Info Populer 2022

Menakjubkan! Berikut Ini 10 Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Menakjubkan! Berikut Ini 10 Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Menakjubkan! Berikut Ini 10 Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat  Buah Bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan - Bengkoang atau yang juga disebut sebagai bengkuang merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Akarnya mencapai 2 m dengan batang yang menjalar dan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah. Bengkuang sanggup dijadikan sebagai rujak, manisan, ataupun asinan.

Tanaman Bengkuang termasuk ke dalam Genus Pachyrhizus dan Spesies P. erosus. Menurut Sorensen (1988), genus pachyrhizus terbagi atas 5 spesies yakni P. ahipa (wedd.) parody, Pachyrhizus erosus (L.) Urban, P.tuberosus (lam.) spreng, P. ferrugineus (piper), dan P. panamensis clausen. Ada dua varietas yang banyak dibudidayakan di negara kita, yaitu bengkuang gajah dan bengkuang badur. Perbedaannya, bengkoang gajah sanggup dipanen dikala memasuki usia tumbuhan 4-5 bulan, sementara itu untuk Bengkoang badur sanggup dipanen ketika tumbuhan berusia 7-15 bulan.

Baca : Memperkecil Perut Buncit Anda Menggunakan Metode Seperti Ini
 Buah Bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan  Menakjubkan! Berikut 10 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan
Tumbuhan bengkuang membentuk umbi akar atau yang juga disebut cornus yang berbentuk bundar layaknya ibarat gasing dengan kulit umbinya yang tips berwarna kuning. Sementara itu, untuk pecahan dalamnya berwarna putih terdapat cairan segar dan berasa agak manis. Jika anda ingin mencari umbi bengkoang yang berkualitas, pilih yang beratnya mencapai 3 kg dan berdiameter Antara 10-30 cm.

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bengkoang mempunyai banyak sekali zat gizi yang berguna bagi kesehatan maupun kesehatan tubuh. Buah atau umbi yang satu ini kaya akan vitamin, mineral, dan air dalam takaran yang cukup tinggi. Menurut Wirakusumah, 2004 setidaknya ada 10 nutrisi yang terkandung di dalam buah tersebut. Adapun kesebelas nutrisi yang dimaksud yaitu energi 55 kalori, protein 1,4 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 12,8 gram, insulin 2,6 gram, kalsium 15 mg, fosfor 18 mg, vitamin B1 0,04 mg, Vitamin C 20 mg, dan zat besi 0,6 gram untuk ukuran 100 gram buah bengkoang. Selain itu masih banyak zat gizi lainnya yang terkandung pada buah yang satu ini.

Baca : Mengenal Jenis dan Khasiat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Baik untuk kesehatan maupun kecantikan, buah ini memang dikenal mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat yang luar biasa. Baik untuk mencegah maupun mengobati penyakit serta menjaga kulit wajah tetap manis dan berseri, dan masih banyak yang lainnya. Dilansir dari banyak sekali sumber, berikut beberapa manfaat buah bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan :

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada bengkoang terkandung 20 mg vitamin C per 100 gramnya. Dengan takaran segitu berarti sudah memenuhi 40% kebutuhan takaran vitamin C harian di dalam tubuh. Jenis vitamin yang satu ini mempunyai tugas penting dalam hal menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan badan pada insan sehingga bakteri, virus, dan kuman penyakit tidak akan gampang masuk ke dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Jangan salah, tak hanya susu saja yang berguna untuk menciptakan tulang anda menjadi jauh lebih kuat, bengkoang pun juga mempunyai khasiat yang sama. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral ibarat magnesium, zat tembaga, dan zat besi. Mineral bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang sekaligus memicu pertumbuhan tulang gres yang rusak.

3. Baik untuk Kesehatan Otak
Manfaat buah bengkoang untuk kesehatan selanjutnya berafiliasi dengan otak. Buah yang satu ini kaya akan vitamin B, salah satunya yaitu vitamin B6 atau piridoksin yang mempunyai khasiat berbagi kemampuan kognitif dan fungsi otak. Tak hanya itu saja, piridoksin juga berguna untuk membantu memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh.

Baca : Belum Tau Khasiat Ciplukan? Hal Ini Membuktikan Betapa Manfaatnya Buah Satu Ini

4. Melancarkan Pencernaan
Bagi anda yang mempunyai problem pada sistem pencernaan, Bengkoang menjadi salah satu pilihan yang sempurna untuk mengatasi hal tersebut. Buah yang berjulukan latin Pachyrhizus erosus ini mengandung serat makanan yang cukup tinggi. Serat makanan memang dikenal semenjak usang berguna untuk membantu proses pencernaan tubuh. Selain itu, serat sanggup menjadi obat terbaik apabila anda mengalami sembelit, perut kembung, diare, sampai gangguan pencernaan lainnya.

5. Baik untuk Diet
Bagi anda penderita diabetes dan ingin melaksanakan diet, tak perlu tak dan ragu untuk melaksanakannya kadar glukosa pada bengkoang sangatlah rendah sehingga baik dan kondusif apabila anda melakukannya. Selain itu dalam bengkoang juga terkandung oligofruktosa inulin atau sejenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh badan sehingga sanggup mempermudah proses diet. Gula darah Anda tidak akan mungkin naik walaupun mengonsumsi bengkoang dalam jumlah banyak.

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini
Usia masih sangat muda, namun wajah sudah terlihat sedikit lebih tua. Itulah gejala seseorang yang mengalami penuaan dini. Tentu anda tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Maka dari itu disarankan bagi anda untuk menciptakan masker dengan materi dasar bengkoang dan gunakan pada setiap malam hari. Pada buah ini mengandung vitamin C yang sanggup mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah

2. Melembabkan Kulit Wajah
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buah yang menjadi salah satu materi dasar pembuatan produk kecantikan ini mengandung kadar air yang tinggi dimana dimana didalamnya mengandung anti inflamasi. Kandungan inilah yang berguna untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Caranya, cukup menciptakan masker bengkoang dan oleskan pada kulit wajah anda.

3. Menghilangkan Jerawat
Punya problem pada jerawat? Ingin penampilan wajah menjadi cerah bersinar? Rahasianya ada pada bengkoang. Memang sudah semenjak zaman dahulu buah ini menjadi belakang layar kecantikan para ratu-ratu raja. Jerawat yang membandel di wajah bisa hilang dengan memakai masker bengkoang buang dioleskan pada wajah anda secara rutin. Hasilnya akan nampak dalam jangka waktu 2 sampai 3 ahad apabila anda rutin mengoleskannya.

4. Mengurangi Bintik-bintik Hitam
Munculnya bintik-bintik hitam pada kulit wajah sanggup mengurangi kecantikan para wajah anda. Selain itu bintik-bintik tersebut menciptakan anda merasa tidak percaya diri menjadi terganggu. Maka dari itu, harus dihilangkan dari wajah anda. Caranya dengan memakai masker dari buah bengkoang sehingga wajah bisa tampil lebih higienis dan juga cantik. Oleskan secara rutin dua sampai empat kali dalam seminggu dan anda bisa mencicipi jadinya dalam jangka waktu 4 minggu.

5. Dapat Mendinginkan Kulit
Kandungan air yang tinggi pada buah bengkoang selain sanggup melembabkan kulit, ternyata juga sanggup mendinginkan kulit serta mengatasi rasa panas atau kulit yang terbakar di kala terkena panasnya sinar matahari secara langsung. Untuk itu, oleskan masker wajah pada pecahan wajah ataupun kulit badan lainnya yang terkena paparan sinar matahari. Jangan lupa, sebelum dijadikan masker, taruh terlebih dahulu bengkoang pada lemari pendingin.

Bagi anda yang ingin mencari buah yang satu ini tidak begitu sulit kok. Di pasar-pasar tradisional anda akan gampang menemukannya dan bisa pribadi membelinya. Harganya pun juga tidak terlalu mahal. Untuk ukuran 1 kg, hanya dibanderol seharga 10 ribu sampai 15 ribuan saja. Sementara itu untuk yang 500 gram biasanya dijual seharga 5000 sampai 8000. Wah cukup terjangkau bukan? Dengan harga yang murah, anda sudah bisa mencicipi khasiat dari buah berwarna putih ini.

Akhir kata, demikian sedikit klarifikasi mengenai manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan, agar bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih atas kunjungannya di blog ini :)

Advertisement

Iklan Sidebar