Info Populer 2022

Beberapa Keluhan Penyebab Sakit / Nyeri Perut Sebelah Kanan

Beberapa Keluhan Penyebab Sakit / Nyeri Perut Sebelah Kanan
Beberapa Keluhan Penyebab Sakit / Nyeri Perut Sebelah Kanan
Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit perut, salah satunya adalah sakit perut sebelah kanan.

Sakit perut itu sendiri terdapat banyak macam dari yang tidak mengganggu, kram, sampai nyeri tajam. lokasi sakit perut pun berbeda beda, dari sakit perut sebelah kiri, kanan dan tengah.

Baik sakit perut sebelah kanan maupun sebelah kiri, keduanya memiliki faktor pencetus masing - masing. keduanya sama ada, faktor penyebab yang tidak berbahaya, berbahaya hingga yang sangat berbahaya.

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit perut Beberapa Keluhan Penyebab Sakit / Nyeri Perut Sebelah Kanan

Tipe sakit perut dan lokasi sakit perut merupakan indikasi dari faktor pencetus tertentu, dari itu perlu diperhatikan ketika mengalami sakit perut, dari lokasi hingga jenis sakit perut itu sendiri

Beberapa keluhan yang sering muncul terkait sakit perut sebelah kanan


  • Sakit / Nyeri perut sebelah kanan bawah saat hamil muda (trimester pertama)

Nyeri yang patut diwaspadai adalah saat kram terjadi pada salah satu sisi perut bagian bawah, apalagi bila disertai perdarahan atau terdapat flek berwarna kecoklatan. sakit / nyeri ini umumnya berlangsung lama, kondisi ini merupakan pertanda kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim). Kehamilan ini disebabkan oleh sel telur yang sudah dibuahi menempel di luar rahim, biasanya di dalam saluran telur (tuba falopi). Nyeri hebat muncul akibat perdarahan di dalam rongga perut lantaran "pecahnya" kehamilan ektopik.

Nyeri disertai dengan perdarahan juga bisa terjadi pada saat keguguran. Sifat nyeri ini bisa ritmis (teratur) dan spastis (disertai rasa kejang) dengan intensitas yang makin meninggi. jadi untuk sakit perut sebelah kanan dengan tanda - tanda ini Sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan yang tepat.

  • nyeri perut Sebelah kanan tengah

Nyeri perut yang dirasakan hampira sama seperti halnya sakit perut yang dirasakan pada sakit maag. namun dilihat dari tempatnya bahwa maag adalah gangguan pada alat pencernaan berupa lambung yang letaknya berada pada perut sebelah kiri. jadi kalau yang dirasakan adalah nyeri perut sebelah kanan bawah kemungkinan bukan maag.

Nyeri pada bagian perut ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada hati. Rasa nyeri bersifat penuh, menekan, dan disertai dengan mual dan muntah. namun selain hati masih ada kemungkinan lain yang dapat mengakibatkan nyeri perut sebelah kanan tengah yaitu, kantong empedu, saluran empedu, usus, ginjal dan saluannya dan juga organ kewanitaan.

Jadi apabila dilihat dari penyebab sakit perut sebelah kanan bawah tengah diatas sebaiknya apabila anda mengalaminya sebaiknya langsung diperiksakan kerumah sakit. karena semua faktor penyebab diatas berupa penyakit yang tidak bisa disepelekan.

  • nyeri perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang

Berdasarkan dari pernyataan yang kami kutip dari "tanya dokter" nya alodokter.com. Nyeri perut bagian kanan yang menjalar ke pinggang dan punggung pada dasarnya dapat diakibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab berikut ini:
  1. Gangguan pada organ pencernaan: penyakit usus buntu, sindrom iritasi usus, radang usus, gangguan usus besar
  2. Kelainan pada sistem saluran kemih: infeksi saluran kemih/ISK, infeksi ginjal, batu ginjal, kista ginjal
  3. Masalah organ reproduksi (pada wanita): radang panggul, kista ovarium, endometriosis, kehamilan ektopik
Untuk memastikan penyebabnya tentunya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, baik melalui pemeriksaan fisik maupun tes penunjang jika diperlukan seperti tes urine, tes darah, USG, CT Scan dan sebagainya. Bila keluhan terus berlanjut sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar penyebabnya dapat ditelusuri sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.

  • Sakit perut sebelah kanan bawah tanda kehamilan

Tanda kehamilan pada setiap wanita itu berbeda - beda. pada saat hamil beberapa Keluhan yang umum dialamai banyak wanita diantaranya perubahan payudara menjadi lebih kencang dan sensitif, lebih sering BAK, cepat lelah, mual muntah, sensitif terhadap bau, nafsu makan berubah, konstipasi terlambat dan terlambat datang bulan. keluhan - keluhan yang dialami wanita pada saat hamil merupakan akibat dari perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh wanita tersebut.sakit perut juga merupakan hal yang wajar dirasakan wanita hamil.


Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah sakit perut sebelah kanan bawah merupakan pertanda kehamilan..?

Berdasarkan keterangan yang kami kutip dari artikel nya "sehatly.com, dapat disimpulkan bahwa sakit perut sebelah kanan bawah merupakan salah satu pertanda hamilan. berikut penjelasannya, Pada saat hamil, rahim akan membesar untuk memberi ruang pertumbuhan embrio hasil pembuahan yang menyebabkan timbulnya sakit perut. Nyeri ini disebabkan oleh zat prostaglandin yang dikeluarkan dari membran bagian dalam rahim, berbeda dengan penyebab nyeri perut pada umumnya. Tetapi, sakit yang dirasakan akan sulit dibedakan, karena akan timbul juga rasa pegal seperti saat akan menstruasi, kesemutan, dan sakit perut melilit.

Namun hal tersebut hanya salah satu tanda yang mungkin ditimbulkan saat hamil. dan hanya dirasakan oleh sebagian wanita saja, karena dampak perubahan hormon pada setiap wanita berbeda. untuk hasil yang positif tentang pertanda kehamilan sebaiknya lakukan pemeriksaan menggunakan "tes pack" setelah mengalami keterlambatan datang bulan dan dirasakan tanda - tanda yang mengarah pada kehamilan.

Diatas merupakan beberapa keluhan yang sering muncul terkait sakit / nyeri perut sebelah kanan. Dapat disimpulkan bahwa penyebab sakit perut sebelah kanan tidak bisa dipastikan secara langsung tanpa pemeriksaan medis yang akurat. 

Jadi sebaiknya Periksakanlah jika mengalami sakit perut sebelah kanan, terutama jika sakit atau nyeri yang ditimbulkan berkepanjangan sampai mengganggu aktivitas. agar bisa mendapatkan pertolongan medis yang tepat dan juga hindari penggunaan obat - obat bebas tanpa rekomendasi dari dokter karena ditakutkan malah akan memperparah keadaan.
Advertisement

Iklan Sidebar