Info Populer 2022

Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi

Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi
Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi
Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi
Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi - Bernyanyi menggunakan vibra adalah idaman semua penyanyi. Apalagi penyanyi yang baru belajar seperti saya, mengeluarkan vibra saat bernyanyi sangatlah sulit.

Tapi bukan berarti kita tidak akan pernah bisa kan? Dengan belajar dan bekerja keras, semua bisa tercapai.

Tapi sebelum belajar vibra, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu Cara Agar Suara Merdu dan Nafas Panjang Tanpa Les Vocal

oke lanjut..

Saya yakin kamu sudah tahu apa itu vibra, jadi saya tidak akan menjelaskan kembali. Untuk mengeluarkan vibra saat bernyanyi sebetulnya kita cukup melatih vibra itu sendiri.

Berlatih mengeluarkan vibra bukanlah hal yang mudah dan bukan juga hal yang mustahil. Kita cukup melatih pernafasan dan pita suara kita.

Suara vibra yang bagus adalah suara yang dikeluarkan nantinya terlihat natural dan tidak dibuat-buat.

Tapi, ada tapinya nih..

Saat proses latihan, mungkin beberapa waktu kalian akan merasa vibra kalian seperti dibuat-buat. Tapi itu hal wajar, terus berlatih maka lambat laun vibra kalian akan keluar dengan sendirinya.



TUJUAN VIBRA

Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi
Apa sih tujuan vibra saat bernyanyi?


Apa sih tujuan vibra saat bernyanyi? Vibra bukan semata-mata hanya untuk gaya-gayaan. Ada tujuan lain kenapa bernyanyi harus menggunakan vibra, antara lain :
  • Supaya lagu terdengar lebih merdu
  • Terlihat profesional
  • Ekspresi diri
Note : Tidak semua lagu harus menggunakan vibra, ada juga beberapa lagu yang tidak harus mengeluarkan vibra. Artinya untuk menggunakan vibra ini sesuai selera masing-masing, tidak ada aturan khusus.

Oke selanjutnya masuk ke cara melatih vibra supaya keluar saat bernyanyi..




CARA MELATIH VIBRA

Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi Cara Melatih Vibra Supaya Keluar Saat Bernyanyi
Teknik melatih vibra


Untuk melatih vibra supaya keluar, silahkan ikuti beberapa tips berikut ini :

Langkah pertama: Vocalizing

Vocalizing adalah pemanasan sebelum bernyanyi. Hal ini cenderung disepelekan oleh kebanyakan orang, padahal vocalizing sangatlah penting untuk mengantisipasi cidera pita suara.

Ibarat kita berolahraga, jika kita tidak pemanasan dulu maka otot tangan atau kaki kita bisa kaget. Sama halnya seperti otot kaki, pita suara pun halus diberi pemanasan dulu supaya tidak kaget.

Vocalizing yang paling sederhana adalah dengan bernyanyi Do Re Mi Fa Sol La Si Do secara terus menerus dengan format bulak-balik.

Lakukan vocalizing setiap pagi supaya pita suara kita selalu fresh dan lentur. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengeluarkan vibra.




Langkah kedua: Hamming

Setelah melakukan pemanasan, selanjutnya kita melakukan hamming. Apa itu hamming? hamming adalah berdengung dalam keadaan mulut tertutup. Hal ini juga termasuk vocalizing yang bertujuan untuk menstabilkan pita suara kita.

Kamu bisa melakukan hamming ini setelah pemanasan, lakukan sekitar 3-4 menit setiap hari.




Langkah ketiga : Pernafasan

Pernafasan merupakan hal yang paling penting saat bernyanyi. Walaupun bernyanyi berhubungan dengan suara, tapi pernafasan merupakan aspek utamanya. Kamu gak akan bisa bernyanyi bagus jika kamu tidak bisa mengatur nafasmu.

Latihan pernafasan bisa dilakukan dengan cara menarik nafas melalui hidung sedalam-dalamnya, lalu tahan sebentar dan buang lewat mulut. Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang.




Langkah keempat : Latihan starter motor

Memang terdengar aneh, bahkan tidak masuk akal. Tapi untuk melatih vibra, cara yang satu ini sangat berguna. Dengan cara seperti ini, otot pita suara kita sedang dilatih untuk elastis dan bergetar sehingga nantinya muncul vibra.

Kalian bisa berlatih 'starter motor' dengan cara, bunyikan suara lewat mulut seperti motor/mobil yang sedang di starter. Rasakan getaran pada leher kita, seolah-olah leher kita sedang di starter.

Jangan ketawa pliss..

Emang begitu teknik latihannya..

Jika kalian kurang paham, silahkan tonton video cara melatih vibra dari coach Indra Aziz di channel youtubenya Vokalplus atau klik disini




Langkah kelima : Terus berlatih

Ketika metode atau cara berlatihnya sudah diberikan, saatnya sekarang kamu untuk terus berlatih. Lakukan setiap hari secara terus-menerus. Jangan berharap instan, karena segala sesuatu butuh proses.

Dengan terus berlatih, percaya deh vibra kamu bakalan muncul sehingga menambah percaya diri kamu saat bernyanyi.

So, Terus berlatih gaiss!




PENUTUP


Itulah sedikit tips atau cara atau apapun itu, semoga bermanfaat buat kamu yang lagi belajar bernyanyi. Bukan maksud saya menggurui kalian atau merasa lebih jago, saya pun hanya pemula yang sedang belajar.

Saya berikan tips ini berdasarkan ilmu dari yang lain..

Silahkan share artikel ini jika menurutmu bermanfaat. Dan Terima kasih sudah mampir diblog saya.


Good Luck!
- Infoterlengkap.com
Advertisement

Iklan Sidebar