lawrence J. Gitman (1997 : 482 )
Capital is a long term funds of the firm; all items on the right hand side of the firm balance sheet excluding current liabillities.
Modal yaitu dana jangka panjang dari suatu perusahaan; semua item pada sisi kanan neraca perusahaan tidak termasuk kewajiban lancar.

4. Menurut Drs. Moekijat ( 2000 : 63 ) dalam “ Kamus Manajemen”
“Ada banyak perumusan yang berlainan mengenai modal, biasanya modal dianggap terdiri dari uang tunai , kredit, hak menciptakan dan menjual sesuatu (paten), mesin-mesin dan gedung-gedung. Akan tetapi sering istilah tersebut dipergunakan untuk menyatakan hak milik total yang terdiri atas jumlah yang ditanam, surplus dan keuntungan-keuntungan yang tidak dibagi.”

5. Pengertian Modal Usaha berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Listyawan Ardi Nugraha (2011:9) modal perjuangan yaitu uang yang digunakan sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang sanggup dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan. Modal dalam pengertian ini sanggup di interpretasikan sebagai sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan-kegiatan bisnis. Banyak kalangan yang memandang bahwa modal uang bukanlah segala-galanya dalam sebuah bisnis.

6. Menurut Bambang Riyanto (1997:19) pengertian modal perjuangan sebagai ikhtisar neraca suatu perusahaan yang menggunakan modal konkrit dan modal abstrak. Modal konkrit dimaksudkan sebagai modal aktif sedangkan modal absurd dimaksudkan sebagai modal pasif.

Pembagian Modal Usaha, ada 2 yaitu:
1.      Modal aktif, modal didasarkan pada wujud/bentuknya yang terdiri atas:
  • a)   Aktiva lancar (modal kerja) : aktiva yang habis dalam 1xputaran proses produksi, jangka waktu < 1 tahun. Misal : uang kas, uang di bank, piutang.
  • b)   Aktiva tetap (modal investasi) : aktiva yang tahan lama, tidak habis, yang berangsur-angsur habis dalam proses produksi. Misal: tanah, gedung, pabrik.
  • c)  Aktiva immaterial : aktiva/harta yang tidak berwujud tetapi mempunyai nilai. Misal: reputasi, royalty, merk.

2.      Modal pasif, modal yang didasarkan pada sumbernya yang terdiri atas:
  • a)   Modal sendiri : berasal dari pemilik usaha/dana langsung (dana cadangan, keuntungan usaha, simpanan anggota).
  • b)    Modal abnormal (ekstern) : modal yang berasal dari luar perusahan sanggup berupa pinjaman ataupun investasi (kredit bank, obligasi).
Kredit yaitu suatu pertolongan prestasi oleh suatu pihak lain yang akan dikembalikan lagi disertai dengan suatu kontra prestasi berupa bunga.
 Modal perjuangan yaitu sesuatu yang dipergunakan untuk mendirikan atau menjalankan suatu usah Modal Usaha Membuka Bisnis

JENIS-JENIS MODAL ADA 3, ANTARA LAIN:
  • Modal investasi awal
Modal Investasi awal yaitu jenis modal yang harus dikeluarkan pada awal memulai usaha, dan biasanya digunakan untuk jangka panjang. Contoh modal perjuangan ini yaitu bangunan, peralatan menyerupai komputer, kendaraan, perabotan kantor dan barang-barang lain yang digunakan untuk jangka panjang.
  • Modal Kerja
Modal kerja yaitu modal yang harus dikeluarkan untuk membeli atau menciptakan barang dagangan Anda. Modal kerja ini sanggup dikeluarkan setiap bulan, atau setiap tiba order.
Sebagai contoh, bila perjuangan Anda perjuangan daerah makan, maka modal kerja yang Anda butuhkan yaitu modal untuk membeli materi makanan.


Kita sanggup menilai besarnya modal kerja yang dimiliki oleh suatu perusahaan dengan dua macam pengertian, yaitu :a. Modal kerja kotor (gross working capital)
Modal kerja kotor yaitu jumlah nilai aktiva lancar yang dimiliki perusahaan yaitu mencakup kas da surat berharga (investasi jangka pendek), piutang dan persediaan. Modal kerja berdasarkan pengertian dikelompokan lagi menjadi dua kategori yaitu: 
1) Modal kerja permanen
Modal kerja permanen yaitu modal kerja yang selalu ada sepanjang waktu, tanpa terpengaruh oleh perubahan animo penjualan dan kondisi usaha 
2) Modal kerja temporer
Modal kerja temporer yaitu perhiasan modal kerja yang diharapkan untuk mengatasi variasi penjualan di atas tingkat modal kerja permanen 
b. Modal kerja higienis (net working capital)
Modal kerja higienis yaitu selisih antara aktiva lancar dengan hutang lancar. Pada umumnya modal kerja higienis digunakan untuk meyakinkan kita bahwa perjuangan yang kita rintis mempunyai aktiva lancar yang cukup untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendeknya
  • Modal Operasional
Modal operasional yaitu modal yang harus Anda keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari bisnis Anda. Contohnya pembayaran honor pegawai, pulsa telepon bulanan, PLN, air, bahkan retribusi.

JENIS MODAL MENURUT WUJUD:
1. Modal konkret
Modal yang berupa barang-barang atau benda-benda yang wujudnya sanggup kita lihat yang digunakan dalam proses produksi, antara lain mesin, pabrik, gudang, serta materi baku.

2. Modal abstrak

Modal yang tidak sanggup kita lihat namun memberi manfaat bagi aktivitas produksi kita, antara lain hak pendirian dan hak cipta.
Advertisement

Iklan Sidebar