Info Populer 2022

Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar

Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar
Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar
Menggosok gigi atau menyikat gigi ialah rutinitas yang harus dijalani oleh setiap orang s Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar
Menggosok gigi atau menyikat gigi ialah rutinitas yang harus dijalani oleh setiap orang setiap harinya. Ketika menjelang tidur dokter menyarankan untuk gosok gigi guna menghilangkan sisa masakan yang menyempil pada gigi, begitu pula dikala berdiri tidur harus segera mandi dan jangan lupa menggosok gigi supaya kuman yang beraktivitas dikala tidur sanggup mati.

Dengan menggosok gigi secara teratur, kesehatan verbal dan gigi akan tetap terjaga, terlebih bila benar dalam pelaksanaannya. Jika tidak, maka siapsiaplah menghadapi beberapa duduk perkara pada gigi dan mulut. Misalnya sakit gigi, gusi nanah hingga bau verbal tak sedap. Meskipun terbilang mudah, bekerjsama banyak hukum yang harus Anda ketahui dikala hendak menggosok gigi.

Asal-asalan dalam menggosok gigi tidak akan memperlihatkan hasil maksimal, maka dari itu Anda harus tahu betul bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Pahami, cermati dan terapkanlah tips membersihkan gigi yang baik dan benar berikut supaya Anda tidak lagi asal gosok gigi.

Cara Menggosok Gigi Yang Benar


Sebelum Anda mempraktekan tips berikut, persiapkan buku catatan kecil bila nanti ada yang dirasa penting untuk diingat. Sebab dengan menyikat gigi yang benar, gangguan kesehatan yang sanggup menyerang gigi akan terminimalisir dengan tindakan yang Anda lakukan ini.

Gunakan Odol Secukupnya

Mungkin Anda pernah berpikir bahwa cara memutihkan gigi yang paling gampang ialah memperbanyak dosis pasta atau odol yang dipakai untuk menggosok gigi.

Hal demikian salah besar, Drg. Andita Gina menulis pada website pribadinya bahwa apabila menggosok gigi dengan banyak odol yang memproduksi busa yang justru melapisi gigi yang akan dibersihkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda gunakan odol seukuran biji jagung saja supaya busa yang dihasilkan tidak terlalu banyak.

Gosok Perlahan

Kalau yang satu ini niscaya pernah juga terpikir di benak Anda bukan? Menggosok gigi dengan mempercepat proses penyikatan akan menciptakan gigi higienis lantaran semua kotoran yang melekat akan tererosi.

Drg. Andita Gina juga menambahkan, menggosok gigi terlalu keras apalagi bila tanpa arah sanggup menimbulkan gusi surut dan gigi jadi sensitif. Karena itu Anda harus tahu kalau sebaiknya dalam menggosok gigi haruslah perlahan atau lembut dengan usang di belahan depan dahulu.

Hindari Menyikat Gigi Terlalu Lama

Mungkin diantara Anda ada yang berfikir, bahwa semakin usang Anda menggosok gigi maka karenanya akan semakin bagus. Tapi hal itu ialah keliru. Menyikat gigi terlalu usang justru akan menciptakan lapisan luar gigi rusak. Membersihkan gigi bukan berfokus pada usang atau sebentar, tapi bagaimana cara melakukannya dengan benar.

Habis minum soda? Sikat gigi lah minimal sesudah 45 menit

Minuman bersoda akan merapuhkan kekuatan gigi, akan diperparah bila Anda menggosok gigi sebelum 45 menit konsumsi soda. Ini terjadi lantaran zat pada odol akan bercampur dengan sisa asam yang dihasilkan minuman bersoda yang usang kelamaan menciptakan gigi jadi ringkih dan gampang berlubang.

Bersihkan Satu Persatu

Saat menggosok gigi Anda juga butuh fokus, fokus menggosok gigi satu persatu (setidaknya ganti per 12 - 13 detik). Jika dalam beberapa detik Anda gosok secara keseluruhan, maka semua gigi tidak higienis optimal. Perlu juga untuk membersihkan rongga mulut.

Sikat Arah Vertikal

Sikat gigi Anda dari arah atas ke bawah atau sebaliknya, jangan secara horizontal (mengiri atau menganan). Ini dimaksudkan supaya kotoran yang berada di sela-sela gigi ikut terangakt. Pastikan bahwa semua sela gigi digosok secara vertikal selama beberapa detik tiap sela nya.

Arah Horizontal Pada Bagian Samping

Saat beralih menggosok gigi yang berada di kanan atau kiri, gunakan arah menyamping atau horizontal hingga bersih.

Sikat Lidah dan Langit-langit

Pada pengecap dan langit-langit terdapat pula kuman yang mengakibatkan bacin mulut. Oleh alasannya ialah itulah perlu juga untuk menyikat pengecap belahan atas dan langit-langit secara perlahan. Jika diharapkan gunakan obat kumur untuk menjangkau bagian-bagian verbal yang tidak sanggup dilakukan oleh sikat gigi.

Sementara cara menggosok gigi yang paling penting ialah memakai sikat gigi lembut dan pasta gigi yang cocok untuk jenis gigi Anda (sensitif atau tidak).
Advertisement

Iklan Sidebar