Info Populer 2022

Patoffisiologi Dan Pathway BPH Doc Dan Pdf

Patoffisiologi Dan Pathway BPH Doc Dan Pdf
Patoffisiologi Dan Pathway BPH Doc Dan Pdf
Pada postingan ini kami bagikan patofisiologi dan pathway BPH lengkap yang bisa didownload dalam format pdf dan doc. 

Bertujuan membantu teman-teman sejawat yang tengah membuat tugas LP ataupun askep terkait penyakit BPH, pada artikel ini kami share Patofisiologi dan pathway BPH yang bisa diedit dan disesuaikan dengan diagnosa yang diambil.

Untuk mendownload patofisiologi dan pathway BPH pdf dan doc, silahkan gunakan link unduhan yang telah kami sediakan diakhir artikel ini.

BPH Adalah pembesaran jinak kelenjar prostat, disebabkan oleh karena hiperplasia beberapa atau semua komponen prostat meliputi jaringan kelenjar/jaringan fibromuskuler yang menyebabkan penyumbatan uretra pars prostatika (Lab/UPF Ilmu Bedah RSUD Dr Soetomo, 1994 : 193).

Patofisiologi

Sejalan dengan pertambahan umur, kelenjar prostat akan mengalami hiperplasia, jika prostat membesar akan meluas ke atas (bladder), di dalam mempersempit saluran uretra prostatica dan menyumbat aliran urine. Keadaan ini dapat meningkatkan tekanan intravesikal. Sebagai kompensasi terhadap tahanan uretra prostatika, maka otot detrusor dan buli-buli berkontraksi lebih kuat untuk dapat memompa urine keluar. Kontraksi yang terus-menerus menyebabkan perubahan anatomi dari buli-buli berupa : Hipertropi otot detrusor, trabekulasi, terbentuknya selula, sekula dan difertikel buli-buli. Perubahan struktur pada buli-buli dirasakan klien sebagai keluhan pada saluran kencing bagian bawah atau Lower Urinary Tract Symptom/LUTS (Basuki, 2000 : 76).

Pada fase-fase awal dari Prostat Hyperplasia, kompensasi oleh muskulus destrusor berhasil dengan sempurna. Artinya pola dan kualitas dari miksi tidak banyak berubah. Pada fase ini disebut Sebagai Prostat Hyperplasia Kompensata. Lama kelamaan kemampuan kompensasi menjadi berkurang dan pola serta kualitas miksi berubah, kekuatan serta lamanya kontraksi dari muskulus destrusor menjadi tidak adekuat sehingga tersisalah urine di dalam buli-buli saat proses miksi berakhir seringkali Prostat Hyperplasia menambah kompensasi ini dengan jalan meningkatkan tekanan intra abdominal (mengejan) sehingga tidak jarang disertai timbulnya hernia dan haemorhoid puncak dari kegagalan kompensasi adalah tidak berhasilnya melakukan ekspulsi urine dan terjadinya retensi urine, keadaan ini disebut sebagai Prostat Hyperplasia Dekompensata. Fase Dekompensasi yang masih akut menimbulkan rasa nyeri dan dalam beberapa hari menjadi kronis dan terjadilah inkontinensia urine secara berkala akan mengalir sendiri tanpa dapat dikendalikan, sedangkan buli-buli tetap penuh. Ini terjadi oleh karena buli-buli tidak sanggup menampung atau dilatasi lagi. Puncak dari kegagalan kompensasi adalah ketidak mampuan otot detrusor memompa urine dan menjadi retensi urine. Retensi urine yang kronis dapat mengakibatkan kemunduran fungsi ginjal (Sunaryo, H. 1999 : 11)

Pathway BPH / Benign Prostatic Hyperplasia

  • Untuk mendownload Pathway BPH doc Silahkan DISINI
  • Untuk mendownload Pathway BPH pdf Silahkan DISINI
Demikian kami bagikan patofisiologi dan pathway BPH yang bisa didownload dalam format dan pdf, semoga bisa membantu teman-teman sejawat dalam melengkapi tugas LP ataupun askep. terima Kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar