Info Populer 2022

Cara Menahan Lapar dan Haus Saat Puasa

Cara Menahan Lapar dan Haus Saat Puasa
Cara Menahan Lapar dan Haus Saat Puasa
Cara Menahan Lapar dan Haus Saat Puasa - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Dimana umat muslim akan melaksanakan yang namanya puasa. Apa sih puasa itu? Puasa adalah menahan diri dari lapar, haus, dan segala sesuatu yang bisa membuat batal puasa.

Ketika kita sedang berpuasa, tentu banyak sekali godaan yang akan datang, seperti rasa lapar dan haus. Lalu bagaimana cara kita menahan godaan itu? Tenang, dalam artikel ini saya akan jelaskan mulai dari manfaat berpuasa hingga cara menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Puasa memiliki banyak sekali manfaat. Selain kita melakasanakan ibadah (Bagi umat muslim) kita juga bisa mendapat manfaat dari berpuasa. Apa saja manfaat puasa ? Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan saat berpuasa :
  • Dapat membantu menurunkan berat badan
  • Memperbaiki pola makan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Memperbaiki sensitifitas insulin
  • mempercepat metabolisme
  • Dsb
Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan saat berpuasa. Jadi, jangan malas berpuasa yaa..



CARA MENAHAN LAPAR DAN HAUS SAAT PUASA



Setelah kita membaca manfaat berpuasa, tentu kita jadi ingin berpuasa. Terkadang banyak orang yang tidak kuat saat berpuasa. Ada yang tergoda rasa lapar hingga akhirnya melakukan hal yang bisa membatalkan puasa.

Tapi tenang, dibawah ini ada beberapa cara menahan lapar dan haus saat berpuasa, sehingga kamu akan kuat berpuasa seharian.

1. Jangan makan mie atau bubur saat sahur

Ketika kamu makan mie atau bubur saat sahur, maka sensasi kenyang yang akan kamu dapatkan hanya sebentar saja. Itulah yang mengakibatkan munculnya rasa lapar saat berpuasa.

Alangkah baiknya saat sahur makanlah makanan yang berserat tinggi dan protein. Atau kamu juga bisa memakan buah dan sayuran dibanding mie atau bubur.



2. Melakukan kegiatan yang bermanfaat

Saat berpuasa bukan berarti kita malas-malasan, tidak melakukan kegiatan apapun. Jika kita berdiam saja, justru itu akan membuat rasa lapar dan haus muncul. Cobalah melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Tetaplah melakukan aktivitas seperti biasa. Jangan jadikan puasa sebagai alasan kita malas-malasan. Bukankah ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah? Jadi ayo kita melakukan kegiatan yang bermanfaat.



3. Tidak sering melihat jam

Terdengar unik namun jika kamu sering melihat jam, itu bisa membuatmu menunggu-nunggu untuk berbuka puasa sehingga rasa lapar dan haus itu akan muncul.

Padahal jika kamu sering melihat jam, maka waktu akan terasa begitu lambat. Jadi jangan terlalu sering melihat jam yaa, apalagi siang hari..



4. Minum yoghurt saat berbuka dan sahur

Walaupun yoghurt asam tapi baik untuk berbuka puasa dan sahur. Karena yoghurt memiliki kandungan kalori, lemak, dan protein.

Saat kamu sahur minumlah yoghurt menjelang imsak. Maka sensasi kenyang yang kamu dapatkan akan lebih lama. Sehingga kamu akan kuat berpuasa seharian.



5. Hindari makanan asin saat sahur

Makanan asin membuat kita lebih  mudah dehidrasi. Saat kita mengkonsumsi makanan asin saat sahur, maka kita akan merasa haus saat pagi hari.

Sebaiknya hindari makanan asin, dan perbanyaklah minum air putih saat sahur.



6. Jalan-jalan pada sore hari

Orang sunda biasa menyebut ini dengan 'ngabuburit'. Terdengar aneh, kita sedang lapar dan haus ko malah jalan-jalan? Ternyata berjalan-jalan ataupun olahraga ringan pada sore hari, akan mengalihkan rasa lapar kita.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah waktunya. Lakukanlah menjelang berbuka puasa, misalnya jam 5 sore. Jangan melakukan kegiatan ini pada siang hari, karena resiko untuk mengalami dehidrasi sangat tinggi.




PENUTUP



Segitu saja artikel kali ini, sekali lagi selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Untuk kamu yang ingin berpuasa, siapa tau kamu lupa niat untuk berpuasa hihihi dibawah ini ada niat atau doa untuk berpuasa dibulan ramadhan. Niatnya adalah :

"Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'aala"

Terima kasih sudah mampir diblog saya yang sederhana ini, semoga kita bisa menjalankan puasa dengan lancar tanpa gangguan apapun..

Jangan lupa baca juga artikel saya yang lain..

Selamat berpuasa ;)..
Advertisement

Iklan Sidebar