Info Populer 2022

3 Teknologi Inovatif di Jepang

3 Teknologi Inovatif di Jepang
3 Teknologi Inovatif di Jepang
Kawanbar.com - Bicara tentang negeri Sakura Jepang, Anda akan selalu dibawa pada suatu hal yang sangat menarik dan menakjubkan. Bagaimana tidak? Negara yang pernah hancur pada tahun 1945 karena bom atom Hiroshima dan Nagasaki ini terus berkembang semakin maju dan jaya sebagai negara yang paling modern di Asia dan dunia. 

Kemajuan negara Jepang saat ini sudah mampu menyaingi negara-negara  paling maju di dunia seperti Eropa dan Amerika. Dari sekian banyak penemuan teknologi yang telah diciptakan ternyata Jepang tidak mau berhenti berkarya untuk menyaingi negara maju lainnya.


Mereka terus saja berinovasi dan berkreasi membuat penemuan serta teknologi canggih lainnya yang mampu mendukung dan mempermudah kehidupannya di era modern ini. Dari perkembangan teknologi yang cepat ini bukan khayalan lagi bila kemudian Jepang dianggap sebagai negara paling efisien dalam mengembangkan teknologi yang sangat kreativitas menjadi inovasi. Pada tahun 2014 lalu pun akhirnya Jepang mendapatkan anugerah dari Bank Pembangunan Asia (ADB). Anugerah efisiensi teknologi ini didapat setelah unggul pada 36 indikator dari negara-negara Asia lainnya. 

Hebat bukan? Indikator yang menjadi ukuran kapasitas dan intensif untuk inovasi antara lain mencakup jumlah hak paten, jumlah perguruan tinggi yang berhasil masuk ke  dalam 500 besar dunia, buku, anggaran riset, film, tingkat urbanisasi, pengembangan, dan masih banyak lagi. Lalu apa saja Teknologi Inovatif di Jepang terbaru? Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Teknologi Inovatif di Jepang

1. Teknologi Kereta Paling Cepat


Teknologi pertama inovatif dan efisien yang dibuat oleh Jepang adalah kereta cepat Shinkansen. Kereta cepat di Jepang ini memang terbilang sangat menarik dan tentunya sangat spektakuler. Bagaimana tidak? Kereta yang menggunakan teknologi magnetic levitation ini mampu membuat kereta  terangkat kurang lebih setinggi 10 sentimeter dari rel dan melaju hingga 600 kilometer per jam. 

Dengan demikian maka kereta cepat ini pun mampu menempuh jarak 515 kilometer hanya dalam waktu kurang lebih 2 jam saja. Teknologi Magnetic levitation dengan gaya magnet berkekuatan listrik ini yang mampu mendorong gerbong-gerbong hingga sekarang pun masih dikembangkan agar bisa mencapai efisiensi dan efektifitas yang maksimal untuk para penumpang.

2. Teknologi Tahan Gempa


Negara Jepang yang memiliki lokasi di antara lempeng bumi Samudera Pasifik membuat negeri ini sangat rentan diguncang oleh bencana gempa. Dengan demikian muncul teknologi bangunan yang tahan gempa. Dengan adanya teknologi tahan gempa yang dimaksud akan membuat bangunan yang ada menjadi lentur dan tak mudah roboh karena efek gempa.

3. Teknologi Futuristik Mesin Cuci


Teknologi paling inovatif di Jepang adalah teknologi futuristik mesin cuci. Teknologi inovatif mesin cuci? Seperti apakah teknologi ini? Teknologi mesin cuci futuristik ini bisa bekerja tanpa harus menggunakan air sebagai medium pembersihannya. Mungkin terdengar sangat mustahil bukan? Tapi ini memang benar adanya. 

Pembersihan pakaian tanpa air ini tentunya sangat futuristik sebab tidak terdapat pada mesin cuci lainnya. Mesin cuci tanpa air ini memiliki nama AQUA Racoon yang merupakan produksi dari AQUA Japan, brand yang dulu terkenal dengan nama SANYO. Dengan teknologi ini juga Anda akan sangat efisien dan hemat karena mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan jasa dry cleaning.

Demikian artikel sederhana mengenai beberapa Teknologi Inovatif di Jepang, semoga bermanfaat untuk Anda sebagai pengetahuan teknologi yang terbaru dikembangkan Negara Jepang.
Advertisement

Iklan Sidebar