Info Populer 2022

Kapan yang tepat untuk mengganti Ban

Kapan yang tepat untuk mengganti Ban
Kapan yang tepat untuk mengganti Ban
Ketika Anda berkeliling kota atau melakukan perjalanan jarak jauh, Anda mungkin memeriksa bahwa mobil Anda dalam keadaan baik. Berkendara di sekitar kota membutuhkan banyak pemberhentian dan tindakan sementara perjalanan jarak jauh cenderung merupakan tindakan mengemudi yang berkelanjutan. Either way ada dampak pada ban.

Ketika Anda berkeliling kota atau melakukan perjalanan jarak jauh Kapan yang tepat untuk mengganti Ban

Penting untuk mengetahui kapan mengganti ban pada mobil Anda sehingga mereka membawa Anda ke tempat tujuan dengan aman. Berikut adalah beberapa tips kapan harus mengganti ban.


Tapaknya halus. 

Ketika tapak ban mulus, dengan kata lain kedalamannya kurang dari 2 milimeter. Jika kedalaman tapak kurang dari 2 milimeter, hal ini memengaruhi aksi pengereman mobil. Ban yang halus tidak akan memiliki cengkeraman yang cukup di jalan saat Anda ingin berhenti total, itu akan memengaruhi cengkeraman saat melaju di tikungan, dan tentunya akan memengaruhi mengemudi dalam kondisi basah dan hujan. Dalam setiap kasus ini ban yang halus dapat menyebabkan kecelakaan. Jadi pastikan Anda mengganti ban saat tapak kurang dari 2 milimeter.

Itu rusak atau aus. 

Jika ada aus di mana saja pada ban seperti tepi yang usang karena sudah tua maka Anda perlu menggantinya. Mengemudi dengan ban yang sudah aus bisa berbahaya karena Anda tidak pernah tahu kapan bisa meledak. Kesempatan lain ketika Anda mungkin perlu mengubahnya adalah setelah memukul lubang besar. Lubang dapat menyebabkan kerusakan besar pada roda sehingga Anda harus memeriksanya secara menyeluruh sebelum Anda mencoba mengendarainya. Lubang besar tidak hanya dapat merusak ban, tetapi juga dapat merusak roda mag dan suspensi.

Ada tusukan. 

Jika ban memiliki lubang di dalamnya maka ini merupakan indikasi yang pasti bahwa itu perlu diubah. Jangan mencoba mengemudi dengan tusukan. Ini akan membuat roda mendatar dan bisa menyebabkan mobil menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini berbahaya karena dapat menyebabkan Anda mengalami kecelakaan karena penanganan mobil sangat terpengaruh.

Ketika Anda memperhatikan bahwa ada keausan, kerusakan atau tusukan pada ban, maka ganti ban. Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggantinya dengan roda cadangan. Tetapi akan lebih baik jika Anda bisa membawanya ke spesialis yang akan mengeluarkan ban yang rusak dari roda mag dan menggantinya dengan yang baru. Anda masih bisa menyimpan roda mag karena perlu mencocokkan roda mag lainnya di mobil Anda.
Advertisement

Iklan Sidebar