Info Populer 2022

Makanan Yang Mengandung Banyak Nutrisi

Makanan Yang Mengandung Banyak Nutrisi
Makanan Yang Mengandung Banyak Nutrisi
 Berapa banyak masakan yang kita konsumsi setiap hari Makanan yang Mengandung Banyak Nutrisi
Berapa banyak masakan yang kita konsumsi setiap hari? Dan dari masakan tersebut apakah sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian badan kita?

Banyak dari kita terjebak dengan porsi masakan atau rasanya. Tapi tidak peduli dengan kandungan gizi dari masakan yang kita konsumsi. Padahal bukan seberapa banyak makanan, melainkan seberapa banyak nutrisi yang kita sanggup dari masakan tersebut. Lebih jauh lagi berapa banyak nutrisi yang sanggup diserap tubuh.

Bagi anda yang selama ini hanya menilai masakan dari porsi dan kelezatannya saja, segera rubah paradigma berfikir anda. Nutrisi yang terkandung dalam makanan, itulah yang terpenting.

Nah, sebagai langkah awal, aku akan perkenalkan Anda kepada aneka macam masakan yang mengandung nutrisi tinggi yang diharapkan badan biar bekerja lebih optimal.

1. Kalsium

Kalsium tak hanya terdapat pada susu, yoghurt, keju atau produk susu olahan lainnya. Makan ikan bersama tulangnya juga sanggup mencukupi kebutuhan kalsium. Kerry Neville, R.D., seorang nutritionist asal Amerika menyampaikan tujuh ikan sarden fillet sanggup menyuplai 321 miligram, atau sekitar 1/3 dari kebutuhan kalsium harian. Begitu juga dengan 3 ons ikan salmon kalengan, memenuhi 18 persen kebutuhan. Sumber kalsium lainnya yakni tofu, di mana dalam 1/2 cangkir mencukupi sampai 25 persen.

2. Potassium

Selama ini pisang dan kentang yang dikenal punya kandungan potassium tinggi. Tapi mineral yang penting untuk menjaga fungsi hati dan ginjal ini juga tekandung dalam pasta tomat, kerang, tumbuhan polong (kadang kedelai, polong hijau, lentil) dan yoghurt. Potassium juga terdapat pada ikan halibut dan tuna.

3. Vitamin A

Vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata ini biasanya terkandung pada wortel, labu kuning, tomat, blewah atau sayuran serta buah berwarna oranye lainnya. Tapi bayam ternyata juga mengandung vitamin A. Dalam satu cangkir sayur bayam, sanggup memenuhi setengah dari kebutuhan akan vitamin A. Begitu juga polong hitam dna brokoli kukus.

4. Vitamin C

Banyak orang lebih mengenal jeruk, jambu biji atau paprika merah sebagai sumber vitamin C. Tapi ternyata vitamin yang berperan sebagai aintioksidan untuk melindungi badan dari radikal bebas ini juga terdapat pada brokoli. Dalam satu cangkir brokoli yang sudah dipotong-potong, cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sepanjang hari. Variasikan kecukupan vitamin C per harinya dengan sumber lain menyerupai kiwi, kembang kol, tomat atau kubis.

5. Zat Besi

Zat besi berfungsi membantu mengalirkan oksigen ke sel-sel tubuh. Zat ini biasa ditemukan dalam bayam, daging merah dan hati ayam. Tapi apabila Anda seorang vegetarian atau tidak ingin terlalu banyak mengonsumsi protein hewani, sanggup menggantinya dengan kacang-kacangan, polong hijau/hitam, kacang kedelai atau lentil. Satu cangkir kedelai atau lentil yang dimasak sanggup memenuhi sekitar 48 persen kebutuhan zat besi harian.

6. Zinc

Tiram disebut-sebut sebagai masakan paling kaya zinc. Tapi mineral yang berperan besar dalam mempertahankan fungsi imun dan mempercepat proses penyembuhan luka ini juga banyak terdapat pada dada ayam, yoghurt, tumbuhan polong dan kacang mete. Dalam satu cangkir tumbuhan polong atau 8 ons yoghurt sanggup memenuhi kebutuhan zinc sampai 10 persen per harinya.

Itu beliau aneka macam masakan yang mengandung banyak nutrisi yang sangat diharapkan oleh badan kita biar tetap sehat dan kuat.
Advertisement

Iklan Sidebar