Info Populer 2022

Cara Mengatasi Problem Komputer Atau Laptop Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Problem Komputer Atau Laptop Tidak Ada Suara
Cara Mengatasi Problem Komputer Atau Laptop Tidak Ada Suara
Pada tips komputer kali akan membahas wacana cara mengatasi persoalan komputer atau laptop tidak ada suara, atau PC tidak bersuara. Salah satu persoalan yang seringkali terjadi sesaat menyalakan komputer atau laptop yakni tidak adanya suara, atau bunyi tiba-tiba hilang. Lalu, apa yang menyebabkan hal itu terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Banyak hal yang menyebabkan komputer atau laptop tidak sanggup mengeluarkan suara. Terkadang permasalahan ada pada hardware komputer dan laptop tersebut. Namun, tidak sedikit pula persoalan timbul tenggelamnya bunyi pada komputer/laptop ini disebabkan oleh persoalan pada software.
Pada tips komputer kali akan membahas wacana  Cara Mengatasi Masalah Komputer atau Laptop Tidak Ada Suara
Maka untuk mengatasinya harus mengidentifikasi persoalan terlebih dahulu. Mengecek satu persatu kerusakan atau penyebab sampai persoalan itu terjadi. Untuk memudahkan penyebabnya, Anda sanggup mengikuti beberapa langkah berikut ini dalam mengatasi permasalahan pada komputer atau laptop yang tidak sanggup mengeluarkan suara.

Solusi mengatasi komputer dan laptop tidak ada suaranya

Hal yang pertama perlu dilakukan ialah menyidik Sound Card pada komputer atau laptop Anda. Dengan cara klik kanan pada Start (ikon windows, di pojok kiri bawah) => Control panel => System and security => kemudian buka Device Manager pada sajian system. Buka sajian Sound, video dan game controllers. Hal tersebut untuk memastikan Sound Card sudah terinstal pada komputer atau laptop. Jika driver tersebut belum terinstal, maka akan ditandai dengan icon warning (tanda seru berwarna kuning) pada driver tersebut.

Baca juga: 6 Penyebab Laptop Mati Sendiri, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika persoalan terdeteksi pada Sound Card, maka yang selanjutnya harus dilakukan ialah meng-update Driver software tersebut. Driver untuk masing-masing komputer atau laptop berbeda-beda, tergantung seri dari komputer/laptop tersebut. Jika masih memiliki sc driver dari perangkat Anda, silahkan install driver Sound Card. Atau sanggup download melalui internet bila cd drive telah hilang.

Jika driver sudah terinstal, maka Anda perlu melaksanakan settingan pada software driver itu. Pastikan semua volume yang ditampilkan pada pengaturan sound, berada pada tingkat maksimal.

Jika persoalan yang sama terulang lagi, tiba-tiba bunyi hilang ketika me-restart komputer/laptop, maka gunakan Troubleshooter pada Windows. Tools tersebut akan membantu dalam menemukan persoalan yang terjadi pada komputer Anda lebih lanjut dan lebih detail. Dengan begitu akan sangat gampang mengetahui dan memperbaiki persoalan yang terjadi pada komputer/laptop Andas.

Jika terdeteksi permasalahan, silahakan buka link berikut untuk perbaikan lebih lanjut http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596. Setelah itu, pilih Open with diagnostics troubleshooting wizard, kemudian tekan OK.

Demikian warta wacana cara mengatasi komputer atau laptop yang tidak sanggup mengeluarkan suara. Semoga membantu.
Advertisement

Iklan Sidebar