Info Populer 2022

Cara Agar Suara Merdu dan Nafas Panjang Tanpa Les Vocal

Cara Agar Suara Merdu dan Nafas Panjang Tanpa Les Vocal
Cara Agar Suara Merdu dan Nafas Panjang Tanpa Les Vocal
Cara Membuat Suara Merdu dan Nafas Menjadi Panjang - Apakah cita-cita kalian menjadi penyanyi? Atau kalian hanya ingin suara kalian menjadi merdu dan nafas kalian menjadi panjang? Kalian datang pada tempat yang pas. Tapi sebetulnya saya bukan seorang penyanyi, suara saya juga tidak terlalu bagus, namun saya sering berlatih dan bertanya kepada orang-orang yang mempunyai suara merdu, dan apa yang mereka katakan pada saya akan saya share juga kepada kalian yang ingin belajar bernyanyi dan membuat suara menjadi merdu. Jika suara kita merdu tentu kita akan percaya diri saat tampil di acara-acara kampus atau sekolah.

Baca juga : 9 Langkah Jitu Agar Lolos Seleksi di PTN dan Universitas Favorite

DAFTAR ISI
  1. APA ITU SUARA MERDU?
  2. KENAPA SUARA KITA HARUS MERDU SAAT BERNYANYI?
  3. PENYEBAB SUARA TIDAK MERDU DAN NAFAS PENDEK
  4. BAGAIMANA AGAR SUARA KITA MERDU
  5. PENUTUP

Suara-suara seperti Adele, Jason Marz, Bruno Mars, dsb. Atau yang didalam negeri seperti BCL, Ari lasso, Fiersa Besari, Ari lesmana, Tulus, Afgan, Iqbaal, dsb. Mereka mempunyai suara yang sangat merdu sehingga membuat kita yang mendengarkan menjadi suka dan menikmati lagu yang mereka bawakan.

Kita semua setuju bahwa suara merdu itu memang idaman para penyanyi atau yang hobi bernyanyi. Dan suara merdu itu tidak datang begitu saja, walaupun ada saja orang yang memang terlahir dengan suara merdu. Tapi jika kamu menganggap suaramu tidak merdu (jelek) kalian jangan putus asa. Kalian bisa melakukan beberapa hal berikut ini.


APA ITU SUARA MERDU ?

Sebelumnya apakah kita tahu apakah suara merdu itu? Sederhananya suara merdu yaitu suara yang enak didengar. Ini adalah modal utama seorang penyanyi atau kalian yang hobi bernyanyi. Dengan suara merdu, penonton akan lebih menyukai lagu yang kita bawakan.

Memang pengertian suara merdu menurut tiap orang berbeda-beda. Tapi intinya, dengan suara merdu dan nafas yang panjang, lagu yang kita bawakan akan lebih enak didengar dan disukai para pendengar.


KENAPA SUARA KITA HARUS MERDU SAAT BERNYANYI?

Pertanyaan ini sangat mudah untuk dijawab. Jawabannya, karena ketika suara kita merdu maka para pendengar akan menikmati lagu yang kita bawakan. Mereka akan ikut bernyanyi dengan kita, ikut merasakan makna dari lagu yang kita bawakan. Berbeda ketika kita bernyanyi dengan asal-asalan, para pendengar tidak akan suka, mereka akan bosan, atau bahkan akan meninggalkan kita yang sedang bernyanyi. Huhuhu sedih kan.

Setelah kalian tau kenapa kita harus merdu saat bernyanyi, saatnya kita mencari tahu penyebab suara kita tidak merdu, dan bagaimana agar suara kita menjadi merdu.


PENYEBAB SUARA TIDAK MERDU DAN NAFAS PENDEK
Nah kalian pasti bertanya-tanya "Kenapa suara saya tidak merdu?dan saya sering kehabisan nafas saat bernyanyi" . Ada banyak sekali penyebab suara tidak merdu dan nafas pendek, bisa karena kondisi kesehatan, kurangnya latihan, dsb. Berikut ini beberapa penyebab suara kalian tidak merdu :

#1. Kondisi Tubuh Kurang Fit
Jika tubuh kita kurang fit jangankan bernyanyi, berdiri saja kita tidak nyaman. Begitupun dengan suara. Jika kondisi tubuh kurang fit terutama bagian pita suara, maka suara kita akan terdengar kurang merdu.

Cara mengatasinya yaitu dengan menjaga pola makan, tidur yang cukup, rajin berolah raga, dsb. Bukan hanya atlet olahraga yang harus menjaga kondisi tubuh, seorang penyanyi pun harus menjaga kondisi tubuhnya.


#2. Sering Berteriak Tidak Jelas
Ada yang bilang jika kita berteriak maka akan membuat suara kita lebih halus dan lega, namun menurut saya itu kurang tepat. Karena jika kita terlalu sering berteriak, maka pita suara lama kelamaan akan terluka dan suara yang kalian keluarkan tidak merdu.

Oke mulai dari sekarang berhentilah berteriak tidak jelas, karena itu akan membuang-buang suaramu saja. Alangkah baiknya kamu menyimpan baik-baik suaramu sebelum kamu tampil bernyanyi, jadilah seorang pendiam sejenak sebelum kamu tampil bernyanyi.


#3. Grogi atau Tidak Rileks
Siapa disini yang pernah grogi saat akan tampil bernyanyi? Ketahuilah jika kita grogi saat bernyanyi, maka suara yang akan keluar pasti kurang merdu. Untuk itu, sebelum tampil silahkan rileks dan banyak-banyak minum air putih.

Selain itu grogi juga bergantung pada masalah jam terbang. Yaitu seberapa sering kamu tampil didepan banyak orang? Seberapa kuat mentalmu saat tampil didepan banyak orang. Ketika kamu terbiasa tampil didepan banyak orang, maka grogi ini sudah tidak akan muncul lagi. Yuk makanya banyak-banyakin tampil didepan banyak orang yaa.


#4. Bernyanyi Dengan Asal-asalan
Jika kondisi tubuh kita fit, kita tidak grogi, kita tidak sering berteriak, dsb. Tetapi kenapa suara kita tetap saja masih kurang merdu? Jawabannya kalian mungkin kamu bernyanyi dengan asal-asalan. Maksudnya kamu bernyanyi tanpa rasa, tanpa memperhatikan nada dan iramanya. Yang ada dipikiran kamu hanya yang penting bernyanyi. Oleh sebab itu, banyak-banyak lagi berlatih bernyanyi supaya suara kalian bisa merdu dan sebagus penyanyi-penyanyi top Indonesia.

Mintalah keluargamu atau temanmu untuk mendengarkan kamu bernyanyi. Lalu mintalah komentar dari mereka setelah kamu bernyanyi. Dengan begitu kamu tahu salahnya dimana dan segeralah perbaiki kesalahannya


#5. Kurang Persiapan atau Dadakan
Sesuatu yang tidak dipersiapkan tentu hasilnya tidak akan sebagus yang sudah dipersiapkan. Tetapi bagaimana jika kita tiba-tiba disuruh bernyanyi  tanpa ada persiapan terlebih dahulu? Untuk menjawab pertanyaan itu ada di nomor selanjutnya.


#6. Kurang Latihan
Nah ini penyebab paling sering kita temukan, kita semua tahu dari dulu sampe sekarang bahwa yang namanya latihan itu sangat berguna. Dengan latihan terus-menerus sesuatu yang kita inginkan akan tercapai.

Ketika kita sering latihan maka kapanpun dan dimanapun kita tiba-tiba diminta bernyanyi, maka kita akan siap. Maka jangan aneh ketika para penyanyi top walaupun terlihat dadakan saat diminta bernyanyi, namun suaranya tetap mantap dan merdu bukan? itulah hasil dari latihan dan latihan.


#7. Dan masih banyak lagi



BAGAIMANA AGAR SUARA KITA 
MENJADI MERDU DAN NAFAS MENJADI PANJANG?



Bukan hal mustahil suara kita bisa sebagus penyanyi top Indonesia, karena mereka para penyanyi top pun pasti tidak mungkin langsung bisa bernyanyi. Mereka pasti terus berlatih tak kenal lelah setiap hari hingga bisa menjadi penyanyi top seperti sekarang ini. Kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut ini supaya suara kalian menjadi merdu :


#1. Jaga Kondisi Tubuh
Kita tahu penyebab suara tidak merdu salah satunya adalah karena kondisi tubuh kita kurang fit. Oleh karena itu, jagalah kondisi tubuh kita terutama pita suara kita. Apalagi jika kita akan tampil bernyanyi didepan orang banyak, maka kita harus menjaga pita suara kita agar hasilnya memuskan.

Menjaga kondisi tubuh tidak harus yang ribet-ribet, cukup yang dasar saja seperti istirahat yang cukup, jaga pola makan, rajin berolah raga, dsb. Memang terdengar tidak ada hubungannya dengan bernyanyi, karena bernyanyi menggunakan pita suara. Tapi coba kalian pikirkan baik-baik, bagaimana pita suara kalian akan fresh jika kondisi kaliannya saja sedang tidak fit.


#2. Rileks Ketika Bernyanyi
Cara satu ini sangat sangat berpengaruh ketika kita bernyanyi. Ketika rileks bernyanyi, maka suara yang akan keluar merdu. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam lalu buang dan lakukan sebelum kalian tampil supaya kalian lebih rileks dan tidak grogi.

Berpikir positif ketika hendak tampil bernyanyi, bukannya membayangkan bagaimana jika salah, bagaimana jika penonton tidak suka, hilangkan pikiran-pikiran seperti itu. Focus pada penampilan dan jangan grogi temen-temen.


#3. Perbanyak Minum Air Putih
Pita suara adalah elemen penting saat kita bernyanyi. Dengan banyak minum air putih maka kondisi pita suara kita akan lebih sehat dan fresh, sehingga suara kita bisa merdu.

Cobalah minum air putih setiap hari maupun sebelum kalian tampil bernyanyi. Jangan minum air yang bersoda ataupun makanan yang pedas ya ketika akan tampil bernyanyi, karena itu sangat fatal. Makanan peda bisa membuat perut panas dan tenggorokan kering. Tidak lucu kan ketika kalian sedang tampil bernyanyi tiba-tiba perut kalian mules. Hayo mau gimana?


#4. Bernyanyi Dengan Perasaan
Ketika kita melakukan sesuatu dengan penuh perasaan, maka hasilnya akan memuaskan. Begitu juga dengan bernyanyi. Bernyanyi juga harus menggunakan perasaan dalam membawakannya. Tidak asal-asalan semaunya kita.

Kalian bisa rasakan bedanya ketika orang yang bernyanyi dengan perasaan dengan orang yang bernyanyi tanpa perasaan. Pasti lebih enak dan merdu orang yang menggunakan perasaan. Nah oleh karena itu, cobalah kamu bernyanyi dengan penuh perasaan maka pendengar akan merasakan betapa tulusnya kamu bernyanyi. Asekkk


#5. Hindari Makanan Pedas dan Berminyak
Jika kalian seorang penyanyi ataupun hendak bernyanyi, sebaiknya hindari dulu makan pedas dan berminyak, karena itu bisa mengganggu pita suara kalian. Boleh dikonsumsi sehari-hari tetapi dengan jumlah yang sedikit dan tidak melebihi batas yaa.

Tapi disarankan sih hindari makanan itu ketika kalian akan tampil bernyanyi didepan orang banyak. Supaya suara kalian tidak terganggu. Karena makanan pedas dan berminyak akan membuat pita suara kering dan tidak enak, dan khawatir akan membuat penampilan kalian terganggu.


#6. TERUS BERLATIH
Kenapa saya capslock tulisan diatas? Karena yang terpenting dari yang terpenting adalah LATIHAN. Banyak orang yang selalu ingin instan. Mereka tidak mau berlatih, tidak mau berjuang, tetapi ingin sehebat penyanyi top, dan itu hanya omong kosong.

Karena tanpa berlatih, kalian tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Ingatlah "Hasil tidak akan membohongi proses". Artinya, ketika kita berjuang dan bekerja keras latihan maka hasilnya pun tidak akan mengecewakan.

Penyanyi top yang  kalian lihat sekarang adalah buah hasil latihan mereka selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan bertahun-tahun. Wajar jika suara mereka tidak diragukan lagi. Kalian juga bisa seperti mereka, kalian bisa seperti Afgan, Tulus, Ari Lasso, dsb. Dengan cara BERLATIH terus-menerus. Oke semangat yaaa teruslah berlatih


PENUTUP
Setelah kalian mencoba beberapa cara diatas, semoga suara kalian bisa semerdu penyanyi-penyanyi top Indonesia yaa. Intinya teruslah berlatih dan lakukan cara-cara diatas supaya suara kalian merdu. Dan cara-cara diatas juga bisa membuat nafas kalian panjang saat bernyanyi.

Tak terasa udah diujung tulisan, mohon maaf bila saya kurang detail dalam menjelaskan. Apabila temen-temen punya tips lain bisa dong share di kolom komentar, supaya kita bisa sharing dengan yang lain.

Jangan sungkan juga untuk memberikan kritik dan sarannya dari temen-temen, supaya saya lebih baik lagi kedepannya dalam menulis artikel.
Terima kasih sudah mampir diblog saya, semoga bermanfaat ya temen-temen..
Advertisement

Iklan Sidebar