Info Populer 2022

Bagaimana Aku Dapat Memulai Bisnis Dengan Modal Sangat Kecil?

Bagaimana Aku Dapat Memulai Bisnis Dengan Modal Sangat Kecil?
Bagaimana Aku Dapat Memulai Bisnis Dengan Modal Sangat Kecil?
Nasihat apa yang sanggup Anda berikan kepada seseorang yang ingin memulai bisnis dengan modal yang sangat kecil? Memulai bisnis dengan modal sangat sedikit sangat menantang, tetapi bisa dilakukan. Pengusaha sering gelisah dan selalu terpengaruhi untuk "pergi" dengan ilham bisnis bahkan ketika Anda tidak mempunyai semua yang Anda butuhkan. 

Tetapi kenyataannya yaitu bila Anda kehabisan uang tunai Anda sudah simpulan - bahkan bila bisnis Anda “secara teknis” menguntungkan. Memulai dengan modal yang sangat kecil paling baik bila Anda dibayar segera, mempunyai overhead rendah, dan tidak mempunyai inventaris tinggi atau biaya tenaga kerja.

Dalam bisnis apa pun, arus kas yaitu segalanya dan sering kali ada kesenjangan besar antara waktu ketika Anda dibayar dan ketika tagihan jatuh tempo. Pengeluaran tak terduga, penipuan, atau pelanggan yang tidak puas sanggup menenggelamkan seluruh bisnis Anda bila Anda tidak mempunyai alas atau jalur kredit dengan bank. Beberapa pengusaha telah memakai kartu kredit langsung untuk menjaga semuanya berjalan. Ketika bisnis Anda tumbuh, problem ini akan beragam melewati titik di mana kartu kredit dan pinjaman langsung sanggup menciptakan Anda bertahan.
Nasihat apa yang sanggup Anda berikan kepada seseorang yang ingin memulai bisnis dengan moda Bagaimana Saya Bisa Memulai Bisnis Dengan Modal Sangat Kecil?

Jika Anda akan memulai dengan modal yang sangat sedikit, Anda perlu merencanakan dengan hati-hati dan menghemat semua uang yang Anda bisa. Ini dimulai dengan model bisnis Anda. Idealnya, Anda memulai bisnis dengan biaya yang sangat sedikit, dengan Anda sebagai sumber utama tenaga kerja, dan model yang sanggup menskala ketika Anda tumbuh. Ingatlah bahwa bisnis apa pun dengan model ini akan mempunyai banyak pesaing, jadi Anda harus bersaing ketat untuk mendapatkan pelanggan.

Beberapa hal yang perlu diingat:
  • Jangan menghabiskan satu rupiah tanpa memikirkan bagaimana rupiah itu akan menumbuhkan bisnis Anda. Jika apa yang Anda beli tidak menciptakan Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan atau memungkinkan Anda melayani lebih banyak pelanggan, jangan membelanjakannya. Menjaga contoh pikir lean akan menciptakan Anda tetap rendah hati dan fokus. Jaga supaya biaya Anda rendah dan hasilkan setiap rupiah.
  • Akun bisnis Anda bukan celengan langsung Anda. Bersiaplah untuk mendapatkan sedikit atau tidak ada honor untuk tahun pertama bisnis Anda, bahkan ketika membayar karyawan. Untuk beberapa tahun pertama bisnis Anda, Anda mungkin yaitu karyawan dengan bayaran terendah. Turunkan pengeluaran langsung Anda hingga mendekati nol.
  • Jangan menganggap Anda harus membeli segalanya untuk bisnis Anda. Menyewa yang tersedia untuk hampir semua hal. Jika Anda gres memulai bisnis Anda tidak akan memenuhi syarat untuk jalur kredit tanpa Anda menandatangani dan menjamin pinjaman secara pribadi. 
  • Manfaatkan cloud dan kemampuan perangkat lunak sebagai layanan. Sebelum Anda menghabiskan satu rupiah untuk perangkat lunak apa pun, lihat apakah ada alternatif yang sanggup dipakai untuk biaya bulanan - perangkat lunak akuntansi, CRM, perencanaan penjualan, administrasi proyek, email, penyimpanan file cloud. Aplikasi cloud memungkinkan Anda membayar per pengguna per bulan dan Anda sanggup meningkatkan atau menurunkan sesuai kebutuhan bisnis Anda.
  • Menunda membuka ruang kantor fisik kecuali Anda benar-benar harus. Ruang kantor itu mahal sewanya, dan kecuali bila Anda perlu bertemu pelanggan di kantor Anda atau mempunyai ritel fisik atau ruang pabrikan, jangan buka kantor. Banyak loh perusahaan yang tidak membuka kantor sendiri hingga setahun lebih semenjak dimulai.
  • Jangan membeli peralatan baru. Bisnis selalu bangkrut. Hampir semua yang Anda butuhkan mulai dari perabot kantor hingga peralatan pabrik sanggup dibeli bekas. Bicaralah dengan bankir bisnis Anda - mereka sering mengetahui bisnis lain yang melarat dan dilikuidasi dan bank ingin aset-aset ini hilang dari pembukuan mereka. Terkadang Anda sanggup memasuki bisnis dengan modal yang sangat sedikit. (Misalnya, Domino's Pizza dimulai seharga $ 900, dengan membeli pizza Domi-Nick. Mereka tidak punya cukup uang untuk mengubah tanda, sehingga mereka melaksanakan edit cepat).
  • Jadikan bankir bisnis Anda sebagai teman terbaik Anda. Jika bisnis Anda mendapatkan uang tunai atau cek dalam pembayaran layanan, masukkan setoran itu ke cabang Anda selama jam kerja dan pastikan Anda menyapa manajer bank dan manajer perbankan bisnis setiap minggu. Akhirnya, Anda akan memerlukan jalur kredit atau pinjaman dari bank dan itu bukan pertama kalinya Anda ingin bertemu seorang bankir. Jika mereka tahu siapa Anda dan sering melihat Anda, Anda akan lebih gampang mendapatkan pertolongan ketika Anda membutuhkannya.
  • Pelajari beberapa prinsip akuntansi dasar. Anda tidak harus menjadi seorang CPA atau bahkan seorang akuntan (Anda selalu sanggup menyewa seorang), tetapi Anda perlu memahami cara melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dan sanggup memilih aktivitas mana yang menguntungkan dan mana yang tidak. Anda juga harus sanggup memperkirakan arus kas - saya tidak bisa cukup menekankan hal ini. Peristiwa dan biaya tak terduga akan muncul. Tanpa modal yang cukup, Anda bisa terlihat sukses di dunia luar dan masih gulung tikar. Semakin banyak Anda tahu ihwal bisnis Anda, semakin banyak kontrol yang Anda miliki.
  • Jangan buru-buru menghire karyawan full time. Karyawan penuh waktu yaitu overhead yang besar, dan Anda sanggup menyewa layanan bisnis dan freelancer untuk melaksanakan hampir semua kebutuhan bisnis Anda hingga Anda berada pada skala di mana Anda membutuhkan karyawan penuh waktu - dan bahkan 2 atau 3 freelancer paruh waktu yang mahir masih mungkin pilihan yang lebih baik.
  • Pilih pelanggan atau kuantitas yang berkualitas: Pelanggan yang baik yang gampang bekerja dan membayar sempurna waktu lebih baik daripada tiga pelanggan jelek yang menghabiskan dua kali lebih banyak tetapi tidak pernah membayar sempurna waktu dan sulit untuk ditangani. Jika Anda melacak waktu yang dihabiskan untuk berurusan dengan pelanggan yang buruk, Anda akan segera mengetahui bahwa Anda bahwasanya kehilangan uang. Jangan takut memecat pelanggan Anda.
Selalu ingat bahwa "uang tunai yaitu raja" dan keuntungan higienis (apa yang bahwasanya Anda simpan sesudah semua tagihan dibayarkan) lebih penting daripada tujuan pendapatan yang tinggi. Jika Anda kehabisan uang tunai, dan tidak sanggup mengamankan jalur kredit (atau telah kehabisan jalur kredit Anda), Anda telah selesai. Untuk menjadi sukses, Anda benar-benar harus fokus pada aktivitas bernilai tinggi dan investasi yang menumbuhkan bisnis Anda.

Di sisi positifnya, kebiasaan Anda berguru menumbuhkan perjuangan kecil akan bermanfaat bagi Anda di masa depan. Kadang-kadang mempunyai terlalu banyak modal awal lebih jelek untuk bisnis - itu memperlihatkan delusi awal kesuksesan dan mengarah pada proses dan praktik bisnis yang boros. Dengan memulai bisnis kecil, Anda akan lebih cenderung mempertahankan praktik keuangan yang disiplin ketika bisnis Anda tumbuh.

Semoga ini bermanfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar