Info Populer 2022

Berastagi - Tujuan Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib dikunjungi

Berastagi - Tujuan Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib dikunjungi
Berastagi - Tujuan Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib dikunjungi
Berastagi - Tujuan Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib dikunjungi - Berastagi terletak di dataran tinggi Provinsi Sumatera Utara. Terjepit di antara Gunung Sibayak (2.049 m) dan Gunung Sinabung (2.451 m), memiliki iklim yang sejuk, pemandangan yang indah, dan beberapa tempat wisata. Dengan infrastruktur yang berkembang dengan baik, kota ini sempurna untuk liburan akhir pekan atau liburan yang lebih panjang.

Mengenal Berastagi

Berastagi selalu menjadi tempat akhir pekan favorit bagi warga kota Medan sejak perjalanan 1,5 jam dari Medan (Ibukota Provinsi Sumatera Utara) relatif mudah. Namun, kota ini juga bisa menjadi tujuan yang bermanfaat bagi warga Jakarta. Hanya dibutuhkan total 3,5 jam untuk mencapai: 2 jam perjalanan Medan Berastagi.

Ada hutan yang luas di sepanjang jalan dari Medan dan kadang-kadang, Anda dapat melihat bangunan dengan ornamen Karo (suku dari suku Batak) yang unik, tanda bahwa Anda telah memasuki domain mereka. Wanita mengenakan hiasan kepala Batak yang khas juga dapat dilihat dari waktu ke waktu.

 Tujuan Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib dikunjungi Berastagi - Tujuan Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib dikunjungi

Mejuah-juah, selamat datang di tanah Karo! 

Di jalan antara Medan dan Berastagi, terdapat Sibolangit Botanical Garden, yang menampung beberapa jenis vegetasi lokal. Selanjutnya, ia berputar dan miring ke atas, melewati Penatapen. Jika mau, Anda bisa berhenti di sini sebentar untuk menikmati udara sejuk atau pemandangan yang jelas ke dataran di bawah ini.

Dekat Berastagi, ada persimpangan yang menuju Semangat Gunung, titik awal bagi orang yang ingin mendaki Gunung Sibayak. Setelah persimpangan ini, Anda akan melihat hotel berbaris di sepanjang jalan, sampai ke puncak bukit. Anda juga dapat melihat bukit berhutan di sisi kanan jalan yang berliku, sebelum akhirnya memasuki jalan utama.

Berastagi adalah kota kecil dengan area pusat kota yang hanya terdiri dari jalan utama dengan toko-toko dan restoran di sebelah kiri dan kanannya. Untuk akomodasi, lebih baik memilih hotel di daerah perbukitan, seperti Bukit Gundaling yang lebih tenang dan menawarkan pemandangan yang lebih baik.

Panorama dari Bukit Gundaling sangat indah di sore ini. Anda dapat melihat seluruh kota, kebun-kebun di sekitarnya, dan kawah Gunung Sibayak, gunung berapi yang telah mati selama berabad-abad. Di sebelah barat adalah Gunung Sinabung (gunung berapi lain yang tidak aktif), sedangkan dataran Karo terletak di selatan.

Martabak Telor dan Bandrek.

Malam adalah waktu terbaik untuk menikmati berbagai hidangan Sumatera Utara di Pasar Kaget, pasar yang buka setiap malam di sepanjang jalan utama Berastagi. Di antara hidangan yang menarik adalah martabak dan roti canai, keduanya memiliki pengaruh India yang kuat. 
India bukanlah kelompok etnis dominan di provinsi ini, tetapi mereka jelas meninggalkan jejak mereka di kancah kuliner Sumatera Utara. Di antara beberapa kios yang menjual makanan seperti itu adalah restoran Aboy, dinamai sesuai pemiliknya. Menawarkan martabak telor, roti canai, dan nasi goreng ala India.

Untuk minuman, Anda dapat menikmati segelas teh susu atau mencoba minuman favorit Berastagi: bandrek. Ini mirip dengan bandrek biasa di Jawa, campuran susu dan jahe yang menghangatkan tubuh, obat sempurna untuk cuaca dingin khas tempat berdiri 1.400 meter di atas permukaan laut. Di Berastagi, bandrek adalah minuman sehari-hari dan kebanggaan penduduk setempat.

Mungkin agak membingungkan mengapa minuman populer di Jawa, terutama Jawa Barat, berakhir dengan popularitas yang sama di Berastagi. Kisah-kisah lokal mengatakan bahwa bandrek diperkenalkan beberapa dekade yang lalu oleh seorang Jawa yang membuka warung pertama (mirip dengan kafe tetapi dengan setup yang lebih sederhana) melayani bandrek. 
Kembali, minuman itu hampir tidak dikenal di Berastagi, tetapi karena bandrek cocok dengan iklim dingin, popularitasnya meledak sekaligus. Saat ini, hampir setiap orang yang mengunjungi kota akan merasa wajib untuk mencoba minuman. Bahkan, bandrek telah menjadi identik dengan Berastagi.

Pasar Buah

Pagi adalah waktu terbaik untuk membeli buah-buahan atau menikmati suasana pasar buah Berastagi di jalan utama. Anda dapat menemukan segala macam buah dan sayuran, mulai dari jeruk dan tomat yang ada di mana-mana, hingga bit khusus Berastagi, kembang kol merah, dan buah markisa. Anda bahkan dapat membeli bunga di pasar ini.

Banyak buah-buahan ini pertama kali ditanam di bawah arahan pemerintah kolonial Belanda untuk memasok kebutuhan mereka di Medan. Karena Dataran Karo dikelilingi oleh gunung berapi, tanahnya sangat subur dan mampu menghasilkan buah dan sayuran terbaik. 
Di masa lalu, kebanyakan dari mereka diekspor ke Singapura dan Malaysia. Sekarang, para turis yang datang ke sini untuk menikmati panen.

Aktivitas lain yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi desa tradisional Lingga, 16 kilometer barat daya Berastagi. Anda dapat mengamati penduduk desa Karo tradisional menjalani kehidupan mereka dan melihat rumah-rumah suku mereka yang unik yang hampir punah, atau pakaian tradisional mereka yang hampir punah, atau pakaian tradisional mereka yang masih banyak dipakai, terutama selama acara-acara tertentu.

Anda juga dapat melanjutkan ke Air Terjun Sipisopiso, sekitar 1,5 jam dari Lingga, dan selanjutnya ke Danau Toba, melalui Simarjarunjung, Prapat, dan Pulau Samosir.

Dalam perjalanan ke bandara di Medan, Anda mungkin ingin mengunjungi istana dan masjid Maimoon yang terkenal, atau pergi ke Jalan Majapahit untuk sekotak bika ambon, kue lokal yang lezat dengan tekstur kenyal yang unik, dijual oleh berbagai pedagang di sana.

Poin utama yang perlu diingat adalah bahwa Anda harus memesan akomodasi terlebih dahulu untuk akhir pekan atau akhir pekan yang panjang, karena Anda akan bersaing dengan wisatawan dari Medan, dan bahkan Singapura dan Malaysia untuk penginapan.

"Tujuan Wisata untuk Hampir Seabad"

Perkembangan Berastagi menjadi tujuan wisata berkaitan erat dengan perencanaan kolonial. Ketika daerah sekitar Medan dikonversi menjadi perkebunan (salah satu perkebunan paling sukses di jajahan Belanda), kebutuhan mereka akan buah-buahan dan sayuran dipasok dari tanah subur Karo. 
Koneksi ini meningkat pada tahun 1908 ketika Belanda membangun jalan yang langsung menghubungkan Medan dan dataran tinggi Karo.

Belanda mengakui potensi Berastagi sebagai tempat liburan. Jadi mereka membangun bungalow, villa, resort. Klinik, sekolah, dan bahkan lapangan golf sembilan lubang. Bahkan, banyak dari mereka jatuh cinta pada Berastagi sehingga mereka memilih untuk menghabiskan masa pensiun mereka di sini.

Ketenaran Berastagi sebagai tujuan wisata mulai menyebar di tahun 1920-an. hampir seabad kemudian, kota ini masih menarik wisatawan lokal dan asing. Berastagi bahkan menjadi lebih populer daripada Kabanjahe, ibu kota Karo.
Advertisement

Iklan Sidebar