Info Populer 2022

Dsp : Bab Chipset Yang Tak Kalah Penting Dari Cpu Dan Gpu

Dsp : Bab Chipset Yang Tak Kalah Penting Dari Cpu Dan Gpu
Dsp : Bab Chipset Yang Tak Kalah Penting Dari Cpu Dan Gpu


source image : Qualcomm
 Hallo temen temen semua kembali lagi di
Kalau lagi ngbrolin wacana smartphone, biasanya yang jadi pertanyaan utamanya "CPU-nya apa?apa GPU nya Adreno 510?COre nya A72 apa A53?" Itu semua niscaya udah tau lah dan sering diomongin. Nah, dikala kalian main musik, ditaru di meja, niscaya layarnya mati kan. Ini yang bekerja bukan CPU-nya yg A53 atau A72 nya . 

Itu yang bekerja yaitu Co- processor atau DSP (Digital Signal Processor) yang berada di dalam chipset smartphone kalian. Apa itu co-prosesor? co-prosesor yaitu prosesor yang mempunyai kemampuan lebih spesifik. Ia dirancang khusus untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan tertentu, dengan efisiensi lebih tinggi dan daya yang lebih rendah.
Jika smartphone kalian memakai chipset Snapdragon, salahsatu DSP nya yaitu Hexagon DSP. DSP ini berhubungan dengan ISP ( Imange Signal Processor) untuk memproses sinyal dari kamera dikala mengambil foto/video. 

Jika kerjaan itu saja kerjaan dilakukan CPU, maka HP kau niscaya gk bertahan sejam. Lalu, kerjaan keduanya yaitu nonton video dan ngeplay musik. Itu yang nge-decode video dan musik tersebut yaitu Hexagon DSP.

Makanya kalau kau memakai chipset Snapdragon, kau bisa menikmati video yang berdurasi usang atau maen musik dengan durai yang lama.

DSP juga membaca sinyal - sinyal sensor termasuk sensor fingerprint. Jadi, kalau kau mau membuka hp kau dengan fingerprint, kau gk peru nyalain hp kamu. Itu yang kerja bukan hanya Hexagon tapi juga co-prosesor lain yang namanya Security Block yang menyimpan data fingerprint kamu.

Kalau contohnya tidak ada Hexagon ini, seharian nunggu data dari fingerprint kamu, HP kau niscaya tidak akan tahan sejam gan.
Jadi sudah terperinci bahwa DSP sangatlah penting perannya. Karena kerjaannya mirip mirip manajer yang kerjaannya kerjasama untuk ngebangunin co-prosesor dan prosesor utama yang ada di chipset kamu.


source image : Qualcomm
Ngomongin co-prosesor, di dalam chipset Snapdragon dengan seri 625 juga ada modem X9 dimana ia sudah bisa mencapai kecepatan maksimum download 300 Mbps dan kecepatan upload maksimum sampai 150 Mbps. Itu sudah niscaya aman. Jika kau ke Indonesia di manapun, kecepatan segitu niscaya tidak akan lewat. 

Modem ini juga bisa memproses keluar masuknya data se-efisien mungkin. Makara bisa streaming berjam-jam. Zaman dulu acara ini masih belum bisa dilakukan. naun kini memungkinkan alasannya yaitu perkembangan modem ini yang merupakan salahsatu co-prosesor yang ada dalam suatu chipset.

Selain itu, dalam chipset Snapdragon juga ada yang namanya iZAT LOCATION SYSTEM. co-prosesor ini sanggup memilih posisi kau dari banyak sekali macam sinyal yang ada di sekitarnya bukan hanya sinyal satelit GPS.

Jadi beliau bisa digunakan untuk bernavigasi kalau kau dalam ruangan, underpass, atau bahkan overpass. Dia sanggup menghilangkan data lokasi kau berkat iZAT LOCATION SYSTEM ini.


Nah semua co-prosesor itu diatur sedemikian rupa kaban berdiri dan jalannya oleh DSP. Jadi, bukan hanya CPU dan GPU yang penting. Tapi DPS juga penting. Dia yang memilih seberapa lancar user experience kau dan seberapa usang baterai kau tahan.
Advertisement

Iklan Sidebar