Info Populer 2022

Gejala Dan Jenis Penyakit Kista Ovarium

Gejala Dan Jenis Penyakit Kista Ovarium
Gejala Dan Jenis Penyakit Kista Ovarium
 yaitu kondisi dimana terdapat cairan yang keluar dan tumbuh di dalam ovarium Gejala dan Jenis Penyakit Kista OvariumKista ovarium yaitu kondisi dimana terdapat cairan yang keluar dan tumbuh di dalam ovarium. Ada juga yang bilang bahwa itu yaitu kista fungsional sebab telur akan dilepaskan ketika ovulasi. Kista ovarium sanggup menjadi pemicu timbulnya permasalahan lain, sanggup saja kanker ovarium.

Gejala Kista Ovarium

Penyakit kista ovarium mempunyai tanda-tanda yang sama dengan perempuan normal lainnya, sehingga tidak banyak perempuan yang tahu wacana ini. Biasanya tanda-tanda yang dirasakan sanggup terjadi ketika haid, contohnya kantung kemih sakit dan juga rasa nyeri spontal ketika melaksanakan kekerabatan intim. Untuk itu Anda harus mengetahui apa saja tanda-tanda yang akan timbul ketika seseorang menderita penyakit kista ovarium. 

Dengan melihat gejalanya, Anda sanggup mengetahui aakah kista tersebut bersifat ganas atau mungkin sebaliknya. Berikut ini gejala-gejala yang akan Anda rasakan ketika mengalami kista ovarium.
  1. Perut terasa kembung, perut menjadi terasa penuh dan berat
  2. Sulit buang air kecil sebab kantung kemih Anda tertekan
  3. Siklus menstruasi menjadi tidak teratur
  4. Rasa nyeri yang timbul di sekitar panggul, biasanya terfokus pada satu titik atau sesekali berpindah ke kepingan paha
  5. Nyeri ketika Anda bersenggama
  6. Payudara menjadi keras
  7. Mual, bahkan sanggup muntah-muntah

Berikut ini jenis-jenis kista ovarium:

1. Kista Folikuler

Ini yaitu jenis kista yang sederhana dan terbentuk akhir tidak terjadinya proses ovulasi atau pecahnya folikel.

2. Kista Corpus Luteum

Kista ovarium jenis ini bersifat fungsional dan terbentuk sebab adanya sel telur yang dilepaskan dari folikel sehingga menjelma corpus luteum.

3. Kista Hemoragik

Kista ovarium jenis ini bersifat fungsional dan terbentuk sebab terjadinya pendarahan pada kista.

4. Kista Dermoid

Kista jenis ini sanggup tumbuh sampai ukuran mencapai diameter 15 cm.

Bukan berarti sehabis Anda mengalami tanda-tanda itu semua Anda dipastikan mengidap kista ovarium, perlu dilakukan investigasi khusus yang sanggup menelurkan hasil apaah Anda berpotensi menderita kista jinak atau justru kista yang mensugesti kondisi kesehatan.
Advertisement

Iklan Sidebar