Info Populer 2022

Pengertian dan 22 Kelebihan Sistem Linux

Pengertian dan 22 Kelebihan Sistem Linux
Pengertian dan 22 Kelebihan Sistem Linux

Linux adalah sistem operasi yang pada perkembangannya dari sebuah proyek hobi dikerjakan oleh  seorang Linus Torvalds. Dalam mengerjakan proyek hobinya ini, seorang Linus Torvalds memperoleh inspirasi dari Minix, suatu sistem Unix kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Pada tanggal 5 Oktober 1991 Linus Torvalds mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02. Linux berkembang pesat karena dia menyebarkannya kode programnya melalui internet, sehingga dapat dipelajari oleh ribuan pemrogram dan hacker yang tersebar di seluruh dunia.

Linux adalah sistem operasi yang pada perkembangannya dari sebuah proyek hobi dikerjakan o Pengertian dan 22 Kelebihan Sistem Linux


Keunggulan  Linux

Selain merupakan sistem operasi yang bisa didapatkan setiap orang secara gratis, Linux juga mempunyai banyak keunggulan, antara lain :
1) Open Source 
Linux merupakan salah satu sistem open source, yang berarti memberi kesempatan kepada penggunannya untuk melihat program asal, dan mengubahnya sesuai keperluan tanpa terkena sanksi,atau Bahasa gampangnya dapat dikembangkan sendiri.

2) Stabilitas

Linux juga dapat digunakan sebagai server. Jika sudah dikonfigurasi dengan benar untuk perangkat keras, pada umumnya Linux berjalan tanpa perlu reboot (dihidupkan ulang) hingga perangkat kerasnya tidak berfungsi lagi atau tidak ada tegangan listrik atau memang sengaja dimatikan (shutdown).

3) Freeware

Linux merupakan salah satu system yang Freeware di bawah lisensi GPL, yang memungkinkan seorang secara pribadi, beberapa orang, maupun instansi untuk memakai dan menyebarkannya tanpa dituntut royalty oleh penciptannya. Hal ini sangat menguntungkan masyarakat dalam arti sempit, pengguna komputer dan negara secara luas. Selain menghemat devisa, juga semakin memperluas pengembangan sumber daya manusia.

4) Minimal Hardware

Linux tidak memerlukan hardware yang mahal. Minimal, hardware yang dibutuhkan adalah Prosesor Intel 386 DX, dengan RAM minimal 8 MB, serta kapasitas hard disk 85 MB dengan spesifikasi seperti itu memudahkan dalam perkembangannya.

5) Shared Libraries

Linux menggunakan penomeran versi Shared Libraries. Shared Libraries di Linux mencantumkan versi pada nama file-nya, sehingga memungkinkan untuk menginstal versi barunya tanpa merusak keterkaitan program lain. Sedangkan kebanyakan aplikasi windows menginstal versiversi baru dari Dynamic Link Libraries (DLL), yang pada umumnya mengakibatkan aplikasi lain yang meminta versi yang berbeda dari DLL tersebut tidak berfungsi semestinya. Penomeran versi dari Shared Libraries adalah satu hal yang mendasari stabilitas Linux.

6) Multi User

Dimana lebih dari satu orang dapat menggunakan program yang sama atau berbeda dari satu mesin yang sama, pada saat bersamaan, diterminal yang sama atau berbeda.
Keuntungan dengan sifat Multiuser adalah :


  • Penghematan perangkat keras, karena perangkat keras (seperti printer, disk ) dapat dipakai banyak orang.
  • Data dapat diakses oleh banyak orang serentak, sehingga tidak ada penduplikasi data. Selain itu konsisten data lebih terjamin.
Baca Juga :


7) Kebal Virus 

Linux kebal terhadap virus DOS/Windows. Ini merupakan hal terpenting jika anda mempertimbangkan untuk mempergunakan Linux. Linux juga mewarisi tradisi Unix dengan mendukung adanya file Permissions (ijin file), yang dapat mencegah perubahan atau penghapusan file tanpa ijjin dari pemiliknya. Karena itu virus pada dasarnya tidak dikenal didunia Linux. Bahkan di Linux sendiri sampai saat ini belum ditemukan virus yang benar-benar bisa merusak sistem operasi. Hal ini dikarenakan Linux adalah sistem operasi terbuka,sehingga rasa kebersamaan yang ditimbulkan membuat Linux adalah milik setiap orang, bukan hanya milik pembuat atau pengembangnya saja.

8) TCP/IP

Linux memiliki native protocol TCP/IP sehingga semua yang memanfaatkan TCP/IP akan dapat dilakukan lebih cepat dibanding sistem operasi lain non-UNIX sehingga resource computer yang dibutuhkan jauh  lebih murah bila dibandingkan dengan sistem operasi lain.

9) Bugfix

Masalah keamanan yang menyangkut sistem operasi itu sendiri biasanya diumumkan beberapa jam saja setelah ditemukan, diikuti dengan bugfix, workaround, advisory, dan sebagainya. Misalnya waktu ditemukan bug di  ]hardware itu sendiri (processor Pentium dengan bug FO OF), workaround sudah tersedia untuk download beberapa saat setelah diumumkan adanya bug tersebut.

10) Non-Fragmentasi

Tanpa defrag dalam MS Windows, yang memudahkan bagi penggunanya untuk membuat, mengedit, dan menghapus file tanpa kuatir terjadi fragmentasi pada data atau program yang ada. Karena Linux memakai sistem file ext2fs (Second Extended File System) yang mempunyai keunggulan reduksi fragmentasi otomatis. Dengan memakai ext2fs, kinerja baca tulis (akses) dari atau ke hard disk tetap terjaga.

11) Skalabilitas

Linux bisa berjalan di mesin sekecil 3Com Palm Pilot dan Digital Itsy dan mesin sebesar Beowulf Clusters (sekumpulan PC yang cepat dihubungkan untuk menyelesaikan persoalan ilmiah/scientific).  Linux juga mendukung multipleprocessor hingga 16 buah.

12) File System 32 Bit

Linux mendukung secara penuh file sistem 32 bit, bahkan system 64 bit (Ultra Sparc), yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai server, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama (Power Linux-Beowulf ; ratusan Central Procesing Unit (CPU) disusun secara bersama-sama sehingga seolah merupakan satu komputer/CPU/Server). 

13) MultiConsole

Dalam satu komputer,pengguna dapat melakukan login dengan nama user yang sama atau berbeda lebih dari satu kali, tanpa perlu menutup sesi sebelumnya. Multiconsole tidak hanya diberlakukan untuk Command Line Interface/Interpreter- antarmuka perintah baris), tetapi juga dapat diberlakukan untuk Graphical User Interface/antarmuka berbasis grafis (GUI). Multiconsole dapat diberlakukan di Linux karena Linux merupakan Non-Dedicated Server, tidak seperti Novell Netware versi 4 kebawah yang dapat Dedicated Server. Pada Non- Dedicated Server, user dapat bekerja seperti halnya melalui klien menggunakan komputer server selagi server bekerja melayani klien-klien yang ada.

14) Multitasking

Yang memungkinkan anda mengakses data, atau mengeksekusi suatu program secara bersama-sama pada konsol yang berbeda tanpa takut terjadi stack atau hang pada sistem operasi. Anda bahkan bisa meng-copy, mengedit, menghapus satu file atau data secara bersamaan pada saat data atau file tersebut /di-loading. Inilah kestabilan sistem operasi yang ditunjukkan oleh Linux.

15) Virtual Memory

Pemanfaatan memori secara maksimal,Virtual Memory membuat Linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program-program yang lebih dari seharusnya jika hanya menggunakan memori fisik saja. Sistem Virtual Memory di Linux melebihi penggunaan sederhana dari swap space. Program-program yang dijalankan sesekali akan dimasukkan ke memori, dan sistem virtual memory akan digunakan untuk menggabungkan satu program image (text area) dengan banyak data images. 
Hal ini berakibat penggunaan memori yang optimal, namun tetap memproteksi ruang memori dari masing-masing program, mencegah program saling mengotori ruang

16) Login User

Linux memiliki Login User atau operator yang tidak terbatas jumlahnya sehingga memungkinkan pemakaian hingga 254 klien secara bersamaan, dan dilengkapi oleh password.

17) Emulator

Linux menyediakan Emulator untuk menjalankan aplikasi yang didesain (baca: di-compile) untuk sistem operasi yang berbeda, misalnya:


  • DOSemu (DOS emulator),digunakan untuk menjalankan aplikasi DOS.
  • WINE (WINdows Emulator),digunakan untuk menjalankan aplikasi Windows 16 bit dan beberapa aplikasi Windows 32 bit.
  • Executor, digunakan untuk menjalankan aplikasi Macintosh.
  • IBCS, digunakan untuk menjalankan file executable FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, SCO UNIX , dsb.
  • Dengan menggunakan program VMWare, Linux bahkan bisa menjalankan Windows, Windows NT dari sistem operasi Linux secara bersamaan sehingga seolah-olah sistem operasi tersebut merupakan suatu program aplikasi biasa.


18) Akses Sistem File

Linux mendukung 34 macam akses sistem file yang berbeda, antara lain FAT16 untuk MS-DOS, 32/VFAT untuk MS Windows, NTFS untuk mengakses Windows NT, HPFS, MINIX, UFS, SCO, XENIX untuk mengakses sistem operasi berbasis UNIX, Apletalk untuk mengakses Apple, Marsnwe untuk mengakses Novel Netware, dan lain-lain.

19) Partition Mounting

Linux fleksibel di dalam  mounting. Jika sudah biasa menggunakan MS-DOS/MS Windows, anda akan menjumpai penggunaaun partisi hard disk dari A:, B:, C: sampai dengan Z:, (hanya sampai 26 drive saja). Pada Linux, penggunaan symbol huruf dalam partisi tidak dijumpai. Linux biasanya melakukan mount partisi, file, direktori, atau alamat perangkat keras sebagai file, sehingga lebih fleksibel, karena tak dibatasi oleh jumlah. Sebagai gantinya, anda akan menjumpai direktori. Penamaan direktori ini sepenuhnya diserahkan kepada anda. Hal ini menjadi penting jika banyak menggunakan hard disk.

20) Remote

Server Linux dapat dikonfigurasi dan diperbaiki secara remote (jarak- jauh).

21) Firewall

Linux dilengkapi dengan Firewall yang digunakan untuk mengatur jalannya lalu lintas data agar lebih lancer, sehingga lebih tahan terhadap ancaman luar dan dalam.

22) Shell Programmable

Yang memungkinkan sistem untuk menerima perintah ari user dan menjalankannya, shell merupakan salah satu antarmuka dalam Linux yang bersifat Command Line Interpreter/Interface (CLI).Dan distribusi Linux menyediakan semua program dan aplikasi (dalam CD atau disket), sehingga anda tidak perlu mencari, membeli, atau mendownload aplikasi tambahan lagi. Metode pengelolaan aplikasi tersebut juga tersedia dalam antarmuka CLI maupun Graphic User Interface (GUI).

Sistem operasi Linux merupakan multisistem operasi,yang artinya pengguna dapat dengan mudah berpindah dari sistem operasi ke sistem operasi lainnya, yang harus dilakukan hanyalah me-restart komputer, kemudian pada saat booting akan terdapat menu dimana pengguna dapat memilih sistem operasi mana yang akan digunakan. Menu inilah yang disebut booting manager.



Advertisement

Iklan Sidebar