Info Populer 2022

Khasiat Brotowali Sebagai Obat Tradisional

Khasiat Brotowali Sebagai Obat Tradisional
Khasiat Brotowali Sebagai Obat Tradisional
Manfaat Brotowali Sebagai Obat Tradisional Manfaat Brotowali Sebagai Obat Tradisional
Brotowali yakni tumbuhan liar yang sanggup tumbuh dengan subur di halaman rumah ataupun tak terurus di hutan. Nama latin dari Brotowali yakni Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff.f. Tanaman ini secara turun temurun telah menunjukkan banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya dengan menjadikannya sebagai tumbuhan obat tradisional.

Brotowali juga populer dengan sebutan andawali, antawali, putrawali atau daun gadel. Pada seluruh komponen penyusun brotowali, terdapat kandungan kimia ibarat alkaloid yang tersimpan pada akar dan batang, damar lunak, pati, zat pahit pokroretin, glikosida pikroretosid, hars, palmatin, berberin, kolumbin pada akar dan kokulin (pikrotoksin).

Sejak dahulu nenek moyang kita telah mewariskan cara pengobatan tradisionl dengan tumbuhan brotowali. Beberapa teladan penyakit yang sanggup ditumpaskan oleh brotowali yakni rematik, kencing manis, menurunkan glukosa (gula darah) dan obat demam.

Bagian yang paling sering diolah yakni batang brotowali, sebab zat pahit yang tersimpan dalam batang tumbuhan yang gampang ditemukan di Indonesia ini mempunyai sifat yang sangat berpengaruh untuk membasmi virus atau racun yang menyelinap secara bergelombol ke dalam tubuh. Jadi, seiring menjalankan pengobatan dengan tumbuhan ini, virus atau basil yang masuk ke dalam badan akan mati dengan sendirinya.

Manfaat Tanaman Brotowali


Pada tumbuhan brotowali, terdapat dua cuilan yang paling sering dipakai untuk mengobati penyakit dalam ataupun luar. Kedua cuilan tersebut yakni batang dan daunnya, tapi tidak jarang juga akar dari brotowali dimanfaatkan untuk kepentingan lain.

Pada jaman dahulu kala, belum ada krim pembersih wajah ibarat kini ini. Jadi, disaat wajah terasa kusam sebab kotoran yang menempel, orang-orang yang hidup pada jaman dulu memakai air hasil rebusan dari batang brotowali untuk mencuci muka, dan reaksi yang ditimbulkan pada kulit memang positif.

Hampir lupa, pada cuilan kulit batang tumbuhan ini juga terdapat beberapa senyawa kimia ibarat alkaloid dan damar lunak berwarna kuning sedang, sementara akarnya mengandung zat berberin dan kolumbin. Adapun fungsi dari alkaloid yakni sebagai pembunuh basil pada luka jawaban jatuh. Zat pahit pikroretin yang terdapat pada cuilan akar dan batang tumbuhan brotowali berperan sebagai perangsang kerja urat saraf pada jalan masuk pernapasan, dampaknya suhu badan yang sedang panas akan diturunkan seiring banyak terjadinya pertukaran zat.

Karena sebelumnya telah disinggung manfaat brotowali untuk kesehatan yakni sebagai obat rematik, penurun panas dan peminimalisir tanda-tanda kencing manis. Berikut ini cara pembuatan ramuan obat tradisional penyakit tersebut dari tumbuhan brotowali.

Obat Rematik

Sebenarnya tidak hanya rematik saja, duduk kasus kesehatan lain ibarat memar juga sanggup diobati dengan tumbuhan asing ini.

Berikut cara menciptakan racikan obatnya:
  1. Potong 1 jari batang brotowali, dibersihkan terlebih dahulu, pastikan bahwa Anda memotong batang brotowali sesuai kebutuhan saja.
  2. Jika sudah dicincang, panaskan 3 gelas air dalam panci, kemudian masukkan potongan batang brotowali. Tunggu mendidih dan airnya tersisa 1 1/2 gelas.
  3. Abaikan sejenak hingga suhu air agak mendingin, semoga tidak terlalu pahit tuangkan sedikit madu, kemudian diminum hingga habis 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Anda tidak sanggup minum hanya sehari, sebab duduk kasus persendian yang sakit akan diminmalisir dalam jangka yang cukup panjang.

Kencing Manis

Untuk mengurangi tanda-tanda kencing elok yang cukup merepotkan penderita, segera beri obat kencing elok dari brotowali.

Berikut ini panduan menciptakan ramuan:
  1. Padukan antara 1/3 genggam daun sambiloto, daun kumis kucing, 3/4 jari batang brotowali (kurang lebih yang panjangnya 6 cm), kemudian potong-potong dan rebus dalam 3 gelas air hingga menyisakan 2 gelas.
  2. Minum air hasil rebusan sehabis makan, sehari 2 kali masing-masing 1 gelas.
  3. Sama, lakukan juga yang rutin.

Penurun Panas (Obat Demam)

  1. Rebus 2 jari batang brotowali yang sudah dicuci kedalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
  2. Tunggu mendingin, kemudian tambahkan madu secukupnya.
  3. Minum airnya 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Selain mengobati 3 duduk kasus tersebut, manfaat brotowali lainnya yakni sebagai obat kudis, menyembuhkan luka, demam kuning dan masih banyak lagi.
Advertisement

Iklan Sidebar