Info Populer 2022

Error 0x80d06802 Windows Update dan Microsoft Store

Error 0x80d06802 Windows Update dan Microsoft Store
Error 0x80d06802 Windows Update dan Microsoft Store
 Windows Updates adalah bagian yang sangat tidak terpisahkan dari sistem operasi Windows  Error 0x80d06802 Windows Update dan Microsoft Store

Windows Updates adalah bagian yang sangat tidak terpisahkan dari sistem operasi Windows 10 yang diikat dengan mekanisme Microsoft Store. Microsoft Store ini mendukung platform UWP yang mendistribusikan aplikasi modern untuk perangkat Windows 10 kepada pengguna. Tetapi beberapa pengguna telah mengalami kode error 0x80d06802 saat download menggunakan mekanisme Windows Update.

There were problems installing some updates but we’ll try again later. If you keep seeing this and want to search the web or contact support for information, this may help: Error 0x80d06802.

Ini dapat disebabkan karena beberapa konflik dengan layanan pendukung untuk menjalin kontak dari klien ke Layanan Microsoft.

Error 0x80d06802 Windows Update

Kami akan melakukan perbaikan berikut untuk menyingkirkan kode Error 0x80d06802 untuk Microsoft Store pada Windows 10,

  1. Reset komponen Windows Update.
  2. Periksa Tanggal dan Waktu Anda.
  3. Re-register 3 file DLL ini.

1] Reset komponen Windows Update.

Anda perlu menghapus isi folder SoftwareDistribution & mengatur ulang folder Catroot2.

Cara mengganti nama atau menghapus folder SoftwareDistribution di Windows 10/8/7

Folder Software Distribution di sistem operasi Windows adalah folder yang terletak di direktori Windows dan digunakan untuk menyimpan sementara file yang mungkin diperlukan untuk menginstal Windows Update pada komputer Anda. Karena itu diperlukan oleh Pembaruan Windows dan dikelola oleh WUAgent.

Lokasi folder SoftwareDistribution

Folder SoftwareDistribution terletak di lokasi berikut di File Explorer:

C:\Windows\SoftwareDistribution

Di komputer saya ukurannya sekitar 1 MB, tetapi ukurannya bisa bervariasi.

Apakah aman untuk menghapus folder SoftwareDistribution

Meskipun Anda tidak ingin menyentuh folder ini dalam kondisi normal, Anda mungkin perlu mengosongkan isinya seandainya Anda menemukan bahwa Datastore sistem Anda dan folder Unduhan telah disinkronkan, sehingga Pembaruan Windows Anda tidak berfungsi dengan benar.

Secara umum aman untuk menghapus isi folder Distribusi Perangkat Lunak, setelah semua file yang diperlukan telah digunakan untuk menginstal Pembaruan Windows. Bahkan jika Anda menghapus file, mereka akan secara otomatis diunduh. Jika Anda menghapus folder itu sendiri, itu akan secara otomatis dibuat ulang dan komponen WU yang diperlukan diunduh secara otomatis.

Namun, penyimpanan data ini juga berisi file Riwayat Pembaruan Windows Anda. Jika Anda menghapusnya, Anda akan kehilangan riwayat Pembaruan Anda. Selain itu, saat berikutnya Anda menjalankan Pembaruan Windows, itu akan menghasilkan waktu deteksi yang lebih lama.

Jika Pembaruan Windows Anda tidak berfungsi dengan benar atau tidak berfungsi sama sekali atau jika Anda menemukan bahwa ukuran folder ini telah benar-benar tumbuh besar, maka Anda dapat mempertimbangkan menghapus folder SoftwareDistribution di Windows 10/8/7.

Hapus folder SoftwareDistribution

Untuk menghapus konten folder SoftwareDistribution di Windows 10, dari Menu WinX, buka Command Prompt (Admin). Ketik yang berikut dan tekan Enter:

net stop wuauserv
net stop bits

Ini akan menghentikan Windows Update Service dan Background Intelligent Transfer Service.

Sekarang browse ke folder C:\Windows\SoftwareDistribution dan hapus semua file dan folder di dalamnya.

Anda dapat menekan Ctrl + A untuk Pilih Semua dan kemudian klik Delete.

Jika file sedang digunakan, dan Anda tidak dapat menghapus beberapa file, restart perangkat Anda. Setelah reboot, jalankan kembali perintah di atas. Sekarang Anda dapat menghapus file dari folder SoftwareDistribution.

Setelah mengosongkan folder ini, Anda dapat me-restart komputer Anda atau Anda dapat mengetik perintah berikut, satu per satu di CMD, dan tekan Enter untuk memulai kembali Layanan terkait Pembaruan Windows.

net start wuauserv
net start bits

Ganti nama folder SoftwareDistribution

Jika Anda ingin mengganti nama folder SoftwareDistribution, buka command prompt windows, ketik perintah berikut satu demi satu, dan tekan Enter:

net stop wuauserv
net stop bits
rename c:\windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.bak
net start wuauserv
net start bits

Atau, Anda juga dapat mem-boot Windows 10 ke Safe Mode , dan mengganti nama SoftwareDistribution ke SoftwareDistribution.bak atau SoftwareDistribution.old.

Apa itu folder Catroot & Catroot2? Bagaimana Anda mengatur ulang folder catroot2 di Windows

Catroot dan catroot2 adalah folder sistem operasi Windows yang diperlukan untuk proses Pembaruan Windows. Ketika Anda menjalankan Pembaruan Windows, folder catroot2 menyimpan tanda tangan dari paket Pembaruan Windows dan membantu dalam pemasangannya.

Layanan Cryptographic memanfaatkan file %windir%\System32\catroot2\edb.log untuk proses pembaruan. Pembaruan disimpan dalam folder SoftwareDistribution yang kemudian digunakan oleh Pembaruan Otomatis untuk melakukan proses pembaruan.

Jika Anda menerima Access Denied atau Open in another program message ketika Anda melanjutkan untuk menghapus folder catroot2, itu mungkin karena layanan Cryptographic memanfaatkan file log.

Reset folder catroot2

Untuk mengatur ulang folder catroot2 lakukan ini:

Buka Command Prompt, ketikkan perintah berikut satu demi satu dan tekan Enter:
net stop cryptsvc
md %systemroot%\system32\catroot2.old
xcopy %systemroot%\system32\catroot2 %systemroot%\system32\catroot2.old /s

Selanjutnya, hapus semua isi folder catroot2.

Setelah melakukan ini, di windows CMD, ketikkan yang berikut ini dan tekan Enter:

net start cryptsvc

Folder catroot Anda akan diatur ulang, setelah Anda memulai Pembaruan Windows lagi.

CATATAN : Harap jangan menghapus atau mengganti nama folder Catroot. Folder Catroot2 secara otomatis dibuat ulang oleh Windows, tetapi folder Catroot tidak dibuat kembali jika folder Catroot diganti nama.

Jika Anda menemukan bahwa folder catroot atau catroot2 hilang atau tidak diciptakan ulang jika Anda tidak sengaja menghapusnya, Anda dapat membuat folder baru dengan nama ini di folder System32, restart komputer Anda dan kemudian jalankan Pembaruan Windows.

2] Periksa Tanggal dan Waktu Anda

Anda harus memiliki Tanggal dan Waktu yang benar di komputer Anda untuk mengakses berbagai layanan Windows 10.

Untuk ini, mulailah dengan menekan kombinasi tombol WINKEY + I pada keyboard untuk memulai Settings app.

Sekarang, navigasikan ke Time & Language > Date & time.

Pada panel sebelah kanan, putar beralih yang pada untuk Set waktu secara otomatis dan Mengatur zona waktu secara otomatis.

Selanjutnya, klik Region & language di panel sebelah kiri.

Dan pastikan bahwa Country or region di panel sisi kanan diatur ke negara tempat Anda tinggal.

Tutup aplikasi Pengaturan dan Booting ulang komputer Anda agar perubahan diterapkan.

3] Re-register 3 file DLL.

Anda mungkin harus mendaftar ulang beberapa file DLL atau Dynamic Link Library di komputer Anda karena beberapa file DLL yang tidak berfungsi mungkin menjadi konflik di komputer Anda yang menghubungi server Pembaruan Windows. Anda dapat melakukan ini dengan menekan kombinasi tombol WINKEY + R untuk meluncurkan Run.

Sekarang, ketik yang berikut ini dan tekan Enter:

regsvr32 wintrust.dll
regsvr32 initpki.dll
regsvr32 mssip32.dll

Mulai ulang komputer Anda agar perubahan diterapkan.
Advertisement

Iklan Sidebar