Info Populer 2022

Obat Cacar Air Dan Campak Tradisional

Obat Cacar Air Dan Campak Tradisional
Obat Cacar Air Dan Campak Tradisional
Cacar air dan campak merupakan penyakit yang biasanya menyerang anak Obat Cacar Air dan Campak Tradisional
Cacar air dan campak merupakan penyakit yang biasanya menyerang bawah umur pada usia 3-5 tahun. Namun anak di usia lebih dari itu sanggup juga terkena cacar, bahkan orang cukup umur sekalipun. Penyakit cacar air atau disebut varicella simplex disebabkan oleh virus berjulukan varicella zoster. Virus ini sangat gampang menyerang insan dengan kondisi tubuh yang lemah (kurang fit).

Gejala cacar air biasanya ditandai dengan demam ringan, sakit kepala ringan dan rasa lemah di badan. Kemudian pada keesokan harinya, kulit menjadi merah dan terasa panas dan muncul benjolan kecil berisi air. Umumnya menyerang belahan punggung, dada, hingga leher dan lengan.

Obat Cacar Air Tradisional


Pada kondisi fit, sebetulnya cacar air sanggup hilang dengan sendirinya dalam waktu 2 hingga 4 ahad semenjak munculnya benjolan berisi air. Namun untuk menghindari resiko yang lebih besar, cacar air sebaiknya segera diobati. Berikut ini ramuan tradisional untuk mengobati cacar air.

Bunga Gendola

Bunga Gendola mempunyai khasiat alami untuk mengeluarkan racun dan organisme (termasuk virus) dari dalam tubuh. Caranya, ambil 30 gram bunga gendola lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian airnya diminum sekaligus.

Jus Buah Mengkudu

Buah mengkudu yang kulit luarnya menyerupai kondisi kulit orang terkena cacar, ternyata justru sanggup digunakan untuk mengobati cacar. Buah mengkudu yang sudah matang (berwarna kuning) dibentuk jus dan diminum menyerupai ramuan pertama secara rutin.

Temulawak

Sediakan 25 gram temulawak, 15 gram kencur, 15 gram asam jawa, dan 600cc air. Cuci dan potong kecil-kecil bahan-bahan tadi lalu rebus hingga air berkurang setengahnya. Setelah itu air rebusan tadi sanggup anda minum 2-3 kali sehari.

Mengobati Gatal Akibat Cacar Air


Cacar air menimbulkan kulit yang berisi air menyerupai melepuh, terkena luka bakar dan mengakibatkan rasa gatal di kulit. Untuk mengatasinya, Anda sanggup mencoba ramuan berikut ini:

Ambil satu genggam daun asam jawa dan satu ruas jari empu kunyit. Daun asam dan empu kunyit dicuci higienis lalu ditumbuk halus hingga menjadi adonan. Ramuan ini dioleskan pada belahan kulit yang terasa gatal.

Cara Menghilangkan Luka Bekas Cacar


Cacar air tidak hanya menimbulkan rasa gatal di kulit. Namun, pada dikala sembuh biasanya kulit yang terkena akan terdapat bekas luka terutama di tempat wajah yang merupakan kulit yang sangat sensitif. Nah, berikut ini merupakan cara menghilangkan bekas luka akhir cacar air.

Jagung Muda

Jagung muda dicuci higienis dan diparut, lalu oleskan pada kulit tubuh yang terkena cacar. Ramuan ini sanggup digunakan dikala cacar masih menjangkit tubuh dan dilanjutkan pada masa penyembuhan dan proses menghilangkan bekas cacar.

Kacang Hijau

Kacang hijau direndam dalam air hingga mengembang, lalu ditumbuk halus dan oleskan pada belahan kulit yang terdapat bekas cacar.

Penyakit Campak


Hampir menyerupai dengan cacar, penyakit campak ditandai dengan demam ringan, tubuh menggigil, diikuti dengan batuk, mata berair, hidung meler serta tubuh terasa lemah. Tiga hari lalu muncul ruam merah di kulit wajah dan leher serta pada selaput lendir mulut. Pada dikala puncaknya, demam sanggup mencapai 40 derajat celcius. Penyakit ini disebabkan lantaran jerawat virus campak golongan Paramixovirus.

Tidak ada pengobatan khusus untuk campak. Anak sebaiknya menjalani istirahat dan diberikan masakan bergizi biar kekebalan tubuhnya meningkat. Untuk menurunkan demam, diberikan asetaminofen atau ibuprofen. Jika terjadi jerawat bakteri, diberikan antibiotik.

Meskipun demikian, nenek moyang kita dulu, terbiasa mengobati anak yang terkena campak dengn rebusan bunga Gendola. Ramuan yang menyerupai yang digunakan untuk mengobati cacar air.
Advertisement

Iklan Sidebar