Info Populer 2022

7 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat

7 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat
7 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat
7 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat - Jerawat adalah masalah yang sering dihadapi oleh pria maupun wanita. Hampir semua orang meresahkan munculnya jerawat ini. Bukan tanpa sebab, karena munculnya jerawat bisa berdampak kepada aktivitas kita sehari-hari.

Jerawat membuat kita menjadi kurang percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas. Ditambahkan rasa sakit yang dipicu oleh jerawat tersebut membuat kita menjadi tidak nyaman. Bayangkan saja ketika wajah kita penuh dengan jerawat tentu akan membuat kita kurang percaya diri.

Kondisi seperti ini bukan hanya dialami oleh orang dewasa, kaum remaja pun sering mengeluh karena jerawat yang muncul. Dan justru ketika masa pubertas lah jerawat biasanya sering muncul.

Informasi : Apakah benar ketika memakan semut kita akan bodoh 40 hari? Mitos atau fakta? Cek jawabannya Makan Semut Bodoh 40 Hari Mitos Atau Fakta? Ternyata Ini Bahaya Memakan Semut


PENYEBAB JERAWAT


 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat 7 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat

Lalu apasih penyebab itu muncul? Ada banyak sekali penyebab jerawat muncul, salah satunya adalah kurangnya menjaga kebersihan diarea wajah. Berikut adalah beberapa penyebab munculnya jerawat :

1. Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Kebiasaan ini pasti sering kita lakukan dengan sadar maupun tidak sadar. Bakteri yang menempel pada tangan akan berpindah ke wajah kita, dan akibatnya muncul lah jerawat.

Bukan hanya tangan, benda-benda seperti handphone, make-up, dan keringat juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.



2. Air tidak bersih

Air yang tidak bersih tentu mempunyai bakteri kotor. Ketika kita mencuci muka dengan air yang kurang bersih maka jerawat akan muncul. Bakteri yang terkandung di air akan berpindah ke wajah kita.



3. Rambut yang kotor

Orang yang tidak menjaga kebersihan rambutnya akan rentan terkena jerawat. Rambut yang kotor akan menempel pada wajah sehingga muncul jerawat. Maka rajinlah menjaga kebersihan rambut, dan hindari pemakaian produk rambut pada area dahi.



4. Terlalu sering mencuci muka dengan sabun muka

Kita pasti sering mencuci muka hampir setiap hari, bahkan ada juga yang setiap 6 jam sekali. Niatnya baik karena ingin menjaga kebersihan wajah. Tapi terlalu sering mencuci muka dengan sabun akan membuat kulit wajah menjadi sensitif dan mudah diserang kuman.

Padahal wajah sudah memproduksi minyak alami yang melembabkan dan melindungi wajah. Bahan kimia yang terdapat pada sabun muka akan membunuh semua bakteri pada wajah, termasuk bakteri yang menguntungkan. Karena bahan kimia tersebut tidak bisa membedakan mana bakteri baik dan bakteri jahat.



5. Sering mengorek dan memencet jerawat

Kebiasaan ini sering sekali dilakukan banyak orang. Mereka terlihat greget dengan jerawat dan ingin segera memencetnya. Padahal kebiasaan seperti itu justru akan membuat jerawat semakin bertambah banyak.

Ketika kamu sering memencet jerawat, maka kulit akan melunakkan kulit sehingga kulit menjadi mudah sobek. Dan cairan yang keluar saat kamu memencet jerawat itu bisa membuat jerawat baru tumbuh.



6. Pakai kosmetik yang salah

Bagi wanita yang sering menggunakan kosmetik, ada baiknya sesuaikan dengan kulit kalian. Jangan sampai kulit kalian menjadi alergi karena pemakaian kosmetik tersebut sehingga muncul jerawat setelah menggunakannya.

Jika kulit kalian rentan terkena jerawat maka gunakanlah kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit yang berminyak dan berjerawat.


7. Masih banyak lagi..




CARA MENGHILANGKAN JERAWAT


Setelah kita mengetahui penyebab jerawat, marilah kita membahas cara menghilangkan jerawat tersebut. Ketika sudah terlanjur muncul jerawat, ada baiknya kalian lakukan hal-hal dibawah ini untuk menghilangkan jerawat. Berikut cara menghilangkan jerawat :


1. Lidah buaya

Tumbuhan yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah bisa menghilangkan jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang bisa menghilangkan jerawat jika digunakan secara teratur.

Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu ambil lidah buaya dan ambil gel yang terdapat didalamnya. Lalu oleskan gel lidah buaya tersebut kebagian wajah. Diamkan selama 20 - 30 menit lalu bilas dengan air bersih.



2. Bawang putih

Selain untuk bumbu dapur, ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. bawang putih memiliki zat sulfur yang bisa menghilangkan jerawat.

Cara pemakaiannya yaitu ambil 1 siung bawah putih, lalu potong menjadi beberapa bagian dan tempelkan pada bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.



3. Madu

Madu terbukti bisa menghilangkan jerawat. Selain menyehatkan ketika diminum, madu juga bisa menyehatkan kulit. Cara pemakaiannya sangatlah mudah, yaitu madu digunakan sebagai masker jerawat setiap hari.



4. Alpukat

Vitamin E yang terkandung didalam alpukat bisa menghilangkan jerawat. Vitamin E berfungsi melembutkan kulit serta mengurangi peradangan kulit akibat jerawat.

Cara pemakaiannya adalah ambil daging buah alpukat lalu haluskan hingga membentuk masker. Lebih baik lagi jika ditambahkan satu sendok madu. Lalu oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20 - 30 menit setelah itu bilas dengan air bersih.



5. Pasta gigi

Untuk kamu yang bingung mencari bahan-bahan diatas, pasta gigi adalah solusinya. Pasta gigi memiliki kandungan hidrogen, fluorin, dan triclosan yang bisa mencegah iritasi pada kulit. Selain itu, pasta gigi juga bisa mengeringkan peradangan jerawat.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu oleskan pasta gigi ke area yang terkena jerawat lalu diamkan selama 10-20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.



6. Kulit jeruk

Setelah kamu memakan jeruk, jangan buang kulit jeruknya. Karena kulit jeruk bisa menghilangkan jerawat. Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin A dan C yang terbukti bisa menghilangkan jerawat.

Cara pemakaiannya adalah jemur kulit jeruk hingga kering. Lalu tumbuk hingga halus, tambahkan air sedikit lalu oleskan pada wajah seperti masker. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.




CARA MENCEGAH JERAWAT MUNCUL KEMBALI


Setelah jerawat kamu hilang dan wajahmu menjadi bersih kembali. Tentu itu menjadi kebahagiaan tersendiri. Tapi setelah jerawat hilang, jerawat bisa saja muncul kembali jika kamu masih melakukan kebiasaan seperti yang tadi sudah dibahas.

Berikut cara mencegah jerawat muncul kembali :

1. Bersihkan wajah

Jika kita ingin terhindar dari jerawat, tentu kita harus menjaga kebersihan wajah dengan cara mencuci wajah dengan air biasa, tapi pastikan airnya bersih. Sesekali boleh menggunakan sabun cuci muka.



2. Kurangi penggunaan make up

Kurangi pemakaian make up yang berlebihan untuk mengatasi jerawat tidak muncul lagi. Gunakan make up yang tidak mnegandung pewangi dan bebas minyak. Gunakan make up secara tipis saja, karena jika terlalu tebal bisa menyumbat pori-pori sehingga jerawat bisa muncul kembali.



3. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor

Sudah dijelaskan bahwa tangan yang kotor menjadi penyebab jerawat muncul. Bakteri kotor pada tangan akan berpindah ke wajah sehingga muncul jerawat. Untuk itu, hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor, dan pastikan tangan selalu bersih jika ingin menyentuh wajah.



4. Jaga kebersihan rambut

Rambut yang kotor bisa menyebabkan bakterinya berpindah ke wajah. Rajinlah menjaga kebersihan rambut, namun bukan berarti sering keramas, karena terlalu sering keramasa pun tidak baik untuk kesehatan rambut. Cukup bilas dengan air bersih.



5. Lakukan olahraga ringan secara rutin

Olahraga yang rutin akan membuat kulit melakukan regenerasi yang lebih baik. Dan kulit akan menjadi lebih sehat. Tapi pastikan ketika berkeringat jangan mengelapnya dengan tangan yang kotor. Kamu bisa gunakan kain yang bersih untuk mengelap keringat.


 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat 7 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat



PENUTUP


Tak terasa sudah diujung kalimat karena saking asyiknya membahas 7 Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkannya Secara Cepat. Intinya tetap menjaga kebersihan wajah maupun anggota badan yang lain.

Cintai tubuhmu, jangan sampai penyakit yang parah datang hanya karena kamu melakukan kebiasaan yang buruk. Hentikan kebiasaan yang buruk dan mulai melakukan kegiatan yang sehat dan bermanfaat.

Terima kasih sudah mampir diblog saya, silahkan share artikel ini supaya kita semua terbebas dari jerawat yang membandel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Good luck!
Advertisement

Iklan Sidebar