Info Populer 2022

Gejala Infeksi Malware di PC Windows Anda

Gejala Infeksi Malware di PC Windows Anda
Gejala Infeksi Malware di PC Windows Anda

Di sini kami telah mendaftarkan gejala infeksi malware pada PC Windows Anda yang akan membantu Anda menilai apakah PC Anda terinfeksi oleh malware atau tidak. Jika demikian maka Anda harus mengambil tindakan yang tepat sesegera mungkin. Malware adalah istilah yang dikontrak yang menandakan "perangkat lunak berbahaya." Ini adalah pemrograman yang secara khusus dimaksudkan untuk mendapatkan pintu masuk atau membahayakan PC tanpa informasi dari pemiliknya. Ada berbagai jenis malware termasuk spyware, keyloggers, infeksi tertentu, worm, atau kode jahat apa pun yang menyerang PC. Sebagian besar, pemrograman dianggap malware mengingat tujuan pembuat bukannya elemen sebenarnya.

Penciptaan malware sedang meningkat karena banyaknya jenis baru yang dibuat setiap hari dan sedikit uang yang dapat dihasilkan melalui kesalahan web yang dikomposisikan. Malware awalnya dibuat sebagai investigasi dan trik, namun, pada akhirnya, mendorong perusakan dan penghapusan mesin yang fokus. Saat ini, banyak malware dibuat untuk manfaat melalui dibatasi publikasi (adware), mengambil data sensitif (spyware), menyebarkan spam email atau hiburan eksplisit anak (PC zombie), atau memeras uang tunai (ransomware). Berikut adalah faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan, yang akan mencerminkan keberadaan malware di PC Anda. Jadi lihatlah gejala-gejala di bawah ini.

# 1 Perlambatan

Malware cenderung mendukung kerangka kerja Anda, kecepatan internet Anda, atau kecepatan aplikasi Anda. Jika Anda melihat sesuatu seperti ini dan Anda tidak menggunakan program atau aplikasi substansial aset apa pun, periksa dulu penyebabnya. Mungkin karena tidak ada memori RAM, kerangka kerja yang terbagi, tidak adanya ruang pada hard drive Anda atau mungkin masalah peralatan yang memengaruhi drive Anda.

# 2 Munculan

Yang menonjol di antara indikasi malware yang paling menjengkelkan diucapkan oleh jendela-jendela yang tidak diinginkan. Munculan tiba-tiba yang muncul di kerangka kerja merupakan indikasi rata-rata kontaminasi spyware.

Dalam kasus khusus ini, masalah utama dibuat bukan hanya oleh berbagai jendela yang memengaruhi rute Internet Anda, juga karena sangat sulit untuk mengeluarkannya dari kerangka kerja. Untuk menghindari spyware dan pengaruhnya terhadap kerangka kerja kami, ingat beberapa lubang keamanan:

# 3 Iklan Mengganggu

Jika komputer Windows Anda dipengaruhi oleh adware, maka Anda akan sering melihat iklan. Ya, iklan tidak hanya terbatas pada file explorer, tetapi Anda juga akan melihat iklan yang mengganggu di browser web Anda. Anda akan melihat halaman awal yang berbeda di browser web dan sebagainya. Biasanya, jenis malware ini dibundel dengan perangkat lunak lain dan dapat menghabiskan RAM dan sumber daya baterai Anda.

# 4 Gangguan

Jika proyek atau kerangka kerja Anda rusak terus-menerus atau BSOD (Blue Screen of Death) yang terkenal muncul secara rutin, ini merupakan peringatan yang salah bahwa kerangka kerja Anda tidak berfungsi secara sah dan Anda harus memeriksanya. Ada dua hal yang dapat memicu masalah seperti ini: Anda dapat mengelola masalah khusus yang diciptakan oleh potensi kontradiksi antara produk dan peralatan Anda

# 5 Aktivitas Hard Drive Mencurigakan

Indikasi pemberitahuan lain tentang kemungkinan penyakit malware pada kerangka kerja Anda adalah aktivitas hard drive. Jika Anda melihat bahwa piringan Anda terus menampilkan gerakan ekstrem meskipun Anda tidak menggunakannya, dan tidak ada program atau unduhan yang berjalan saat itu juga, ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk memeriksa kerangka kerja Anda untuk malware.

# 6 Kehabisan Ruang Hard Drive

Untuk hard drive, Anda juga perlu memeriksa apakah ruang penyimpanan fisik Anda telah berkembang baru-baru ini atau jika beberapa dokumen Anda menghilang atau mengubah nama mereka. Ini adalah indikasi lain dari tindakan malware karena ada berbagai macam program jahat yang menggunakan teknik berbeda untuk melengkapi semua ruang yang dapat diakses di hard drive dan membuatnya crash.

# 7 Biasanya Aktivitas Jaringan Tinggi

Ada kasus di mana pengguna tidak terhubung ke Internet melalui browser-nya, dan tidak ada program yang dapat terhubung ke server online untuk mengunduh atau mengunggah data apa pun, tetapi aktivitas jaringan yang tinggi masih dapat diamati. Pertama-tama, kita perlu memeriksa yang berikut. Untuk memantau jaringan Anda, Anda dapat menggunakan salah satu dari program berikut: GlassWire, Little Snitch atau Wireshark. Untuk memeriksa infeksi malware, gunakan produk antivirus yang bagus untuk memeriksa sistem Anda. Jika Anda mencurigai bahwa malware keuangan berbahaya telah menginfeksi komputer Anda, Anda memerlukan rangkaian keamanan khusus yang dirancang untuk mengatasi jenis ancaman ini.

# 8 Browser Aktivitas Tidak Biasa

Pernahkah Anda melihat bahwa halaman arahan Anda telah diubah dan Anda tidak melakukannya tanpa bantuan orang lain? Apakah bilah alat lain muncul tiba-tiba dan tiba di bagian atas program web Anda? Sudahkah Anda mencoba masuk ke blog yang paling Anda sukai, namun Anda dialihkan ke alamat alternatif?

Ini lebih sering terjadi ketika Anda mengunjungi sebuah situs, dan Anda secara tidak sengaja mengklik koneksi atau jendela banding. Ini memicu pemrograman yang tidak diinginkan untuk mengunduh dan memperkenalkan pada gadget Anda. Barang-barangnya menjengkelkan, juga pendendam.

Jalankan output total dengan pengaturan keamanan Anda secepat waktu mengizinkan. Karena bahaya semacam ini jangan pergi dengan efektif. Pastikan Anda menjalankan sweeping tambahan dengan pemrograman tertentu, misalnya, memusuhi program spyware seperti yang disebutkan di atas.

# 9 Antivirus Dinonaktifkan

Nah, ada beberapa malware yang dirancang untuk menonaktifkan antivirus terlebih dahulu. Malwares ini seringkali berbahaya karena tidak meninggalkan pertahanan bagi pengguna. Namun, cara terbaik untuk menghindari kesalahan ini adalah memiliki solusi keamanan yang diperbarui. Solusi keamanan tradisional dapat dengan mudah mendeteksi dan memblokir jenis malware ini.

# 10 Teman Anda Menerima Tautan Tidak Dikenal

Nah, jika Anda baru saja bertemu dengan seorang teman yang memberi tahu Anda bahwa ia telah menerima tautan yang tidak diketahui dari akun daring Anda, maka ada kemungkinan serius mengalami infeksi malware. Ya, ada jenis malware tertentu yang menyebar sendiri melalui pesan media sosial, email, dll. Anda perlu memeriksa akun media sosial Anda dan melihat aplikasinya. Jika Anda menemukan aplikasi web yang tidak biasa, maka segera cabut izin dan ubah kata sandi.

# 11 Anda Tidak Dapat mengakses Panel Kontrol

Nah, Control Panel adalah tempat kami menghapus perangkat lunak. Jika Anda tidak dapat mengakses panel kontrol setelah menginstal perangkat lunak apa pun, maka segera boot ke safe mode untuk menghapus instalasi perangkat lunak secara manual. Anda dapat menggunakan disk USB Rescue untuk menghapus infeksi dari komputer Anda.

# 12 File Pintasan

File pintasan di drive USB atau di desktop adalah tanda lain infeksi malware. Yang terburuk adalah bahwa file-file berbahaya ini dapat membahayakan data sensitif Anda yang tersimpan di komputer. Jadi, pastikan untuk memindai komputer Anda dengan alat keamanan yang kuat untuk menghapus virus pintasan dari komputer Anda. Kami telah berbagi informasi terperinci tentang cara menghapus file cara pintas dari komputer.

# 13 Ikon Baru

Nah, jika Anda baru saja menemukan ikon baru di komputer Windows Anda, maka ada kemungkinan lebih tinggi bahwa Anda mungkin telah menginstal PUP secara tidak sengaja (Program yang Mungkin Tidak Diinginkan). PUP bisa sangat merusak dan dapat menampilkan iklan, pop-up dan bahkan dapat mengganti halaman awal browser Anda. Cara terbaik untuk menyingkirkan PUP adalah memindai dengan Malwarebytes.

Pencegahan:

Perlindungan terbaik dari malware terus menjadi saran umum: berhati-hatilah dengan lampiran email apa yang Anda buka, berhati-hatilah saat berselancar dan tinggal jauh dari situs web yang mencurigakan, dan instal serta pelihara program antivirus yang diperbarui dan berkualitas.

Jadi panduan di atas adalah semua tentang Gejala Infeksi Malware di PC Windows Anda. Semoga Anda menyukai tutorialnya.
Advertisement

Iklan Sidebar