Info Populer 2022

Pengertian dan jenis virus berdasarkan cara kerjanya

Pengertian dan jenis virus berdasarkan cara kerjanya
Pengertian dan jenis virus berdasarkan cara kerjanya
Jika dalam komputer atau laptop anda terdapat sebuah program virus pasti anda akan merasa kawatir bukan ? dan pasti yang anda pikirkan bagaimana cara untuk menghilangkan virus-virus tersebut. Karena andapun juga akan takut mengenai data-data yang terdapat dalam komputer tersebut apakah akan hilang atau tidak, dan jika hilang apakah masih bisa dikembalikan atau tidak.


Jika dalam komputer atau laptop anda terdapat sebuah program virus pasti anda akan merasa  Pengertian dan jenis virus berdasarkan cara kerjanya

memang virus komputer merupakan sebuah hal yang patut ditakutkan, dikarenakan virus komputer merupakan sebuah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan dapat menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program-program yang lainnya .

Bagaimana Cara kerjanya ????

Cara kerja virus komputer sangat sederhana yaitu merusak perangkat lunak pada komputer dan memungkinkan juga dapat merusak perangkat kerasnya dengan membuat program yang dapat memaksa over process ke perangkat tertentu atau bisa dikatakan dengan cara memaksa kinerja komputer yang melewati batasnya.

Baca juga :
Apa Saja Jenisnya ????

Virus memiliki banyak sekali jenisnya bahkan ribu dikarenakan virus dirancang untuk selalu merusak program program yang ada didalam komputer. Berdasarkan cara kerjanya, virus komputer dapat dikategorikan sebagai berikut.
  • Worm -  Merupakan virus yang dapat menduplikatkan dirinya sendiri pada perangkat harddisk. Dan dapat membuat sumber daya komputer manjdi penuh dengan virus tersebut.
  • Trojan - Trojan merupakan virus yang mengambil daya pada komputer yang sebelumnya telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat virus tersebut.
  • Spyware - SpyWare merupakan sebuah virus yang diprogram hanya untuk memantau pergerakan komputer yang terlah terinfeksi.
  • Backdoor - Virus ini kerjanya sama seperti Virus Trojan.
  • Rogue - Rogue merupakan sebuah program virus yang dirancang dapat menyerupai program AntiVirus dan dapat menampilkan aktivitas layaknya AntiVirus yang sesungguhnya. Virus ini bertujuan agar sipengguna komputer membeli dan menginstal program antivirus tersebut dan si pembuat program virus tersebut mendapatkan uang.
  • Rootkit - Merupakan virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer.
  • Virus Ponsel - Merupakan sebuah virus yang diprogram untuk berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam effek yang buruk, diantaranya merusak telepon tersebut, merusak sistemnya dan juga dapat mencuri data-data dalam telepon seluler tersebut.
  • Polymorphic Virus -  Merupakan sebuah program virus yang dapat berubah ubah bentuk agar sulit terdeteksi.
  • Metamorphic Virus - Sebuah program virus yang dapat merubah kode-kode aksesnya agar sulit dideteksi.
Itulah sekilas mengenai pengertian virus, cara kerja dan jenisnya. Apapun jenis virusnya anda harus berhati-hati dikarenakan virus tersebut sangat buruk dalam sistem kinerja komputer anda.
Terima kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar