Info Populer 2022

Patofisiologi Dan Pathway Ca Nasofaring, Download Doc Dan Pdf

Patofisiologi Dan Pathway Ca Nasofaring, Download Doc Dan Pdf
Patofisiologi Dan Pathway Ca Nasofaring, Download Doc Dan Pdf
Untuk melengkapi tugas keperawatan berupa LP atau askep sangat dibutuhkan sekali yang namanya patofisiologi dan pathway. Nah berdasarkan hal tersebut untuk membantu teman - teman perawat yang sedang membuat LP atau askep Ca nasofaring, pada postingan kali ini kami bagikan dalam format doc dan pdf.

Untuk mendownload patofisiologi dan pathway Ca nasofaring pdf dan doc silahkan gunakan link unduhan yang telah kami sediakan diakhir artikel ini.

Patofisiologi Ca nasofaring

Infeksi EBV terjadi pada dua tempat utama yaitu sel epitel kelenjar saliva dan sel limfosit. Virus Epstein-Barr bereplikasi dalam sel-sel epitel dan menjadi laten dalam limfosit B. Mula-mula, glikoprotein (gp350/220) pada kapsul EBV berikatan dengan protein CD21 (reseptor virus) di permukaan limfosit B. Masuknya EBV ke dalam DNA limfosit B menyebabkan limfosit B menjadi imortal. Namun, mekanisme masuknya EBV ke dalam sel epitel nasofaring belum dapat dijelaskan dengan pasti. Namun demikian, terdapat dua reseptor yang diduga berperan dalam masuknya EBV ke dalam sel epitel nasofaring yaitu CR2 dan PIGR (Polimeris Imunoglobin Receptor).6

Sel yang terinfeksi oleh EBV dapat menimbulkan beberapa kemungkinan yaitu
  • sel yang terinfeksi EBV akan mati dan virus akan bereplikasi
  • EBV yang menginfeksi sel akan mati sehingga sel menjadi normal kembali
  • terjadi reaksi antara sel dan virus yang mengakibatkan transformasi/perubahan sifat sel menjadi ganas sehingga terbentutlah sel kanker.

Gen EBV yang diekspresikan pada penderita KNF adalah gen laten yaitu EBERs,EBNA1, LMP1, LMP2A dan LMP2B.6
  • Protein EBNA1 berperan dalam mempertahankan virus pada infeksi laten.
  • Protein transmembran LMP2A dan LMP2B à menghambat sinyal tyrosine kinase yang dipercaya dapat menghambat siklus litik virus.
  • Protein transmembran LMP1 (gen yang paling berperan dalam transformasi sel) menjadi perantara sinyal TNF (Tumor Necrosi Factor) dan meningkatkan regulasi sitokin IL-10 yang meningkatkan proliferasi sel B dan menghambat respon imun lokal.

Pathway Ca Nasofaring


Demikian patofisiologi dan pathway Ca nasofaring kami bagikan semoga bisa membantu teman-teman perawat sekalian dalam melengkapi tugas keperawatan baik LP atau askep. Terima kasih
Advertisement

Iklan Sidebar