Info Populer 2022

Apa Saja Yang Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika

Apa Saja Yang Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika
Apa Saja Yang Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika


Apa Saja Yang Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika - Teknik Informatika saat ini memang menjadi program studi favorite dibeberapa kampus terbaik di Indonesia. Tak sedikit lulusan SMA diseluruh Indonesia yang ingin mendaftar ke jurusan Teknik Informatika. Karena menurut mereka lulusan teknik informatika bisa menjadi hacker wkwkwk. Kalo kamu ingin menjadi hacker, nih baca aja Cara Hacker Bobol WiFi di PC/Laptop Dengan CMD Terbukti Ampuh 100% Work

Lalu apa saja yang harus kita kuasai sebelum masuk jurusan teknik informatika ini? Bagi kamu yang tidak suka dengan Matematika, mending jangan masuk jurusan ini. Mungkin dipikiran kamu, teknik informatika itu belajar terus tentang komputer, tapi nyatanya tidak. Dijurusan teknik informatika ini kamu akan bertemu kembali dengan materi matematika di SMA. Bahkan hampir dari seluruh mata kuliah teknik informatika ini berhubungan dengan Matematika. Bagi kamu yang gak suka Matematika coba pikir-pikir lagi sebelum masuk jurusan ini hehehe.

"Kenapa Teknik Informatika Belajar Matematika Lagi, Tidak Langsung Belajar Tentang Komputer?". Mungkin itu pertanyaan yang muncul dibenak kamu. Ibaratnya ketika kamu belajar gitar, kamu harus menguasai kunci-kunci dasarnya terlebih dahulu bukan? Tidak mungkin kamu belajar gitar langsung tampil membawakan sebuah lagu?. Begitupun dengan Teknik Informatika, kamu tidak akan langsung belajar tentang komputer melainkan dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Baca Nih : 9 Langkah Jitu Agar Lolos Seleksi di PTN dan Universitas Favorite


Dan berikut ini adalah dasar-dasar yang harus kamu kuasai jika ingin masuk ke jurusan Teknik Informatika. Kamu bisa mempersiapkan dari sekarang yaaa

BERHITUNG

Sudah saya sampaikan diatas, bahwa teknik informatika akan penuh sekali dengan hitungan dan hitungan. Jika kamu tidak menyukai Matematika dari semenjak SMA, hmm coba kamu pikir-pikir lagi deh sebelum menyesal ditengah jalan. Tapi bagi kamu yang menyukai hitungan, teknik informatika ini akan menjadi tantangan buat kamu.

Di semester awal-awal kamu akan belajar hampir seluruh mata kuliah yang berhubungan dengan Matematika, contohnya seperti Matematika Diskrit, Kalkulus, Fisika Telekomunikasi, Teknologi Informasi, dsb.

Silahkan bagi kamu yang kurang paham atau berhitungnya kurang bagus, bisa dilatih dari sekarang sebelum mulai masuk kuliah. Supaya tidak kaget saat proses pembelajaran berlangsung.

LOGIKA

Logika adalah Dasar pemikiran yang bisa diterima oleh akal sehat. Jika kamu masuk jurusan teknik informatika, logika adalah salah satu yang harus kuasai. Kenapa? karena logika ini akan digunakan pada pembuatan program, pembuatan aplikasi, dsb. Tanpa logika yang bagus, kamu akan kewalahan menghadapi materi-materi dijurusan teknik informatika.

Bisa dibilang bahwa logika ini adalah gerbangnya teknik informatika, karena sangat-sangat berpengaruh terhadap pembelajaran tentang komputer dan bahasa pemrograman nanti. Mata kuliah yang membahas logika adalah Matematika Diskrit, kamu akan dilatih untuk memecahkan masalah dengan logika yang tepat.

Yuk latih logika kamu dari sekarang dengan rajin mengerjakan soal-soal logika. Dengan begitu logika kamu akan terlatih. Sehingga kamu sudah terbiasa menghadapi sebuah masalah dengan logika.

Baca Nih : Tips Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

ALGORITMA

Apa sih algoritma itu? Algoritma adalah urutan, langkah-langkah untuk mencapai tujuan, simpelnya seperti itu. Artinya apa? ketika kamu menghadapi sebuah permasalahan, kamu harus menyelesaikan masalah itu dengan urutan yang jelas.

Sebenarnya kita selama ini sudah sering menggunakan algoritma dalam kehidupan sehari-hari loh, seperti algoritma mandi, algoritma makan, algoritma mencuci baju, dsb. Yaitu langkah-langkah kamu dalam mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan masalah.

Algoritma harus se-simple mungkin dan tidak bertele-tele. Algoritma juga harus jelas tidak boleh ambigu, contoh "setelah menyiapkan gelas, lalu ambil itu", Maksud dari kata "itu" tidak jelas, karena akan membuat bingung, dan algoritma tidak bisa seperti itu, algoritma harus jelas.

Contoh algoritma Mematikan Laptop pada Windows 7:
1. Klik Start
2. Lalu pilih tulisan "Shut Down"
3. Tunggu hingga laptop mati
4. Selesai

Buatlah sesimple mungkin dalam membuat algoritma. Silahkan kamu coba untuk membuat beberapa algoritma dikehidupan sehari-hari.

Baca Juga : 5 Bahasa Pemrograman Tersulit dan Terekstrim di Dunia!

Mungkin masih banyak sebenarnya yang harus kamu kuasai, tapi ketiga diatas saya rasa sudah cukup untuk kamu yang ingin masuk ke jurusan Teknik Informatika. Semoga kamu yang sedang daftar di universitas bisa diterima yaaa..

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat yaaa. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar dibawahh.
Terima kasih sudah mampir diblog sederhana ini, baca juga artikel saya yang lain yaaa
Advertisement

Iklan Sidebar