Info Populer 2022

Inilah Beberapa Mitos Perihal Ram Yang Harus Kau Tahu

Inilah Beberapa Mitos Perihal Ram Yang Harus Kau Tahu
Inilah Beberapa Mitos Perihal Ram Yang Harus Kau Tahu
 - Saat memakai PC atau laptop, salah satu media penyimpanan yang tak boleh ketinggalan yaitu RAM yang biasa disebut dengan Random Access Memory. RAM sendiri berfungsi sebagai penyimpan data yang bisa menghitung secara akurat. Hal ini sangat menguntungkan prosesor biar tidak mengulang perhitungan setiap waktu.

 salah satu media penyimpanan yang tak boleh ketinggalan yaitu RAM yang biasa disebut den Inilah Beberapa Mitos Tentang RAM yang Harus Kamu Tahu

Beberapa pengguna komputer mengungkapkan bahwa semakin besar ukuran RAM maka semakin cantik juga kinerja komputer ketika dijalankan. Tetapi, apakah hal ini memang benar? Biar tidak salah paham, yuk ketahui beberapa mitos perihal RAM berikut ini!

Beberapa Mitos Tentang RAM yang Harus Kamu Tahu


1. Kapasitas RAM Mampu Memengaruhi Kinerja Laptop

Mitos perihal RAM yang pertama yaitu kapasitasnya yang bisa memengaruhi kinerja laptop. Pada umumnya, pengguna PC/laptop mengakui bahwa semakin besar ukuran RAM maka semakin cepat pula kinerja PC/laptop ketika dijalankan. Hal ini memang benar dan fakta, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu tips dan trik menentukan RAM sesuai PC kamu.

Cara pemilihan RAM juga harus diadaptasi dengan tujuan kau ketika memakai PC/laptop. Apakah hanya digunakan untuk mengoperasikan pekerjaan kantoran ataukah justru digunakan sebagai multimedia dan game-game besar? Untuk kau yang hanya memakai komputer untuk Microsoft Office, cukup gunakan RAM minimum sebesar 4 GB.

Dengan RAM berkapasitas 4 GB tersebut, aplikasi kau pun juga akan terbuka lebih cepat. Jika kau menginginkan RAM lebih besar pun juga tidak masalah. Berbeda dengan pengguna komputer yang gemar bikin konten multimedia berkualitas, memori yang diharapkan pun lebih besar. Untuk itu, RAM yang disarankan sebesar 16 GB.

Penggunaan RAM 16 GB bagi creator konten visual tentunya sangat menguntungkan sebab sanggup menciptakan loading lebih cepat, serta sistem data yang gampang terbuka. Hal ini juga berlaku bagi para gamer yang gemar menyimpan aneka macam game bersolusi HD dan berkapasitas besar biar tetap stabil ketika mengoperasikannya. 


2. Kedua Slot PC Harus Memuat Kapasitas RAM yang Sama

Mitos perihal RAM yang kedua yaitu kedua slot PC harus memuat kapasitas RAM yang sama. Hal ini muncul sebab beberapa pengguna percaya bahwa penggunaan RAM dengan model dan frekuensi yang sama akan menunjukkan kinerja yang optimal secara beriringan. Hal ini tentu saja mitos, kau pun bisa memakai RAM berkapasitas berbeda di kedua slot PC kamu.

Sebagai contoh, kalau slot memori pertama kau isi dengan RAM 4 GB, kau pun bisa menambahkan RAM 8 GB di slot memori kedua. Nah, ketika kau mengaktifkan flex mode atau duo channel, kedua fungsi RAM tersebut akan tetap memerankan kiprah sebagai RAM berkapasitas 4 GB yang bikin kinerja PC jadi optimal. Sisanya yang 4 GB akan menjalankan fungsinya sebagai mode single channel.

Software Untuk Mengetahui Performa Baterai Laptopmu


3. Mengurangi Ruang RAM Untuk Meningkatkan Kecepatan

Mitos perihal RAM yang ketiga yaitu mengurangi ruangnya untuk meningkatkan kecepatan PC/laptop. Hal ini merupakan salah satu mitos yang paling banyak tersebar di beberapa pengguna computer. Biasanya, mereka akan mengaplikasikan RAM booster atau memory optimizer untuk mengurangi kapasitas RAM yang digunakan oleh sistem computer.

Apabila kapasitas RAM penuh dan ingin menguranginya dengan memanfaatkan software booster tentunya tidak akan mempunyai efek yang signifikan. Sebaliknya, sistem PC/laptop akan semakin melambat sebab kemampuan perhitungan yang dimiliki RAM juga sanggup terhapus secara tidak sengaja.

Perlu diketahui bahwa RAM tidak sama dengan hard drive maupun storage. Dalam menjalankan fungsinya, tentu RAM akan mengikuti keadaan sesuai dengan jenis PC/laptop yang digunakan. Asalkan kau tidak berlebihan memakai aplikasi secara bersamaan, tentunya tidak akan timbul duduk masalah yang berat.

 Jenis Virus Berbahaya Pada Komputer

Itulah beberapa mitos perihal RAM yang harus kau tahu. Meskipun penggunaan sangat penting, pastikan dahulu sistem operasi yang kau gunakan. Kompatibel atau tidak? Semoga artikel Kang Arif bagikan ini sanggup bermanfaat bagi anda semua. Terima Kasih :)
Advertisement

Iklan Sidebar